silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

3,350 Comments

  1. Nama : Paulina Yunita
    NIM : 858097377
    Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini sangatlah penting. Program pembelajaran yang menggunakan cerita moral merupakan salah satu cara yang efektif untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak.

  2. Nama : Yunia Lisman
    Nim : 856260162
    Judul : Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral

    Assalamua’laikum Wr.Wb
    Video diatas berisikan tentang kejujuran pada anak usia dini. Kegiatan positif yang dapat dilakukan guru untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini yaitu dengan memberikan pengetahuan tentang kebaikkan ( knowing the goodnes ), merasakan atau mencintai kebaikkan ( loving the goodnes ), dan melakukan perbuatan baik ( acting the goodnes ). Dalam video saat pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Guru menanyakan pada anak-anak didik tentang siapa tokoh dan bagaimana alur dari cerita tersebut. Melalui cerita kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan sikap kejujuran pada anak didiknya.

  3. Nama:Suwarni Ga
    Nim:837883834
    Assalamualaikum..
    Video tersebut sangat menarik dimana seorang guru menanamkan nilai kejujuran pada anak melalu cerita moral.
    Guru tersebut juga membacakan cerita tersebut dengan baik dan memberikan pertanyaan kepada anak diakhir kegiatan membacanya.

  4. Nama: SONISA HULU
    Nim:859794849

    Video menanamkan kejujuran melalui cerita Moral sangat bermanfaat bagi saya sebagai pendidik dimana srategi dan proses pembelajarannya sangat baik dan mudah di mengerti. jadi kita sebagai guru harus dapat menanamkan nilai-nilai moral agama sejak usia dini. karena jika di tunda-tunda maka generasi penerus bangsa akan bersifat tidak baik.pendidikan anak usia dini ini sangat penting dalam menanamkan nilai agama dan moral pada anak didik kita.

  5. Metode nenanamkan kejujuran melalui cerita moral sangat bermanfaat untuk membuat anak paham akan sikap kejujuran dalam perkataan.

  6. Nama : Larasati Sukmaningrum
    NIM : 877315303

    Video ini menggunakan cerita moral sebagai sarana untuk mengajarkan nilai kejujuran kepada anak-anak.
    Pendekatan ini efektif karena cerita-cerita tersebut dapat membantu anak-anak memahami pentingnya perilaku jujur dalam konteks yang mereka pahami.
    Masukan:
    Saya setuju bahwa penggunaan cerita moral adalah metode yang baik untuk mendidik tentang kejujuran.
    Cerita-cerita moral dapat membuat materi pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan bagi para siswa.
    Saran:
    Guru dapat memberikan variasi dengan menggunakan beragam jenis cerita moral dari budaya atau latar belakang yang berbeda.
    Keberagaman cerita dapat membantu menyampaikan pesan kejujuran secara universal dan meningkatkan pemahaman anak-anak.

  7. Terimakasih banyak, vidionya sangat membantu, di sekolah TK cara membiasakan anak bersikap jujur memang paling mudah dengan bercerita sehingga anak-anak dapat meniru sikap mulia dalam cerita tersebut.

  8. Nama: baiq alya ro’aina cahyani
    NIM:859167634

    Ke tidak jujur an memang harus di latih dari anak usia Dini.
    Saran dari saya: kadang, tidak semua anak ingin mendengarkan cerita yang di cerita kan karna cerita paling lama untuk Anak sekitar 2-3 menitan setelah itu anak akan merasa bosan, jenuh, Dan tidak mau mendengarkan cerita lagi. Nah disini kita para guru bisa stop bercerita ketika melihat kedaaan seperti itu dan kita para guru bisa langsung melakukan praktik kepada anak agar apa yang anak dengar kan tadi bisa langsung ia contoh kan.

  9. Nama : Lilisuryani kobandaha
    Nim : 859860955
    Ada banyak metode yang dapat di pilih guru untuk mengajarkan dan menanamkan kejujuran pada anak usia dini salah satunya adalah metode melalui cerita seperti pada video diatas.
    Kejujuran adalah nilai kehidupan yang mendasar yang paling penting yang harus diajarkan sejak dini baik itu diajarkan di lingkungan sekolah maupun lingkungan kelurga.
    Videonya sangat mengispirasi bagi saya yang masih banyak kekurangan sebagai seorang pendidik di taman kanak-kanak(TK).

  10. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Mella sari
    Nim : 855888588 Menenamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral dalam bentuk video memiliki beberapa manfaat yang signifikan, antara lain:

    1. Visualisasi yang Menarik:

    – Video cerita moral dapat menyajikan narasi dan visualisasi yang menarik bagi anak-anak, membuat pesan tentang kejujuran lebih mudah dipahami dan diingat.

    2. Pembelajaran Interaktif:

    – Anak-anak dapat terlibat secara aktif dalam menonton video cerita moral, memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya kejujuran melalui interaksi visual dan audio.

    3. Model Perilaku Positif:

    – Cerita moral dalam video dapat menampilkan karakter atau tokoh yang menunjukkan contoh perilaku jujur, memberikan model yang positif bagi anak-anak untuk ditiru dalam kehidupan sehari-hari.

    4. Pengembangan Empati dan Nilai-nilai Sosial:

    – Cerita moral yang menyentuh hati dalam bentuk video dapat merangsang emosi anak-anak dan membantu mereka memahami nilai-nilai sosial seperti kejujuran, kebaikan, dan empati terhadap orang lain.

    5. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa dan Imajinasi:

    – Menonton video cerita moral dapat membantu anak-anak dalam pengembangan keterampilan berbahasa, kosakata, dan imajinasi mereka melalui narasi yang menarik dan dialog yang bermakna.

    6. Memperkuat Komunikasi Orang Tua-Anak:

    – Video cerita moral dapat menjadi sarana diskusi antara orang tua dan anak tentang nilai-nilai moral, memperkuat komunikasi keluarga dan mendukung pembentukan karakter yang baik pada anak.

    Dengan memanfaatkan video cerita moral untuk menanamkan kejujuran pada anak, kita dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, mendalam, dan bermakna bagi perkembangan moral dan karakter anak-anak.

Leave a Reply