silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Assalamualikum,Wr.wb
NAMA:KATARINA SITA
NIM:859282499
PRODI: S1 PGPAUD
SEMESTER 4
Video ini menginspirasi sekali, dengan menanamkan kejujuran melalui cerita moral, ini dapat merangsang anak pada perilaku-perilaku positif karena dengan melalui cerita anak-anak merasa senang dan mudah diserap oleh mereka. Akan lebih mengena dan di diresapi oleh anak, jika dalam cerita tersebut seorang guru dapat melibatkan nama anak dan guru bisa menggunakan alat peraga agar lebih menarik perhatian anak didik.
Guru hendaknya bercerita dengan intonasi yang jelas serta bervariasi, mimik wajah, dan gerakan atau gestur tubuh yang mendukung.
Sekian dari saya, terimakasih🙏
NAMA : KATARINA SITA
NIM: 859282499
PRODI S1 PGPAUD SEMESTER 4
UPBJJ :KUPANG
Video ini sangat mengedukasi. Dapat dipelajari bagaimana cara menanamkan kejujuran pada anak lewat cerita yang telah mereka dengar dan lihat. Menanamkan kejujuran harus dilakukan sejak usia dini, agar anak dapat tahu betapa pentingnya untuk berkata jujur.
Guru dapat bercerita dengan alat peraga yang dapat menarik minat atau perhatian anak sehingga anak dengan mudah dan dengan senang hati memahami isi cerita ini. Nilai kejujuran sangat penting bagi kehiduoan saat ini.sekian dari saya
Nama : Suningsih
Nim : 857324347
Bismillah.
Dari video yang berisikan buku cerita itu saya melihat anak – anak lebih memahami pesan moralnya , saliha anak yang pintar bisa berkata jujur,
guru bertanya isi buku cerita dan akan terlihat anak yang pokus mendengarkan cerita dapat menjawab pertanyaan bu guru. sebagai guru pemula video ini sangat menginspirasi sekali. dalam setiap kegiatan hendaklah mengingatkan pesan moral agar tertanam kejujuran kepada anak-anak .
terimakasih
Restuti_858317011
Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral adalah salah satu solusi yang paling tepat untuk mengajarkan tentang kebaikan di anak usia dini…melalui cerita yang menarik dan menggunakan buku cerita atau alat peraga yang dapat menarik perhatian anak,anak akan mendengarkan dengan seksama dana kan merekam isi cerita tersebut,,,,vidio ini sangat bagus untuk kita terapkan dalam kelas bagaimana kita akan menanamkan kebaikan pada diri anak dengan melalui bercerita..
Sinopsis Program “Kejujuran pada Anak Usia Dini”:
Program ini bertujuan untuk mengajarkan nilai kejujuran kepada anak usia dini melalui cerita bergambar. Guru memulai dengan bercerita tentang seorang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar sebagai sarana pembelajaran. Setelah cerita selesai, guru melibatkan siswa dengan pertanyaan tentang tokoh dalam cerita tersebut untuk memastikan pemahaman mereka.
Dengan menggunakan cerita sebagai media pembelajaran, guru secara tidak langsung menanamkan nilai kejujuran pada peserta didiknya. Melalui cerita ini, anak-anak dapat belajar tentang pentingnya kejujuran dan bagaimana nilai tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, program ini memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan memperkuat karakter anak-anak sejak usia dini.
Nama : Oktavina Indriyati
Nim : 859031112
Judul : Menenamkan kejujuran anak melalui cerita moral
Komentar :
Video tersebut sangat efektif dalam menyampaikan pentingnya kejujuran melalui metode storytelling yang menarik. Penggunaan buku cerita bergambar, membantu anak-anak memahami konsep dengan lebih baik karena mereka dapat melihat visualisasi dari cerita tersebut. Pertanyaan interaktif pada akhir cerita memungkinkan anak-anak untuk berpikir dan merenungkan pelajaran yang disampaikan. Hal tersebut dapat mengembangkan daya ingat dan aspek bahasanya.
Masukan dan Saran:
Memberikan contoh kejujuran dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi tambahan yang baik untuk membantu anak-anak menghubungkan pelajaran dengan dunia nyata. Mendorong diskusi kelompok kecil setelah cerita untuk memfasilitasi pertukaran ide dan pemikiran antar siswa.
Secara keseluruhan, dalam pendidikan karakter melalui cerita sangatlah positif dan bisa menjadi dasar yang kuat untuk pembentukan karakter anak-anak di masa depan.
Assalamualaikum
Bismillahirrahmanirrahim
Versi Sartika
856838468
PGPAUD
Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral
Pendapat saya mengenai video
_ videonya sangat menambah wawasan dan menginspirasi saya sebagai pendidik
_ video nya sangat kreatif, jelas, dan terperinci dan cara penyampaiannya mudah dimengerti
_ penjelasan didalam video memberikan pengetahuan cara memberikan kejujuran pengetahuan tentang kebaikan, merasakan mencintai kebaikan, melakukan perbuatan baik.
* Peningkatan pengetahuan tentang kejujuran diberikan sejak usia dini sehingga menjaga generasi muda yang jujur
* Video memberikan contoh penyampaian supaya meningkatkan kejujuran dari cerita memberikan kemudahan kepada peserta didik AUD agar lebih mudah menerapkan kejujuran.
* Di video anaknya berani mengakui akan kesalahannya (selalu menjaga kejujuran) dan ibunya memberikan apresiasi kepada anaknya sudah berani mengakui kesalahannya (menerapkan kejujuran sejak usia remaja)
Selain buku cerita yang dapat digunakan membantu AUD belajar tentang kejujuran
Selalu berikan
# pengetahuan tentang kebaikan (knowing the goodries)
# merasakan, mencintai kebaikan
(Loving the goodries)
# melakukan perbuatan baik
(Acting the goodries)
_ peserta didik dikenalkan dengan nyanyian yang mengandung pesan kejujuran dan pesan moral
_ peserta didik diajak menonton film tentang kejujuran setelah mereka memahami isi film supaya lebih mendalam lagi agar supaya pendidik menjelaskan kembali dan memberi tahukan bagaimana akan dampak negatif dan positif tentang sikap jujur dan baik .
Nama: Umi Nur Aini
NIM: 857758539
video yang berjudul menanamkan nilai kejujuran melalui cerita moral, Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya. Metode ini sangat efektif untuk dipraktikkan, dengan melalui cerita anak menjadi semangat dan tertarik untuk belajar menanamkan nilai kejujuran.
Nama Imas Purnamasari
NIM 857500886
Judul video Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral
Dengan video yang ditayangkan dimana guru bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar dan berwarna sehingga anak akan lebih tertarik dalam mendengarkannya. Diakhir cerita guru bertanya dan berpesan moral agar anak-anak dapat bersikap jujur. Dengan seringnya bercerita kisah keteladanan diharapkan dapat menumbuhkan sikap jujur kepada anak pada usia dini. Saran agar diakhir cerita dilanjutkan diskusi bersama tentang isi cerita yang telah didengarkan.
nama:hanna agita sari br manurung
nim:856104452
Dari video pembelajaran pentingnya pengenalan kejujuran pada anak usia dini, agar mereka terbiasa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Langkah pengenalan kejujuran melalui bercerita seperti di video sudah sangat bagus karena anak-anak dapat merespon dengan baik dan mendengarkan apa yang diceritakan oleh guru. Menurut saya selain melalui bercerita, hendaknya kita selalu memberi contoh yang nyata bagaimana menerapkan sikap yang jujur pada anak, seperti membuat aturan di kelas, anak-anak yang tidak berkata jujur akan mendapat hukuman dan sebaliknya anak-anak yang berkata jujur akan diberi reward atau hadiah agar anak terbiasa berkata dan jujur.