silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Nama:Gemala Rabiah
Nim:858207177
“Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral”
Pesan moral dapat kita sampaikan dengan berbagai cara,salah satunya melalui bercerita, karena melalui cerita anak akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru,apalagi dengan memberikan beberapa karakter dalam cerita tersebut baik yang antagonis maupun yang protagonis,dalam mendengarkan cerita anak-anak yang mendengarkan pasti ingin menjadi karakter yang baik dalam cerita tersebut,,jadi secara tidak sadar anak sudah bisa memahami bagaimana bersikap menjadi anak yang baik seperti jujur,suka menolong dan lain-lain.Terima kasih
Nama : Hj Indaryanti
NIM: 858613938
Pada film pendek yang berjudul “ melalui Penjepit Jemuran di sini mendapatkan pesan moral , Dimana anak tidak boleh berbohong harus jujur jika sudah selesai menyelesaikan pekerjaan jawab lah sudah selesai. metode yang digunakan Bu guru dengan menggunakan penjepit untuk tanda anak yang sudah selesai cukup kreatif, disini agar anak di latih menanamkan nilai kejujuran anak usia dini.
Nama : RISKA ARIANI
NIM : 858304402
Prodi : S1 PGPAUD
UPBJJ : UT Banjarmasin
Seri : Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Anak PAUD
Judul : Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral
* Komentar
Dalam video tersebut sangat bermanfaat bagi saya seorang guru untuk menstimulasi dengan menanamkan kejujuran melalui cerita moral
dengan metode bercerita yang bagus dan dapat dipahami membuat kegiatan pembelajaran menjadi efektif dan anak juga mudah memahami isi cerita atau alur cerita yang guru bacakan.
Selain itu juga guru tersebut memberikan rangsangan atau tanya jawab untuk meransang pengetahuan anak dengan isi cerita, sehingga anak dapat mengetahui orang yang berkata jujur itu membawa kebaikan dan.
* Saran
Sebaiknya dalam menanamkan nilai kejujuran kepada anak tidak hanya menggunakan metode bercerita tetapi juga dapt dilakukan dengan kerja/aksi nyata atau dikehidupan sehari-hari disekolah/dirumah . Seorang guru juga dapat memberikan contoh nyata kepada anak
Nama: Hj Indaryanti
NIM: 858613938
judul ” Menanamkan kejujuran melalui cerita moral
Menanamkan kejujuran anak harus di lakukan sejak usia dini, dengan kegiatan bercerita, bercerita adalah salah satu kegiatan yang positif, adanya pengetahuan tentang kebaikan, merasakan, mencintai kebaikan, melakukan perbuatan baik. Disini anak di latih kejujuran apakah anak anak focus mendengarkan bu guru bercerita atau tidak dengan cara bu guru menanyakan pada siswa nya, siapa saja tokoh yang ada di dalam buku, apa saja isi cerita di dalam buku itu, judul buku yang di bacakan oleh bu guru.dan anak anak diberikan pesan agar selalu berkata jujur dan tidak boleh berbohong Dimanapun kita harus bersikap jujur. Secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya. Diskusikan dengan anak anak tentang bersikap jujur, dan libatkan mereka untuk mengerti tentang arti perbuatan jujur, maka akan meningkatkan pengetahuan dan kecintaan anak – anak tentang kejujuran dan karakter lain tentang kejujuran.
Nama: Hj Indaryanti
NIM858613938
Menanamkan kejujuran anak harus di lakukan sejak usia dini, dengan kegiatan bercerita, bercerita adalah salah satu kegiatan yang positif, adanya pengetahuan tentang kebaikan, merasakan, mencintai kebaikan, melakukan perbuatan baik. Disini anak di latih kejujuran apakah anak anak focus mendengarkan bu guru bercerita atau tidak dengan cara bu guru menanyakan pada siswa nya, siapa saja tokoh yang ada di dalam buku, apa saja isi cerita di dalam buku itu, judul buku yang di bacakan oleh bu guru.dan anak anak diberikan pesan agar selalu berkata jujur dan tidak boleh berbohong Dimanapun kita harus bersikap jujur. Secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya. Diskusikan dengan anak anak tentang bersikap jujur, dan libatkan mereka untuk mengerti tentang arti perbuatan jujur, maka akan meningkatkan pengetahuan dan kecintaan anak – anak tentang kejujuran dan karakter lain tentang kejujuran.
nama : Eka Risdianti
Nim : 858613408
Upbjj : UT Tarakan
Dalam video sangat bagus dimana guru menanamkan kejujuran terhadap anak agar tidak berbohong dan dapat selalu mengucapkan kejujuran pada anak.
Nama : iediatul fitriah
Nim : 859517008
Sebenarnya bvanyak hal dalam menanamkan kejujuran kepada anak tetapi dalam video ini bagaimana penanaman kejujuran pada anak usia dini melalui kegiatan bercerita.
Kegiatan positif yang dapat dilakukan guru untuk menanamkan kejujran pada anak usia dini adalah melalui pemberian :
-Pengetahuan tentang kebaikan (Knowinh the goodness)
-Merasakan, mencintai kebaikan (Loving the goodness)
-Melakukan perbuatan baik
(Acting the goodness)
Pada saat ini salah satu kegiatan kongkrit untuk memberikan pengetahuan dan kecintaan kepada kebaikan adalah melalui cerita atau kisah keteladanan pahlawan, tokoh nasional dan tokoh daerah epik serta puisi.
video ini sangat bermanfaat untuk kami.
Nama : Salma Putri
NIM: 857533544
video ” menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral”
Menanamkan kejujuran dapat dilakukan pada anak usia dini dengan cara, guru dapat memberikan pengetahuan tentang kebaikan, merasakan, mencintai kebaikan dan melakukan pengetahuan yang baik. Dengan contohnya guru dapat bercerita tentang keteladanan seorang tokoh pahlawan, atau tokoh nasional. Melalui cerita tersebut guru dapat melibatkan anaknya agar dapat menimbulkan nilai-nilai yang diajarkan melanjutkan hal tersebut tanpa harus terpaksa. Sehingga anak-anak dapat memperaktikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Nama : iediatul fitriah
Nim : 859517008
Sebenarnya bvanyak hal dalam menanamkan kejujuran kepada anak tetapi dalam video ini bagaimana penanaman kejujuran pada anak usia dini melalui kegiatan bercerita.
Kegiatan positif yang dapat dilakukan guru untuk menanamkan kejujran pada anak usia dini adalah melalui pemberian :
-Pengetahuan tentang kebaikan (Knowinh the goodness)
-Merasakan, mencintai kebaikan (Loving the goodness)
-Melakukan perbuatan baik
(Acting the goodness)
Pada saat ini salah satu kegiatan kongkrit untuk memberikan pengetahuan dan kecintaan kepada kebaikan adalah melalui cerita atau kisah keteladanan pahlawan, tokoh nasional dan tokoh daerah epik serta puisi.
video ini sangat bermanfaat untuk kami.
NAMA : Achita Ferdiana
NIM : 857988865
Melalui video tersebut kita dapat mendaptakan inspirasi mengenai cara untuk menyampaikan dan menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui cerita moral yang dapat mudah di pahami anak melalui cerita dengan memberikan pengetahuan tentang kebaikan,merasakan,mencintai kebaikan dan melakukan perbuatan baik. Terimaksih video sangat menginspirasi.