silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,660 Comments

  1. nama : pipit pitriyah
    nim : 857480784
    saya akan mencoba menanggapi dalam video tersebut , menurut saya guru dalam bercerita dengan intonasi yang sangat jelas, juga dapat merubah nada suara sehingga anak anak dapat membedakan peran dalam cerita tersebut. dengan media buku cerita yang sederhana banyak hal yang dapat di pelajari oleh anak-anak terutama tentang penanaman moral , yaitu pengetahuan tentang kebaiakan, dan prilaku kebaikan dan kejujuran. respon anak-anak dalam mendengarkan cerita juga sangat antusias dan bersemangat. dengan bercerita bergambar akan melekat di ingatan anak-anak usia dini. secara keseluruhan video tersebut sangat bagus sekali.

  2. menanamkan kejujuran pada anak, itu perlu dilakukan sejak dini,salahsatu cara menstimulasinya yaitu dengan dibacakan cerita yang berjudul “aku anak jujur”.dalam vidio yang berjudul” menanamkan kejujuran pada anak” terlihat seorang guru menyampaikan cerita nya dengan menggunakan intonasi yang baik, disertai alat peraga yang berupa buku bergambar, sehingga anak merasa tertarik untuk menyimak dan mendengarkan cerita tersebut.Diceritakan bahwa anak yang mempunyai kesalahan tetapi berani jujur maka tidak akan dimarahi, maka dengan kegiatan cerita tersebut diharapkan anak akan mampu memahami apa itu perbuatan jujur, dapat merasakan nya dan termotivasi untuk senantiasa berbuat jujur dalam kehidupan sehari- hari nya.

  3. nama : ai siti nuraeni
    nim : 857475507
    menanamkan kejujuran pada anak, itu perlu dilakukan sejak dini,salahsatu cara menstimulasinya yaitu dengan dibacakan cerita yang berjudul “aku anak jujur”.dalam vidio yang berjudul” menanamkan kejujuran pada anak” terlihat seorang guru menyampaikan cerita nya dengan menggunakan intonasi yang baik, disertai alat peraga yang berupa buku bergambar, sehingga anak merasa tertarik untuk menyimak dan mendengarkan cerita tersebut.Diceritakan bahwa anak yang mempunyai kesalahan tetapi berani jujur maka tidak akan dimarahi, maka dengan kegiatan cerita tersebut diharapkan anak akan mampu memahami apa itu perbuatan jujur, dapat merasakan nya dan termotivasi untuk senantiasa berbuat jujur dalam kehidupan sehari- hari nya.

  4. Assalamualaikum warohmatuallahi wabarokatu
    Dari vidio seri pembelajaran di atas dapat di analisis tentang isi pembelajaran tersebut yaitu :
    Judul vidio = Menanamkan kejujuran Anak Melalui Cerita Moral
    Ringkasan Isi Vidio = Ketidak jujuran masih terjadi di semua kalangan dan mungkin di anggap hal yang spele hal ini harus di kurangi di kurangi ,mungkin ketidak
    jujuran sudah menjadi hal yang biasa di kalangan masyarakat indonesia.oleh sebab itu sikap kejujuran di tanamkan sejak anak usia dini.
    Kelemahan Pembelajaran dalam vidio = Menurut saya ibu guru ini sudah berusaha bercerita suaranya lantang akan tetapi anak-anak tetap kurang fokus
    mendengarkan.
    Kelebihan pembelajaran dalam vidio = Bu guru yang hebat dengan keras, sopan, lembut,ceria dan penuh semangat dalam menyampaikan cerita itu sehingga
    tanya jawab dan umpan balik yang selalu renspon ,dan anak-anak pun yang tidak mau diam selalu rasa ingin tahunya
    pada diri mereka ,bu guru selalu menjawab umpan balik anak-anaknya.
    Hal unik = Anak yang satu mencuri permen lalu di kasihkan ke teman yang satunya sehingga mengajak anak untuk berbuat bohong
    Pesan = Semoga anak didik usia dini indonesia dengan vidio ini dapat tertanamkan jiwa yang bersikap jujur sampai tumbuh dewasa
    sampai akhir hayat ,karena kejujuran modal utama kita untuk hidup bermasyarakat ,maka dari itu kita tanamkan pada anak didik kita sikap jujur
    di tanam kan sejak anak usia dini.

    Terima kasih
    Wassalamualaikum warohmatuallahi wabarokatu

  5. Nama : Susi Saepah
    NIM :857475521
    video tersebut merupakan kegiatan guru untuk menanamkan kejujuran melalui kegiatan bercerita,kegiatan tersebut sangatlah bagus dan menarik bagi anak sebagai salahsatu cara untuk menstimulasi anak agar anak mencintai kejujuran.tehnik bercerita yang di lakukan oleh guru sangat baik dengan intonasi yang baik dan ekspresif serta melalui media buku cerita yang menarik sehingga tujuan kegiatan belajar tersampaikan dan anak memahami isi cerita tersebut.melalui pertanyaan tentang isi cerita tersebut terhadap anak menjadi salahsatu cara untuk mengukur tingkat pemahaman anak terhadap apa yang di sampaikan,dan dalam cerita tersebut banyak anak yang mampu menjawab pertanyaan guru.Dan seringnya menanamkan kejujuran melalui cerita moral akan memotivasi anak agar memahami dan berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

  6. Nama : Ika Patris Asima
    NIM : 856064825
    Program PGPAUD

    Video tersebut sangat bermanfaat terutama bagi kita sebagai pendidik anak usia dini. Bagi saya video tersebut menjadi inspirasi untuk saya praktekkan pada anak didik saya. Video tersebut menceritakan tentang seorang guru yang menanamkan nilai kejujuran melalui cerita moral. Terlihat anak-anak sangat antusias mendengarkan cerita dengan duduk yang tertib.
    Selain cerita tentang menanamkan kejujuran, kita bisa juga memilih cerita yang lain misalnya; disiplin, adil, suka berbagi, suka menolong dll. Dari cerita juga anak dapat membedakan perbuatan baik dan perbuatan buruk.
    Dari kegiatan bercerita banyak hal yang bisa kita kembangkan didalam diri anak, seperti : menyimak cerita, duduk tertib, tidak ribut, belajar mendengarkan saat guru bercerita, melatih anak menceritakan kembali cerita yang didengarkan, melatih fokus anak dll.
    Namun, dari video tersebut menurut saya buku cerita nya terlalu kecil, gambar nya tidak akan terlihat jelas pada anak yang duduknya jauh dari guru.

  7. NAMA : SUSI SAEPAH
    NIM :857475521
    Video yang di sampaikan merupakan suatu kegiatan guru membacakan cerita yang bertujuan untuk menanamkan kejujuran.Kegiatan tersebut sangat bagus dan menarik bagi anak,dimana guru bercerita dengan intonasi yang baik,ekspresif dan menggunakan media buku cerita yang menarik sehinggan menarik perhatian anak.karena mengajarkan kejujuran pada anak hendaknya melibatkan 3 langkah diantaranya : Knowing the goodness,loving the goodness,dan acting the goodness.Dan metode bercerita merupakan salahsatu cara untuk anak mendapatkan pemahaman,mencintai dan melakukan kejujuran berdasarkan apa yang mereka alami. dengan adanya pertanyaan yang di sampaikan guru setelah kegiatan menjadi tolak ukur keberhasilan dalam pencapaian pemahaman anak,dan dalam video tersebut sebagian besar anak dapat menjawab pertanyaan yang di sampaikan.Guru sebaiknya sering mengajarkan kejujuran melalui cerita moral yang akan menstimulasi tenteng kejujuran bagi anak.

  8. Assalamualaikum wr wb.
    Nama : Puspa Sandi Suprapti
    NIM : 857484387
    Berdasarkan video yang sudah saya lihat dengan judul “Menanamkan Kejujuran anak melalui cerita moral” ini sudah bagus. terlihat guru yang menggunakan metode bercerita untuk menarik anak supaya anak memahami kejujuran sudah tepat. pendidik menggunakan intonasi yang baik, sehingga anak memahami cerita tersebut dan bahasa dalam cerita tersebut juga mudah untuk dipahami anak. guru juga menggunakan buku cerita dengan gambar yang menarik sehingga memancing anak untuk ingin tahu. guru juga melakukan tanya jawab sehingga semua anak terlibat aktif untuk menjawab kejujuran itu seperti apa. tidak lupa guru juga memberikan nasehat kepada anak supaya anak bersikap jujur, penguat ini yang akan membuat anak lebih mencintai tentang kejujuran.
    Di dalam video tersebut juga ada beberapa kegiatan positif yang dapat ditanamkan kepada anak tentang kejujuran :
    1. memberikan pengetahuan tentang kebaikan
    2. merasakan, mencintai kebaikan
    3. melakukan perbuatan baik
    Dengan metode bercerita yang dilakukan oleh guru/ pendidik disekolah dengan teratur dan dengan tema – tema yang baik seperti kejujuran, ini akan meningkatkan rasa cinta anak terhadap kejujuran.

  9. Nama : Yayah Rohayati
    Nim : 857477288

    Assalamualaikum, izin menanggapi video pembelajaran yang berjudul “Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral”.
    Dari video pembelajaran tersebut kegiatan positif untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini dapat dilakukan melalui pemberian: pengetahuan tentang kebaikan, merasakan dan mencintai kebaikan, serta melakukan perbuatan baik. kegiatan yang bisa dilakukan pendidik untuk memberikan pengetahuan tentang kebaikan adalah melalui cerita. dalam video tersebut guru menyampaikan ceritanya dengan intonasi yang baik, menggunakan buku cerita yang bergambar, serta mengajak anak terlibat langsung dalam cerita. sehingga anak lebih tertarik dan menyimak kegiatan tersebut. melalui cerita sebagai seorang guru harus mampu menyampaikan pesan moral yang terkandung dalam ceritanya, sehingga anak-anak mudah mengerti dan menangkap makna yang terkandung tentang kebaikan, terutama tentang kejujuran dan tidak boleh berbohong serta jangan takut untuk mengakui kesalahannya. karena dengan bersikap jujur anak-anak tidak akan dimarahi.

  10. Nama : Lia Amalia Susilawati
    NIM : 857479851
    Metode bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk dapat menanamkan karakter baik pada diri anak, khususnya anak usia dini. Selain itu, metode ini pun dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya sehingga anak dapat lebih mudah dalam memahami pesan moral dari cerita yang disimaknya, menstimulus imajinasinya, serta mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru. Pada video pembelajaran di atas, pendidik telah menyampaikan cerita yang relevan dengan tujuan yang diharapkan, yaitu agar anak menumbuhkan sikap jujur dalam dirinya. Pemilihan ceritanya pun sangat sesuai bagi anak usia dini dengan menghadirkan tokoh yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari anak dengan menampilkan gambar-gambar yang dapat menarik minat anak untuk menyimak cerita yang disampaikan oleh pendidik. Penyampaian guru dengan intonasi yang pas dan tidak terburu-buru, menjadikan anak lebih mudah memahami isi cerita yang disampaikan. Guru merecalling dengan memberikan beberapa pertanyaan pemantik terkait cerita untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Pada akhir kegiatan, guru pun menyampaikan pesan moral terkait perilaku jujur yang diharapkan akan ditanamkan dan dipraktikkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Leave a Reply