silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Nama : Nurcaya . Nim : 859430681. UPBJJ : Makassar. Assalamualaikum wr wb
Menurut pendapat saya ibu guru sudah bercerita dengan sangat baik dengan nada naik turun dan berbeda-beda tentang kejujuran dengan melalui buku cerita moral yang menarik untuk anak-anak dan cepat di mengerti oleh anak-anak bahwa kejujuran adalah sesuatu perbuatan yang baik dan selalu mengingatkan ke anak-anak setiap hari bahwa kita harus mengakui kesalahan yg di lakukan karna kejujuran itu sangatlah penting dan tidak boleh berbohong .
Terimakasih
Wassalamu’alaikum wr wb
Nama : Nurainaini
Nim : 859866616
Mata kuliah : PGPAUD
Assalamualaikum wr. Wb
Menurut saya setelah melihat vidio ini tentang menanamkan kejujuran melalui cerita moral berarti menggunakan cerita – cerita yang mengandung pesan atau pelajaran mengenai pentingnya kejujuran untuk membentuk sebuah karakter dan sikap anak . Dengan bercerita tentang moral dapat membantu anak merasakan emosi karakter ketika mereka melihat dampak dan tindakan jujur atau tidak jujur mereka dapat mengwmbangkan empati dan memahami pentingnya kejujuran . Sekian dari saya.
Terima kasih
Nama: Safitri Rahayu
NIM: 856267008
MatKul; PKM
UPBJJ: UT Padang
menanamkan kejujuran melalui penyampaian cerita yang berkaitan dengan kejujuran merupakan salah satu strategi yang berhasil untuk anak-anak. Media bercerita yang digunakan dalam video tersebut adalah cerita bergambar. Melalui penyampaian cerita dengan kalimat sederhana dan mudah dipahami anak serta gambar yang memaparkan kejadian ynag sangat berkaitan dengan tema kejujuran, mempermudah anaka untuk dapat memahami maksud dari cerita tersebut. harapan melalui cerita dengan pengambaran tokoh yang memiliki sikap kejujuran, anak-anak dapat mengamalkan dan meniru kejujuran dari tokoh yang diceritakan.
izin berpendapat.
vidio diatas menayangkan tentang menanamkan kejujuran melalui cerita moral, cara yang menarik yang dilakukan guru dalam membacakan cerita dalam vidio tersebut membuat anak-anak yang mendengarkan lebih fokus, anak-anak menjadi antusias dan aktif menjawab setiap pertanyaan yang diberikan guru.
Menanamkan Kejujuran Anak Melalui Cerita Moral
NAMA : Fitri Taharah
NIM : 859666679
Menanamkan Kejujuran pada anak usia dini melalui pemberian Pengetahuan tentang pembiasaan,
Perasaan, mencintai kebaikan dan
melakukan perbuatan baik.
Penanaman moral melalui kegiatan bercerita sebaiknya dilakukan bersama dengan anak agar menjadi pengetahuan yang baik dan dapat membiasakan anak untuk berbuat baik.
Libatkan anak dengan berdiskusi agar mereka merasakan dan mencintai kebaikan-kebaikan yang sudah kita sampaikan.
Kemudian, selalu membiasakan anak untuk berbuat baik dan memberikan pujian secukupnya kepada anak agar mereka melakukan perbuatan baik.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Dyah Febrianti
NIM : 858853853
MATKUL : Metode Pengembangan Bahasa
UPBJJ : 74 / MALANG
Menanamkan nilai kejujuran pada anak sangatlah penting. Para pendidik mempunyai banyak cara salah satunya dengan metode bercerita dengan mengandung nilai moral yang sangat cepat dipahami oleh anak tanpa harus memperhatikam secara serius. Dari metode bercerita ini anak akan bernalar bahwasannya cerita itu mungkin sedikit banyak pernah mereka alami, dan hal jujur itulah yang dapat mereka ambil dari cerita tersebut. Pendidik sudah baik untuk merangsang perkembangan nalar mereka untuk terus bekerja aktif. Dengan bahasa sederhana yang pendidik ceritakan dan anak pun juga bisa berinteraksi secara tidak langsung tentang apa yang telah mereka pahami dengan cerita tentang kejujuran tersebut. Bercerita adalah metode pengembangan bahasa yang sangat cepat untuk menstimulasi, merangsang perkembangan bahasa dan bernalar anak.
Terimakasih
Wassalamualaikum wr wb
Nama : Meilani Djunaengsih
NIM : 857348994
Mata Kuliah : Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
UPBJJ : Kota Bogor, Pokjar Bogor Utara.
Menanamkan Kejujuran Anak Melalui Cerita Moral
Melatih anak sejak usia dini akan dapat membiasakan anak untuk melakukan kejujuran. Dan pembiasaan itu harus di ulang dan di ingatkan selalu. Dengan menggunakan cerita moral, anak dapat lebih mudah memahami dan menginternalisasi nilai-nilai kejujuran.
Menanamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral adalah cara yang efektif dan menyenangkan. Adapun beberapa langkah dan contoh cerita yang bisa digunakan yaitu:
1. Pilih Cerita yang Relevan: Pilih cerita yang memiliki tema kejujuran dan nilai-nilai positif. Cerita bisa berupa dongeng, fabel, atau kisah nyata.
2. Diskusikan Nilai Cerita: Setelah membaca, ajak anak berdiskusi tentang moral yang terkandung dalam cerita. Tanyakan pendapat mereka tentang tindakan tokoh-tokoh dalam cerita.
3. Berikan Contoh Nyata: Ceritakan pengalaman nyata di kehidupan sehari-hari yang menunjukkan pentingnya kejujuran.
4. Ajak Anak Berperan Serta: Ajak anak untuk membuat cerita mereka sendiri yang menekankan nilai kejujuran.
Maka dari itu anak adalah sesuatu yang dapat belajar dengan baik dan peniru ulung melihat orang dewasa dan akan mengikuti apabila kita memberikan contoh baik maka sikap dan perilakunya pun akan baik.
Terima Kasih
Nama : Bella Apriyanti (857322938)
UPJJ : Bogor Utara
Matkul : Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Judul : Menenamkan kejujuran anak melalui cerita moral
Tanggapan : Saya setuju tentang pentingnya mengenalkan nilai kejujuran kepada anak sejak dini. Melalui metode bercerita yang ditampilkan dalam video anak-anak mendapatkan pengetahuan tentang kebaikan yaitu nilai kejujuran. Cara penyampaian cerita juga didukung dengan intonasi dan mimik wajah yang menarik perhatian anak.
Namun, ada beberapa hal yang dapat dikembangkan melalui metode bercerita seperti :
1. Melibatkan anak dalam bercerita, ajak anak berpikir dan berimajinasi. Hal ini dapat mendorong anak untuk berpartisipasi dan membayangkan dirinya sebagai tokoh sehingga akan memiliki pemahaman yang lebih bermakna mengenai nilai-nilai yang ingin disampaikan.
2. Menggunakan teknik refleksi. Setelah cerita selesai, ajak anak untuk merefleksikan bagaimana mereka bisa menerapkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Kaitkan dengan kejadian yang dekat dengan keseharian anak.
3. Menggunakan alat peraga sederhana yang bervariasi, untuk membantu anak lebih mudah memahami cerita dan menyerap nilai-nilai kebaikan melalui benda nyata atau visual.
Kegiatan yang dapat dilaksanakan sebagai satu rangkaian setelah kegiatan bercerita dengan tujuan memperdalam pengetahuan, mengajak anak mencintai kebaikan dan belajar melakukan kebaikan yaitu, sebagai berikut :
1. Sesi bermain peran (Role playing)
Anak-anak dapat belajar nilai-nilai kebaikan seperti kejujuran melalui permainan peran, dimana anak berpura-pura menjadi tokoh tertentu dengan menirukan situasi dimana harus memilih antara harus jujur atau tidak jujur dan belajar dari konsekuensi dari tindakan tersebut.
2. Mengenalkan anak mengenai emosi (Kartu emosi)
Membantu anak mengenali perasaan yang muncul ketika mereka berbohong atau berkata jujur. Ini akan membantu anak memahami perasaan terkait kejujuran sehingga lebih mencintai kebaikan.
3. Buku harian kebaikan (Praktik langsung)
Guru bisa menyediakan buku harian dengan format sederhana yang di centang atau menempelkan stiker emosi senang dan sedih. Guru dapat memeriksa buku ini secara berkala dan memberikan apresiasi untuk setiap tindakan jujur yang anak laksanakan.
Sekian dan terimakasih.
Nama : Erlita J Putri
NIM : 857166859
MATKUL : PAUD4401
UPBJJ : Jakarta
Menanamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral adalah salah satu cara yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai positif pada anak usia dini. Menurut saya penyampaian cerita yang dilakukan oleh guru cukup menarik sehingga anak-anak aktif menyimak ketika guru bercerita juga diterapkannya saling berkomunikasi 2 arah saat metedo cerita tersebut dilakukan. Menurut saya, ketika guru bercerita, cerita tersebut dapat membantu anak memahami konsep kejujuran secara lebih konkret dan mudah dicerna dengan menyajikan contoh tokoh dalam cerita yang mengharuskan untuk jujur. Efek dari cerita dapat dimanfaatkan guru sebagai pengembangan kemampuan dasar bercerita pada anak dan metode mendidik karakter/perilaku anak.
– Sekian dan Terima Kasih. –
Nama : Estanaya Folia Naifulani
Nim: 877324929
Menurut saya, untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini dalam video ini sudah sangat baik apalagi diakhir bercerita,guru bertanya kembali tentang judul,tokoh,dan alasan kenapa berkata jujur. Dengan begitu anak-anak akan mengingat kembali apa yang sudah diceritakan oleh guru tersebut dan guru tersebut dapat mengukur sejauh mana anak-anak menyimak dan memahami konsep kejujuran yang telah disampaikan melalui buku cerita atau cerita bergambar