silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Setelah saya menyimak video tersebut dapat disimpulkan bahwa bertujuan untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak-anak sejak usia dini melalui pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.
Melalui pendekatan ini, anak-anak dapat belajar tentang kejujuran dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami, sekaligus mengembangkan nilai-nilai moral yang penting bagi perkembangan karakter mereka.
Dengan cara ini, melalui cerita yang sederhana dan penuh gambar, guru tidak hanya mengajarkan tentang kejujuran tetapi juga membantu anak-anak untuk mengenal dan menanamkan nilai tersebut dalam kehidupan mereka sejak usia dini.
Nama : FATMA WATI
NIM : 856460464
JUDUL : MENANAMKAN KEJUJURAN ANAK MELALUI CERITA MORAL
Setelah saya menyimak video tersebut dapat disimpulkan bahwa bertujuan untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak-anak sejak usia dini melalui pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.
Melalui pendekatan ini, anak-anak dapat belajar tentang kejujuran dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami, sekaligus mengembangkan nilai-nilai moral yang penting bagi perkembangan karakter mereka.
Dengan cara ini, melalui cerita yang sederhana dan penuh gambar, guru tidak hanya mengajarkan tentang kejujuran tetapi juga membantu anak-anak untuk mengenal dan menanamkan nilai tersebut dalam kehidupan mereka sejak usia dini.
Nama : Feni Migasari
NIM : 855764949
=> Dalam video tersebut cara guru membuka kegiatan pembelajaran dan strategi yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran sudah cukup baik.
=> Seperti : Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan dan strategi yang digunakan dengan melibatkan anak dalam kegiatan bermain drama memerankan tokoh2 di dalam buku cerita itu akan lebih mengena sehingga pembelajaran tentang kejujuran lebih tepat sasaran.
Assalamaualaikum wr, wb
Nama : Dewi Febrisani
NIM : 855894771
Dari video yang saya tonton tersebut megajarkan pentingnya mengenalkan kejujuran sedari dini di tengah menurunnya kualitas karakter manusia pada saat ini. Dimana penanaman moral dan prilaku anak paling tepat di kenalkan sedari anak berusia dini secara konsisten dengan berbagai metode yang menarik di antaranya dengan metode bercerita. Metode ini di anggap salah satu yang yang mempunya peran dan dampak yang besar pada anak di kernakan pada anak usia dini lebih mudah mnerima informasi atau penanaman moral dengan cerita dan bahasa yang mudah di terima anak, dapat menggunakan alat bantu berupa buku cerita, boneka tangan dan sebagainya Untuk mengembangkan daya imajinasi anak. Pada metode ini juga guru dapat melakukan komunikasi aktif dengan anak didik.seperti bertanya pada nak tentang cerita yang di dengar, pendapat anak tentang kejujuran dan sebagianya. Dari jawaban anak guru dapat menegevaluasi dan mengtahui sampai mana pemahaman anak akan pentingnya kejujuran dalan kehidupan.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Itoh Sugiharti
NIM : 859525692
Setelah menonton video diatas, saya merasa termotivasi untuk dapat menanamkan nilai- nilai moral dan perilaku kepada siswa saya di sekolah dengan cara story telling atau bercerita dan tanya jawab seperti yang diterapkan oleh ibu guru diatas.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Itoh Sugiharti
NIM : 859525692
Setelah saya melihat video diatas, saya merasa termotivasi untuk menanamkan nilai – nilai moral (kejujuran) kepada siswa saya di sekolah dengan cara dan metode story telling (bercerita) dan tanya jawab seperti yang ditetapkan oleh ibu guru diatas.
Nama : Alif Dewi Ratnasari
NIM : 858955046
setelah menonton video di atas, menurut pendapat saya Pembelajaran kejujuran melalui cerita bergambar efektif untuk anak usia dini. Guru menyampaikan nilai kejujuran dengan bercerita, melibatkan anak untuk mengenali tokoh, dan menyimpulkan pesan moral di akhir cerita. Anak-anak tampak antusias dan memahami konsep kejujuran dengan baik. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dapat ditambahkan kegiatan partisipatif seperti bermain peran atau diskusi mengenai contoh kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Strategi ini membantu anak memahami nilai kejujuran secara mendalam dan relevan dengan pengalaman mereka.
Video yang menyoroti kejujuran pada anak usia dini melalui cerita bergambar sangat efektif. Dengan menggunakan metode bercerita, guru dapat menyampaikan pesan moral tentang kejujuran, membuat anak lebih mudah memahami nilai tersebut. Interaksi di akhir cerita, seperti menanyakan tokoh-tokoh dalam cerita, memperkuat pemahaman anak. Kegiatan ini tidak hanya mendidik, tetapi juga menyenangkan, sehingga anak merasa terlibat dan termotivasi untuk menerapkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
nama :pelmiyetti
nim: 856227899
upbjj :14 padang
Menurut video yang saya lihat berjudul ”cerita moral tentang kejujuran”
Dalam matkul pengembangan perilaku anak sudah betul karena jaman sekarnag tidak jarang anak untuk jujur dalam dalam video diatas caranya adalah dengan bercerita. Bercerita melalui buku cerita tentang kejujuran.
Beberapa hal yang harus di tanamkan dari sifat jujur terhadap anak usia dini dengan cara memberikan contoh yang baik atau menjadi contoh.
Memberikan pemahaman pada anak bahwa jujur itu sangat di senangi dan di segani semua orang dan orang yang jujur itu dapat di percaya sama orang mengajarkan kejujuran melalui kisah orang lain ataupun dari kisah sendiri dan tidak lupa menanamkan pendidikan agama terkait dengan kejujuran dan jangan langsung memberikan hukuman yang berat jika anak berbohong melainkan memberikanpemahaman ataupun nasehat betapa pentingnya bersikap jujur.
Dengan kejujuran akan terciptanya kerukunan dan kedamaian dari hati
Nama : Nur Fadilla Putri Al’Qadir
NIM : 859392639
Izin menanggapi video menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral.
Menurut saya, video tersebut menunjukkan bagaimana dengan bercerita moral dapat menjadi alat yang efektif dalam mengajarkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Menggunakan cerita sebagai media pembelajaran dapat membuat anak-anak lebih mudah memahami konsep kejujuran dibandingkan dengan hanya memberitahu atau mengajarkan teori secara langsung. Cerita moral juga sering menekankan pada contoh keteladanan, baik dari orang tua ataupun guru. Pada video juga terlihat bahwa bagaimana cerita dapat digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai tanpa membuat anak-anak merasa terbebani. Sehingga pembelajaran yang menghibur lebih mudah diterima dan diingat oleh anak-anak.