silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

3,350 Comments

  1. Assalamungalaikum wr.wb
    Nama : Yuli Paryani
    NIm: 857646102

    Ijin mengomentari video diatas dengan judul
    “Menanamkan Kejujuran Pada Anak Melalui Cerita Moral”
    Apakah ketidakjujuran sudah membudaya pada anak bangsa ini?
    Bagaimana cara mengatasinya?
    Ketidakjujuran di anggap hal yang biasa, ketidakjujuran harus dikurangi dengan cara penanaman ketidakjujuran harus dilakukan sejak anak usia dini salah satunya dengan kegiatan bercerita.
    Guru membacakan buku cerita bergambar agar dapat menarik perhatian anak.
    Guru menceritakan kepada siswa dengan buku yang berjudul “Aku Anak Jujur”
    Anank-anak memperhatikan dan mendengarkan cerita tersebut dengan tenang sampai cerita selesai.
    Guru menanyakan kepada ana kapa judul cerita, siapa saja yang ada di dalam cerita, siapa yang berbuat jujur dan mengapa berbuat jujur.
    Anak menjawab judul cerita : “Aku Anak Jujur”
    Yang ada di cerita yaitu : Saliha, Ibu Saliha dan Miow (seekor kucing)
    Yang berbuat jujur yaitu Saliha karena sudah mengaku telah menjatuhkan gelas ibu didapur sehingga pecah.
    Ibu Saliha tidak memarahi Saliha karena sudah mau berbuat jujur.
    Pesan moral: kita sebagai orang tua/pendidik harus menanamkan kejujuran sejak usia dini. agar anak tahu makna jujur.

    Wassalamungalaikum wr.wb

  2. Nama: Sayidah Nurul Fauzianah Wahidiyah
    Nim: 877975698
    Video ini menekankan strategi-strategi praktis yang bisa diterapkan oleh guru dalam kegiatan sehari-hari, seperti saat bercerita, bermain peran, atau dalam aktivitas keseharian di kelas. Saya merasa penjelasannya cukup detail, sehingga bisa membantu guru yang baru mulai menerapkan nilai-nilai ini.

  3. Nama: Sayidah Nurul Fauzianah Wahidiyah
    Nim:877975698
    Video ini menekankan strategi-strategi praktis yang bisa diterapkan oleh guru dalam kegiatan sehari-hari, seperti saat bercerita, bermain peran, atau dalam aktivitas keseharian di kelas. Saya merasa penjelasannya cukup detail, sehingga bisa membantu guru yang baru mulai menerapkan nilai-nilai ini.

  4. Nama : Aulia Agistianik Dianika
    Nim : 877703848

    Terima kasih atas video edukasi yang telah diberikan. Video tersebut membantu para guru saat menghadapi anak yang sering melakukan ketidakjujuran. Mengurangi tindakan negatif itu dapat dilakukan dengan bercerita moral. Cerita yang didengarkan oleh anak anak dapat menginspirasi mereka untuk selalu melakukan kebaikan dan mengatakan kejujuran.

  5. Assalamualaikum
    nama : Sri Wahyuni
    NIM : 877958691

    izin menanggapi vidio dengan judul ” Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral” .Vidio ini sangat mengispirasi kita dalam menanamkan nilai kejujuran kepada anak anak karena dengan metode bercerita anak mudahkan memahami konsep seperti kejujuran tanpa merasa digurui.Anak-anak belajar memahami sebab-akibat,anak-anak belajar mengenali dan memahami emosi mereka sendiri serta cara mengelolanya. memperkuat ikatan emosional dan membangun komunikasi yang lebih baik di antara mereka.Dengan memanfaatkan cerita dongeng sebagai metode menasehati, pesan-pesan penting dapat disampaikan dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Ini tidak hanya membantu dalam pembentukan karakter mereka tetapi juga memperkuat hubungan emosional antara orang tua dan anak.

  6. Nama : Erny yulentini Bara
    Nim : 859330235

    Video di atas sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Strategi yang dilakukan melalui cerita tentang anak yang berani bersikap jujur, dapat ditanamkan dalam pikiran anak didik sehingga membantu anak untuk menanamkan kejujuran pada diri sendiri.
    Terimakasih

  7. Alhamdulillah..metode yang disampaikan dalam video juga sudah kami terapkan di lembaga kami tentang menanamkan nilai kejujuran melalui cerita.
    Saran saya guru harusnya lebih ekspesif lagi dan menggunakan intonasi yang berbeda, jangan langsung berbicara saliha jujur tapi sebaiknya menanyakan kepada peserta didik, pendapat peserta didik tentang perbuatan yang dilakukan saliha.

  8. Nama : Erika Yuliana Angdoyo
    Nim : 858987493

    Izin menanggapi video
    Saya pribadi juga melakukan hal ini untuk mengenalkan sikap jujur pada anak-anak. Dengan membacakan cerita dengan nilai moral setiap hari, kita dapat kenalkan sikap kejujuran pada anak. Mengajak anak untuk merefleksikan kejadian pada cerita tersebut dan mengkaitkan pesan moral positif pada kegiatan anak sehari-hari. Selain itu, dari cerita anak juga bisa mengenal makna sebab-akibat, belajar mengelola dan mengekspresikan perasaan.

  9. Nama : Amanda Citra Sari
    NIM : 856667088

    Video tersebut memberikan inspirasi bagi pendidik untuk menanamkan kejujuran melalui kegiatan pembelajaran dengan bercerita / berdongeng kepada anak didik. Metode bercerita dalam pembelajaran PAUD dapat meningkatkan fokus anak, karena bercerita melalui media seperti buku bergambar dapat menarik perhatian dan melibatkan imajinasi anak. Dengan meningkatnya antusiasme anak, maka anak akan lebih mudah memahami pesan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

  10. Melalui video ini, kita dapat membentuk karakter anak didik lewat cerita – cerita moral yang kita bacakan ataupun menggunakan media ataupun boneka jari yang membuat anak tidak cepat bosan. Video tadi mengajak anak anak untuk selalu berkata jujur bahkan setelah melakukan suatu perbuatan yang tidak disengaja, kia pun harus bisa berkata jujur dan bertanggung jawab atas perbuatan kita seperti yang dilakukan oleh Salina.
    .
    c. Masukan dan Saran :
    Kedua video diatas merupakan cara yang paling baik dalam mengenalkan nilai kejujuran kepada anak. Guru memberikan penjelasannya masing – masing tentang bagaimana cara mengenalkan nilai kejujuran kepasa anak didiknya dan hal ini dapat membantu dan memotivasi anak untuk selalu melakukan perbuatan jujur dan baik.
    • Saran saya dalam video I, jika guru ingin memberikan penjepit pakaian sebagai tanda kejujuran. Mungkin di penje[it pakaian ditempelkan stiker – stiker lucu ataupun kata – kata motivasi.
    • Dalam Video kedua, menurut saya sebaiknya setelah membacakan cerita guru bisa mempraktekkan secara langsung dengan melibatkan anak sebagai contohnya

Leave a Reply