silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

3,350 Comments

  1. Dari segi pedagogis, pendekatan menggunakan cerita moral sangat efektif untuk anak usia dini karena mereka dapat memahami konsep kejujuran secara tidak langsung melalui tokoh dan alur cerita; diskusi sederhana di akhir cerita juga membantu anak merefleksikan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai masukan, guru bisa menambahkan ilustrasi visual yang lebih dinamis (misalnya boneka jari atau animasi sederhana) agar anak lebih tertarik dan pesan moral lebih melekat. Selain itu, menutup cerita dengan contoh nyata dari dunia anak-anak—misalnya mengambil uang teman dan mengembalikannya—akan menguatkan keterhubungan antara cerita dan pengalaman mereka sendiri.

  2. Linda herawati 858758001

    Setelah menyimak video diatas dapat kita petik kesimpulan bahwasannya sangatlah penting bagi kita seorang pendidik menanamkan pentingnya kejujuran pada anak didik kita sedari usia dini,dikarenakan pada uisa tersebut adalah awal dari pondasi anak.kita dapat menanamkan nilai2 kejujuran lewat cerita sehingga menarik bagi anak2 dan akan selalu diingat oleh anak anak dan juga melalui penyampaian dengan bahasa yang lembut sehingga akan meresap kedalam hati anak.

  3. nama : ulia sasrina
    nim : 856592584
    judul : menanamkan kejujuran pada anak dengan cerita moral
    mata kuliah : prilaku perkembangan anak

    video pembelajaran penanaman kejujuran di atas menunjukkan cara mendidik anak TK dengan metode bercerita, di samping itu metode bercerita tersebut dapat menanamkan kejujuran dengan anak usia dini melalui pemberian :
    1. pengetahuan tentang kebaikan (knowing the goodnes)
    2. merasakan, mencintai kebaikan ( loving the goodnes)
    3. melakukan perbuatan baik (acting the goodnes)
    setelah penyampaian cerita anak di ajak mengingat kembali tokoh, latar dan watak yang ada di dalam cerita . dengan metode bercerita selain miningkatkan pemahaman tentang kejujuran dengan mencotohkan tokoh yang ada dalam cerita , juga dapat menjadi motovasi untuk anak dapat mencintai buku dan menumbuhkan minat membaca pada peserta didik.

  4. Nama : Srida Hannum Siregar
    NIM : 857413429

    Video diatas sangat bagus dan dapat kita terapkan di sekolah masing – masing dimana untuk menyampaikan pesan – pesan moral dan karakter pada anak usia dini melalui bercerita sangat efektif. Cerita yang kita pilih harus sesuai dengan usia dan minat mereka, menggunakan bahasa yng sederhana dan mudah dimengerti anak, menarik dan libatkan anak dalam kegiatan bercerita serta gunakan ekspresi wajah dan suara. Di akhir cerita anak dapat diminta untuk menceritakan kembali cerita yang di dengarnya dengan bahasanya sendiri untuk mengetahui pemahaman mereka dan kita juga bisa ajukan pertanyaan sederhana. Dengan menanamkan nilai – nilai moral dan karakter pada anak usia dini sangat penting untuk membangun fondasi karakter yang baik dan membentuk kepribadian yangbertanggung jawab dan menjadi individu yang beretika di masa depan.

  5. Nama: Niswatun Jannah
    NIM: 877697776
    Mata kuliah: Metode pengembangan sosial emosional
    Judul: Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral
    Berdasarkan video pembelajaran ini, saya sangat setuju dengan cara guru dalam menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral. Penanaman kejujuran harus dilakukan sejak usia dini, salah satu caranya adalah melalui kegiatan bercerita. Kegiatan positif yang dilakukan guru untuk menanamkan kejujuran pada anak melalui pemberian:
    – Pengetahuan tentang kebaikan (knowing the goodnees)
    – Merasakan, mencintai kebaikan (loving the goodness)
    – Melakukan perbuatan baik (acting the goodness)
    Kejujuran adalah nilai kehidupan mendasar yang paling penting yang harus diajarkan pada anak usia dini. Mengajarkan anak untuk berkata, bersikap, dan berperilaku jujur akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk kehidupannya kelak.

  6. Nama : Muhini
    Nim. : 859179083
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Sosial Emosional 31
    Judul Vidio : Menanamkan Kejujuran Anak Melalui Cerita Moral

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Vidio pembelajaran yang sangat bagus,berdasarkan vidio pembelajaran ini,kita bisa mengambil pelajaran untuk saya khususnya bahwa menanamkan kejujuran kepada anak tidak mesti dengan tekanan dan paksaan dengan membacakan cerita moral seperti vidio diatas sangat efektif dan membantu kita para orang tua dan guru bahwa menanamkan kejujuran pada anak bisa sangat menyenangkan melalui cerita sehingga anak mudah memperhatikan dan tidak bosan jadi pesan moral yang ingin disampaikan bisa diterima dan dipahami anak dengan cepat dan mudah,terimakasih untuk vidio yang sangat inspiratif dan membantu.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaruh.

  7. Nama : Siti Hajiah
    Nim : 858479245
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Sosial Emosional
    Judul Video : Menanamkan Kejujuran Anak Melalui Cerita Moral

    Berdasarkan video pembelajaran tersebut, dapat kita bisa mengambil pelajaran bahwa dengan bercerita kita dapat memberikan pembelajaran kepada anak tentang pentingnya menanamkan kejujuran. cerita tersebut tidak mesti harus seperti tanya jawab tapi dapat pula menggunakan media seperti buku cerita yang mana anak lebih tertarik karena selain anak mendengar anak juga bisa mengikuti alur cerita yang disampaikan lewat gambar yang ada di buku cerita.

    Pada Video yang Judul “Menanamkan Kejujuran Anak Melalui Cerita Moral” sangat memberi motivasi dan dapat pula di jadikan pembelajaran oleh orang tua maupun guru. bercerita sangat bermanfaat sebagai komunikasi orang tua atau guru kepada anak dalam menyampaikan pesan. seperti kejujuran.

  8. Nama : Nia Kurniasih
    NIM : 87767146
    Dari video diatas yang temakan menanamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral merupakan salah satu metode pendidikan karakter yang sangat efektif. Anak-anak cenderung mudah menyerap nilai-nilai kehidupan ketika disampaikan dalam bentuk cerita apalagi kalau dikolaburasi dengan bermain peran.
    manfaat dari video di atas yaitu Anak belajar bahwa kejujuran membawa kebaikan, sedangkan kebohongan bisa membawa masalah.

  9. Nama : Sari Rusmiyati
    NIM : 877672395
    Judul: Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral
    Dari vidio diatas menceritakan tentang menanamkan nilai kejujuran sangat penting dimulai dari anak usia dini. Penanaman nilai kejujuran dapat dilakukan dengan berbagai metode dengan metode bercerita. Di dlm video, guru sudah menggunakan metode bercerita dengan baik. Kejujuran adalah nilai kehidupan mendasar yang paling penting yang harus diajarkan pada anak usia dini. Mengajarkan anak untuk berkata, bersikap, dan berperilaku jujur akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk kehidupannya kelak.

  10. Assalamualaikum
    MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK MELALUI CERITA MORAL sangatlah penting karna masa ini adalah fase pembentukan karakter yang paling dasar.
    Cerita moral juga memberikan gambaran konkret tentang prilaku baik dan buruk pada anak.

Leave a Reply