silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
–
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Nama : Eka Nur Hidayah
Nim : 857832936
UPBJJ : Surakarta
Setelah saya melihat dan menganalisa video tersebut
1. Guru ada penyambutan tapi tidak ada absensi anak dalam kelas
2. Guru dalam penyampaian materi kepada anak-anak pelan-pelan sehingga anak mudah untuk menerima pembelajaran
3. Anak-anak semangat dalam mengikuti pembelajaran
4. Masukan dari saya dalam penyampaian materi saya sarankan menggunakan IT supaya anak-anak dalam pembelajaran lebih menarik dan anak-anak lebih senang dan tidak mengantuk.
Terima kasih
NAMA : AMIN JOHARI
NIM : 858474927
UPBJJ : SAMARINDA
Setelah saya melihat dan menganalisa video tersebut :
KELEBIHAN:
1. Guru dalam penyampaian materi kepada anak-anak pelan-pelan sehingga anak mudah untuk menerima pembelajaran.
2. Guru dalam menyampaikan materi menggunakan contoh benda konkrit yang mudah dipahami siswa.
3. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa sangat tertarik atau antusias mengikuti pembelajaran.
4. Guru memberikan penugasan setelah siswa memahami materi ajar
KEKURANGAN:
1. Guru ada penyambutan salam tapi tidak ada absensi anak dalam kelas.
2. Guru tidak mengkondisikan siswa untuk siap belajar dengan berdoa terlebih dahulu.
3. Guru diakhir materi tidak memnyimpulkan pembelajaran yang baru disampaikan.
Masukan dari saya dalam penyampaian materi sebaiknya memanfaatkan teknologi IT supaya anak-anak dalam pembelajaran lebih menarik dan anak-anak lebih senang serta antusias.
Terima kasih
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, saya menemukan ada beberapa kelebihan dan kelemahan diantaranya :
1. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
a. Media pembelajaran menggunakan benda-benda konkret yang ada disekitar kelas
b. Guru menggunakan bahasa yang mudah di pahami siswa
c. Siswa berantusias dalam belajar
d. Guru memiliki vokal suara yang jelas dan lantang sehingga mudah di dengar oleh siswa-siswi
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :
a. Pada awal dan akhir kegiatan guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu,menanyakan kabar siswa
b. Guru tidak mengecek/mengabsen siswa
c. Guru tidak memberikan motivasi belajar pada siswa
d. Guru tidak mengajak siswa mengulas pembelajaran sebelumnya lebih dulu
e. Guru tidak melakukan pembahasan materi tapi langsung pada contoh materi
f. Guru tidak menyimpulkan pembelajaran pada akhir kegiatan
h. Guru hanya memberikancontoh pada benda yang ada di sekeliling dalam kelas saja
i. Guru hanya memilih sebagian anak tanpa meminta anak mana yang siap dan mau maju kedepan
Nama : RISNAWATI
Nim : 859144612
Setelah saya menganalisa video pembelajaran di atas ada beberapa hal yang saya temukan
1.Guru tidak mengucapakan salam pada awal pembelajaran
2.Guru tidak mengarahkan siswa untuk membaca doa sebelum pembelajaran dimulai
3.Guru tidak mengecek kehadiran siswa(absen)
4.Guru tidak melakukan apersepsi sebelum pembelajaran
5.Guru tidak membacakan tujuan pembelajaran sebelelum pembelajaran di mulai
6.penyampaian materi sudah baik dan anak-anak mudah faham karena menggunakan alat peraga nyata
7.Masukan dari saya alangkah lebih baik ada ice breaking supaya anak-anak tidak bosan dan anak-anak lebih semangat
Nama: Irene Dewi Fitriani
Nim: 857118002
Berdasarkan video “Mengajarkan Berat Benda” diatas, kelemahannya yaitu pada proses pendahuluan guru tidak mengecek kehadiran siswa, tidak berdoa dan tidak menjelaskan tujuan dari materi yang akan diajarkan, guru hanya memberikan salam. Diakhir, Guru tidak memberikan kesimpulan atas pembelajaran yang telah dilakukan.
Kelebihannya, guru dalam menjelaskan tidak terburu-buru sehingga penyampaian materi mudah diterima siswa. Proses pembelajaran berjalan menyenangkan karena respon dari anak-anak terlihat semangat. Untuk menguji serta memperkuat pemahaman siswa guru juga menggunakan benda nyata sebagai media..
Saran dari saya untuk membuat suasana kelas lebih antusias bisa dengan memulai pelajaran dengan ice breaking dan diakhir pun sama agar siswa lebih rileks
NAMA : INDRA ZURIKA
NIM : 856501735
PRODI : PGSD
POKJAR : PEKANBARU
Setelah saya menganalisa video pembelajaran di atas ada beberapa hal yang saya temukan
1.Guru tidak mengucapakan salam pada awal pembelajaran
2.Guru tidak mengarahkan siswa untuk membaca doa sebelum pembelajaran dimulai
3.Guru tidak mengecek kehadiran siswa(absen)
4.Guru tidak melakukan apersepsi sebelum pembelajaran
5.Guru tidak membacakan tujuan pembelajaran sebelelum pembelajaran di mulai
6.penyampaian materi sudah baik dan anak-anak mudah faham karena menggunakan alat peraga nyata
7.Masukan dari saya alangkah lebih baik ada ice breaking supaya anak-anak tidak bosan dan anak-anak lebih semangat.
Nama : icetrisnawati
Nim : 858132661
UPBJJ : pontianak
Setelah saya menonton dan menganalisis video tersebut ini penilaian saya :
Kelebihan
1. Guru ada menyapa siswa
2. Guru menyampaikan materi pelajaran
dengan pelan dan berhati-hati dalam
berucap.
3. Guru dalam menggunakan bahasa yang
sederhana.
4. Guru dalam menyampaikan materi dapat
menggunakan metode pembelajaran
walaupun itu dalam bentuk sederhana.
5. Siswa begitu semangat dalam mengikuti
pelajaran
6. Guru memiliki vocal suara yang jelas dan
lantang
Kekurangan
1. Guru tidak mengabsensi siswa
2. Guru tidak mengajak siswa berdoa
sebelum dan sesudah jam pelajaran.
3. Guru diakhir materi tidak menyimpulkan
hasil pembelajaran
4. Guru tidak menyampaikan materi tetapi
langsung ke prakteknya
Saran
Sebaiknya guru memberikan kesempatan kepada semua anak untuk mencoba mempraktekkan sendiri didepan kelas, guru hanya memantau dan menilai hasil dari praktek siswa2 tersebut.
Terimakasih
Nama : Firda Nuralipah
NIM : 857391839
Prodi : PGSD
Pokjar : Caringin
Setelah saya menganalisis video pembelajaran di atas ada beberapa hal yang saya temukan :
1. Pada proses pembelajaran berlangsung dalam video penyampaian materi tentang “Berat Benda” dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan memutar benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda-beda sehingga dapat disimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan. Sehingga dengan metode pembelajaran yang dilakukan guru membuat siswa antusias dan semangat mereka terbakar menjawab pertanyaan dari guru , bahkan lebih banyak yang ingin menerapkan untuk menyalakan benda mana yang lebih ringan dan berat
kelemahan dalam video pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah ketiadaan kegiatan pendahuluan pembelajaran. seharusnya, suatu pembelajaran sebaiknya diawali dengan kegiatan pendahuluan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara mental dan memusatkan perhatian mereka pada topik yang akan dibahas. Kemudian tidak mengabsen , tidak melakukan ice briking, tidak berdoa bersama bahkan tidak menyerap siswanya apa sudah mengerti dengan pelajaran tersebut atau sebaliknya, dan juga guru tidak membuat kesimpulan hasil pembelajaran yang guru sampaikan.
kelebihan guru dari video diatas guru yaitu menggunakan metode pembelajaran yang mudah di dapatkan karna semuanya alat belajar siswa , sehingga dapat dipraktekkan secara langsung tanpa menggunakan biaya, dan tanpa membuat siswa sibuk mencari metode praktik mereka masing-masing.
Upaya yang harus dilakukan untuk memperbaiki nya menurut saya dengan adanya pendahuluan, dan adanya ice breaking,
Sekian analisa saya .
Setelah saya menganalisa video pembelajaran di atas ada beberapa hal yang saya temukan
1.Guru tidak mengucapakan salam pada awal pembelajaran
2.Guru tidak mengarahkan siswa untuk membaca doa sebelum pembelajaran dimulai
3.Guru tidak mengecek kehadiran siswa(absen)
4.Guru tidak melakukan apersepsi sebelum pembelajaran
5.Guru tidak membacakan tujuan pembelajaran sebelelum pembelajaran di mulai
6.penyampaian materi sudah baik dan anak-anak mudah faham karena menggunakan alat peraga nyata
7.Masukan dari saya alangkah lebih baik ada ice breaking supaya anak-anak tidak bosan dan anak-anak lebih semangat