silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

389 Comments

  1. Nama : chotijah
    Nim : 856075828
    Upbjj : batam

    Menurut analisis saya tentang vidio pembelajaran IPA di SD yang berjudul ” mengajar berat benda ” yaitu :

    1. Kelemahan dalam vidio tersebut adalah :
    -Tidak ada berdoa sebelum dan selesai belajar.
    – siswa kurang aktif dalam merespon pertanyaan dari guru.

    2. Reaksi siswa terhadap pembelajaran :
    Siswa mampu menjawab soal tentang berat benda.

    3. Kelebihan dalam vidio tersebut :
    -Guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
    -Menggunakan media pembelajaran yang nyata.

    4. Hal unik yang ada di dalam vidio :
    Guru memberi peluang kepada peserta didik untuk berani tampil

    5. Tanggapan mengenai kelemahan dan kelebihan dalam vidio :
    1. Guru harus memulai kegiatan pembukaan dan penutupan pembelajaran dengan berdoa.
    2. Guru harus mengondisikan siswa sebelum memulai pembelajaran.

  2. Nama : chotijah
    Nim : 856075828
    Upbjj : batam

    Analisis saya tentang vidio pembelajaran IPA di SD yang berjudul ” mengajar berat benda ” yaitu :

    1. Kelemahan dalam vidio :
    -Tidak ada berdoa sebelum dan selesai belajar.
    – siswa kurang aktif dalam merespon pertanyaan dari guru.

    2. Reaksi siswa :
    Siswa mampu menjawab soal tentang berat benda.

    3. Kelebihan dalam vidio :
    -Guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
    -Menggunakan media pembelajaran yang nyata.

    4. Hal unik yang ada di dalam vidio :
    Guru memberi peluang kepada peserta didik untuk berani tampil

    5. Tanggapan mengenai kelemahan dan kelebihan dalam vidio :
    1. Guru harus memulai kegiatan pembukaan dan penutupan pembelajaran dengan berdoa.
    2. Guru harus mengondisikan siswa sebelum memulai pembelajaran.

  3. Nama : chotijah
    Nim : 856075828
    Upbjj : batam

    Analisis saya tentang vidio pembelajaran IPA di SD yang berjudul ” mengajar berat benda ” yaitu :

    Kelemahan dalam vidio :
    -Tidak ada berdoa sebelum dan selesai belajar.
    – siswa kurang aktif dalam merespon pertanyaan dari guru.

    Reaksi siswa :
    Siswa mampu menjawab soal tentang berat benda.

    Kelebihan dalam vidio :
    -Guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
    -Menggunakan media pembelajaran yang nyata.

    Hal unik yang ada di dalam vidio :
    Guru memberi peluang kepada peserta didik untuk berani tampil

    Tanggapan mengenai kelemahan dan kelebihan dalam vidio :
    Guru harus memulai kegiatan pembukaan dan penutupan pembelajaran dengan berdoa.

    Guru harus mengondisikan siswa sebelum memulai pembelajaran.

  4. Nama : SULISTIA
    Nim : 856020111
    Program studi : S1 PGSD AKPMM
    Salut Permata : Labuhanbatu Utara

    Assalamualaikum wr.wb
    Setelah saya melihat dan menganalisis video pembelajaran di atas, saya melihat metode pembelajaran yang digunakan oleh Guru sudah baik. Terlihat dari cara Guru mengajak siswa untuk membandingkan antara Berat dan Ringan. Tetapi ada juga kelemahan dan kelebihan dari pembalajaran tersebut.

    1. Bagaimana reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
    Menurut pendapat saya, reaksi siswa dalam pembelajaran tersebut semangat tetapi ada juga yang tidak fokus saat guru menjelaskan didepan.

    2. Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Menurut saya Kelemahannya yaitu , guru tidak mengecek kehadiran siswa, berdoa, bernyanyi. Dan pada saat menjelaskan , guru tidak memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya. Pada saat kegiatan penutup, guru juga tidak memberi kesimpulan atau pun berdoa.

    3.Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Menurut saya Kelebihannya yaitu ,guru menggunakan benda – benda di sekitar sebagai media pembelajaran.

    4. Hal – hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Guru menjadikan siswa sebagai media dalam pembelajaran. Sehingga anak-anak bisa membandingkan secara nyata.

  5. NAMA : NOVRI SAPUTRA
    NIM : 856075108

    1. Tidak memulai pelajaran dengan berdoa dan menjelaskan maksud dan tujuan materi pembelajaran pada hari ini.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu ekspresi pada wajah guru sangat tegang dan kaku. Sehingga suasana kelas juga menjadi kaku. Dan pada saat memulai pembelajaran tidak diawali dengan pendahuluan melainkan langsung ke inti pembelajaran. Pada saat dikelas juga seharusnya topik siswa harap dilepas pada jam pembelajaran.

  6. NAMA : NOVRI SAPUTRA
    NIM : 856075108

    1. Tidak memulai pelajaran dengan berdoa dan menjelaskan maksud dan tujuan materi pembelajaran pada hari ini.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu ekspresi pada wajah guru sangat tegang dan kaku. Sehingga suasana kelas juga menjadi kaku. Dan pada saat memulai pembelajaran tidak diawali dengan pendahuluan melainkan langsung ke inti pembelajaran. Pada saat dikelas juga seharusnya topik siswa harap dilepas pada jam pembelajaran.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru terlihat cukup dalam menguasai kelas. Guru juga dapat mengaktifkan semangat belajar siswa dengan mengajak siswa belajar diluar ruangan agar tidak bosan dan langsung mempraktikkan dimana letak mata angin bersama-sama.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Keunikan dari video pembelajaran ini adalah pada saat menggunakan buku dan pena sebagai media pembelajaran. Dengan hal ini, siswa tidak bisa secara pasti dan langsung mengetahui maksud dan tujuan dari pembelajaran. Lalu guru juga melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memanggil 2 siswa sebagai contoh. Dengan begitu akan semakin mudah untuk siswa memahami materi yang di sampaikan oleh guru.

  7. 1. Tidak memulai pelajaran dengan berdoa dan menjelaskan maksud dan tujuan materi pembelajaran pada hari itu.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu ekspresi pada wajah guru sangat tegang dan kaku. Sehingga suasana kelas juga menjadi kaku. Dan pada saat memulai pembelajaran tidak diawali dengan pendahuluan melainkan langsung ke inti pembelajaran. Pada saat dikelas juga seharusnya topik siswa harap dilepas pada jam pembelajaran.

  8. Kelemahan guru dalam video tersebut adalah :
    1. Tidak memulai pelajaran dengan berdoa dan menjelaskan maksud dan tujuan materi pembelajaran pada hari itu.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu ekspresi pada wajah guru sangat tegang dan kaku. Sehingga suasana kelas juga menjadi kaku. Dan pada saat memulai pembelajaran tidak diawali dengan pendahuluan melainkan langsung ke inti pembelajaran. Pada saat dikelas juga seharusnya topik siswa harap dilepas pada jam pembelajaran.

  9. Kelemahan guru dalam video tersebut adalah :
    1. Tidak memulai pelajaran dengan berdoa dan menjelaskan maksud dan tujuan materi pembelajaran pada hari itu.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu ekspresi pada wajah guru sangat tegang dan kaku. Sehingga suasana kelas juga menjadi kaku.

  10. Nama : Impian Sri Wardana

    Nim : 856021374

    Prodi : S1-PGSD

    Menurut pendapat saya dalam kegiatan pendahuluan guru tersebut memulai pembelajaran tidak diawal dengan kegiatan apersepsi,dan kurang memotivasi semangat para siswa . guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa serta tidak mengaitkan tujuan pembelajara pada hari itu. Guru terlalu terburu-buru dalam menyampaikan materi inti. Didalam kegiatan inti guru tersebut sudah baik cara menyampaikan materi diselingi dengan alat peraga sederhana, yang membuat mereka bersemangat dalam proses belajar dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berani tampil kedepan. Untuk lebih baiknya guru tersebut bisa menambahkan metode seperti bernyanyi menyesuaikan isi materi tersebut agar siswa mudah memahami dan mengingatnya. Dalam kegiatan penutup guru tersebut sudah memberi refleksi PR kembali kepada peserta didik,guru tersebut tidak menarik kesimpulan materi apa yang sudah di pelajari hari ini dan tidak memberikan materi untuk esok harinya. Serta juga tidak menutup kegitan belajar hari ini dengan doa dan salam.

Leave a Reply