silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
–
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
NAMA : PRIHATININGSIH
NIM : 857706627
Dari Video yang saya lihat saya jadi terinsinpirasi.
Dari Pembelajaran Berat Benda pada Mata Pelajaran IPA :
1. Guru memperagakan dengan menunjukkan benda/alat peraga maka siswa antusias dalam mendengarkan penjelasan guru.
2. Guru memberikan contoh kepada murid lainnya dengan menunjuk beberapa siswa maju kedepan untuk melatih keberanian dan percaya diri setiap siswa
3. Siswa dapat mengevaluasi jenis benda yang diperagakan lebih ringan dan berat dari jenis pensil dan buku.
4. Siswa lebih aktif menyampaikan pendapat.
Nama : Suhana
Semester : VIII (Delapan)
Pokjar : Mempawah
UPBJJ : Pontianak
Menurut sudut pandang saya, sejauh yang saya pelajari dan saya pernah praktekkan. Seorang guru yang ingin memulai pelajaran hendaknya ketika mengucapkan salam, dan bertanya kabar, posisi seorang guru dalam keadaan berdiri sehingga murid fokus dan pandangan tidak kemana kemana dan ketika bertanya kabar disamping bertanya secara keseluruhan tapi peserta didik juga ditanya satu satu walaupun hanya 3 orang murid. Namun ketika saya lihat video ini secara keseluruhan sangat menarik dan bisa di jadikan pelajaran dengan banyaknya hal hal yang menyenangkan.
Nama : Azumi Meliyanti
Nim : 858048905
Prodi : PGSD-S1
Dari video GPO Mengajar Berat Benda dapat ditemukan beberapa hal:
• Kelebihannya
1. Guru menyapa melakukan kegiatan awal dengan menyapa siswa dengan kalimat “siang anak-anak”.
2. Guru menggunakan objek nyata seperti pensil dan buku yang mudah dipahami dalam pembelajaran.
3. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang maju dengan melakukan tepuk tangan bersama siswa yang lainnya.
4. Guru memberikan tugas diakhir pembelajaran.
• Kelemahannya
1. Guru tidak melakukan absensi terhadap kehadiran siswa pada pembelajaran ini.
2. Guru tidak melakukan apersepsi terkait materi yang hendak dipelajari.
3. Guru tidak memotivasi siswa terkait materi yang akan dipelajari.
4. Media pembelajaran yang digunakan tidak bervariatif sehingga penjelasan materi tidak luas.
5. Guru tidak melakukan evaluasi dan rangkuman terhadap materi yang sudah dijelaskan.
Dari video pembelajaran tersebut, saran- saran yang dapat saya berikan antara lain:
1. Hendaknya guru melakukan kegiatan awal dengan baik dan lengkap seperti menyapa/memberi salam dan melakukan absensi.
2. Hendaknya guru melakukan apersepsi terkait materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari atau materi sebelumnya.
3. Hendaknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan perbandingan berat antara pensil dan buku, agar siswa merasakan langsung perbedaan berat kedua benda tersebut. Bukan hanya sekedar melihatnya langsung.
4. Hendaknya media pembelajaran lebih bervariatif agar materi yang di bahas lebih luas cangkupanya.
5. Hendaknya guru melakukan evaluasi dan rangkuman materi yang telah dijelaskan sebelum menutup pembelajaran.
Nama : Azumi Meliyanti
Nim : 858048905
Prodi : PGSD S1
Dari video GPO Mengajar Berat Benda dapat ditemukan beberapa hal:
• Kelebihannya
1. Guru menyapa melakukan kegiatan awal dengan menyapa siswa dengan kalimat “siang anak-anak”.
2. Guru menggunakan objek nyata seperti pensil dan buku yang mudah dipahami dalam pembelajaran.
3. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang maju dengan melakukan tepuk tangan bersama siswa yang lainnya.
4. Guru memberikan tugas diakhir pembelajaran.
• Kelemahannya
1. Guru tidak melakukan absensi terhadap kehadiran siswa pada pembelajaran ini.
2. Guru tidak melakukan apersepsi terkait materi yang hendak dipelajari.
3. Guru tidak memotivasi siswa terkait materi yang akan dipelajari.
4. Media pembelajaran yang digunakan tidak bervariatif sehingga penjelasan materi tidak luas.
5. Guru tidak melakukan evaluasi dan rangkuman terhadap materi yang sudah dijelaskan.
Dari video pembelajaran tersebut, saran- saran yang dapat saya berikan antara lain:
1. Hendaknya guru melakukan kegiatan awal dengan baik dan lengkap seperti menyapa/memberi salam dan melakukan absensi.
2. Hendaknya guru melakukan apersepsi terkait materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari atau materi sebelumnya.
3. Hendaknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan perbandingan berat antara pensil dan buku, agar siswa merasakan langsung perbedaan berat kedua benda tersebut. Bukan hanya sekedar melihatnya langsung.
4. Hendaknya media pembelajaran lebih bervariatif agar materi yang di bahas lebih luas cangkupanya.
5. Hendaknya guru melakukan evaluasi dan rangkuman materi yang telah dijelaskan sebelum menutup pembelajaran.
Nama : Annisa Aprilia
Nim : 858048826
Pokjar : Mempawah
Upbjj : Pontianak
Pada awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam dan tidak berdoa terlebih dahulu guru langsung masuk ke materi pembelajaran. Pendapat saya dalam video yang saya lihat videonya bagus penyampaiannya juga sederhana mudah dipahami dengan membandingan secara nyata dapat membuat siswa paham tentang berat suatu benda.
Nama : Bina putri hati waruwu
Nim : 856050873
Upbjj : medan
Pokjar : Idanogawo
Menurut saya,video mengajar guru tersebut sudah sangat bagus ,karena dimana guru tersebut sudah menguasai materi yang di ajarkan kepada peserta didik.
pada awal pembelajaran guru menyapa peserta didik, menyampaikan materi pembelajaran yang bakan di pelajari.di dalam video juga guru menjelaskan dengan menarik ,pembelajaran menggunakan benda-benda di sekitar kelas ,suasana belajar tampak lebih hidup dimana peserta didik dengan secara bersamaan menjawab pertanyaan,guru juga memberikan tugas kepada peserta didik agar lebih mengerti dan paham pembelajaran yang telah di pelajari.
Hal menarik yaitu 1. dimana guru menjadikan peserta didik sebagai contoh dalam pembelajaran.2. dengan menjawab pertanyaan secara serentak guru tidak bisa membedakan antara peserta didik yang aktif degan yang tidak.
ada beberapa hal yang harus diperbaiki yaitu : mengecek kehadiran,menyampaikan tujuan pembelajaran ,memberikan motivasi,dan mengajak peserta didik ice breaking.
Nama: Tri Wahyuni
Nim: 857006342
Pokja: Sidomulyo
UPBJJ: BANDARA LAMPUNG
Menurut saya seorang guru yang ingin memulai pembelajaran seharusnya mengucapkan salam terlebih dahulu dan menanyakan kabar dan guru seharusnya dalam keadaan berdiri jangan duduk sehingga lebih fokus ke murid dan menanyakan keadaan siswa atau kabar walaupun dengan satu anak atau lebih dengan melihat video ini secara keseluruhan banyak sekali hal yang menarik dan menyenangkan
Nama: Tri Wahyuni
Nim: 857006342
Pokja: Sidomulyo
Upbjj: bandara Lampung
Menurut saya seorang guru yang ingin memulai pembelajaran seharusnya mengucapkan salam terlebih dahulu dan menanyakan kabar dan guru seharusnya dalam keadaan berdiri jangan duduk sehingga lebih fokus ke murid dan menanyakan keadaan siswa atau kabar walaupun dengan satu anak atau lebih dengan melihat video ini secara keseluruhan banyak sekali hal yang menarik dan menyenangkan
Nama : ERLINA WAT
NIM : 856497595
Pokjar : Pelalawan
UPBJJ: Pekanbaru
Setelah saya melihat video tentang materi ” Berat Benda” ketika memulai pelajaran guru tidak menyiap kan kelas terlebih dahulu, seperti membaca doa, memberi salam, guru langsung menjelaskan dan memberi contoh kepada murid.
Metode yg digunakan guru adalah tanya jawab, dan ketika guru bertnya anak serentak menjawab jadi guru kurang bisa memperhatikan mana anak yang mengerti dan mana yang tidak. Ketika menggunakan metode tanya jawab hindarin peserta menjawab secara serempak.
Nama : Sevia tiara astuti
Nim : 856972427
Pokjar : Ambarawa
Upbjj : Bandar Lampung
Menurut saya, kegiatan awal masih ada yang kurang lengkap. Tetapi kegiatan intinya sudah cukup baik. Karena guru mengajak siswa lebih aktif. Dan lebih fokus dengan apa yang dipelajarinya.