silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,746 Comments

  1. Nama: Rita Nurhudaya
    Nim: 858400901
    Berikut tanggapan saya pada video tersebut.

    Video tersebut menunjukkan permasalahan yang terjadi pada anak yaitu anak tidak dapat memegang pensil dengan benar. Solusi yang dilakukan oleh guru tersebut sudah tepat yaitu mengajak anak untuk melakukan beberapa kegiatan seperti:

    a. Memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon. Aktivitas ini membantu anak untuk melatih kekuatan tangan untuk dapat memegang pensil dengan benar.

    b. Memasang sekrup, membuka, dan menutup gembok kunci. Kegiatan ini membantu anak untuk melatih kekuatannya dalam memegang suatu objek atau benda.

    c. Membuka dan memasangkan kancing baju. Kegiatan ini dapat melatih kelenturan dan koordinasi jari tangan anak.

    Selain kegiatan diatas, berikut ini beberapa kegiatan yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan motorik anak agar anak dapat memegang pensil dengan benar:

    a. Kegiatan Merobek Kertas: Ajak anak untuk merobek kertas menjadi bentuk-bentuk tertentu. Ini melatih otot jari sebelum anak mulai menulis.

    b. Permainan Memindahkan Benda Kecil: Gunakan sendok untuk memindahkan biji-bijian atau bola kecil dari satu tempat ke tempat lain. Ini dapat melatih koordinasi tangan dan jari.

    c. Bermain dengan Playdough: Menguleni dan membentuk playdough membantu memperkuat otot jari dan meningkatkan keterampilan motorik halus.

    d. Latihan Menggenggam: Gunakan benda-benda kecil seperti bola tenis atau bola karet. Ajak anak menggenggam dan melepaskannya untuk melatih kekuatan otot jari.

  2. Assalamuallaikum..wr..wb..

    Nama : Fitriyani .
    Nim : 857777317
    Pada video pembelajaran terkait mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil yang benar , Ibu guru pada awal pembelajaran telah memberikan penjelasan cara belajar menebalkan garis , yaitu dengan cara menarik garis dari bawah naik keatas lalu turun ke bawah lagi begitu seterusnya .
    Untuk mengatasi anak yang kesulitan dalam menebalkan garis tersebut ibu guru memberikan penjelasan yang sangat bagus diantaranya adalah :
    1.Dengan meremas remas spons yang di beri air lalu di pindahkan ke tempat mangkuk yang lain di mana hal ini dapat melatih kelenturan jari jemari .
    2.Membuka dan memasang kancing baju hal ini dapat melatih koordinasi dan kelenturan otot jari jemari .
    3.Menutup dan membuka kunci gembok yang dapat melatih kekuatan otot jari jemari .

  3. Assalamualaikum Perkenalkan nama saya:
    Nama : Mazroatul akhiroh
    Nim : 857712115

    Setelah saya melihat video di atas mengenai permasalahan mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    Menurut saya Guru sudah memberikan edukasi dengan benar dan penuh kesabaran, memberikan stimulus seperti meremas air menggunakan spon.

    Guru juga bisa mencoba memilih pensil yang pendek. Sebab, pensil yang pendek terbilang lebih mudah untuk dipegang oleh tangan mungilnya. Hal ini dinilai efektif guna mendorong si Kecil menggunakan ibu jari dan telunjuknya untuk memegang pensil.
    Metode ini sepertinya sangat simpel untuk perkembangan anak usia dini.

  4. Assalamualaikum
    Nama saya suci Hesti
    Saya ingin menanggapi vidio di atas yang berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” dari vidio di atas dapat yang di lakukan guru terhadap anak yang belum bisa memegang pensil dgn baik sangat lah bagus, dan dapat memberikan saya pengetahuan baru, dengan cara memeras spon dan membuka gembok.
    Biasanya saya di kelas hanya dengan meremas kertas membentuk bola dan memainkan batu kerikil.
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum

  5. Nama: Hamida Sikhan NIM: 859430778 Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil. Pada vidio tersebut terlihat guru sedang mengajar anak-anak untuk menebalkan garis pada sebuah kertas, namaun ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik.Maka Ibu guru tersebut memberikan berbagai kegiatan kepada anak tersebut untuk merangsang motorik anak, diantaranya
    a. Memindahkan air dari mangkok satu ke yang lain menggunakan spons untuk melatih kelenturan jari-jari
    b. Membuka dan menutup gembok kunci agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terkordinasi dengan baik
    c. Membuka dan memasang kancing baju untuk melatih kelenturan dan terkordinasi otot jari tangan anak
    Dengan latihan ini merupakan cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk melatih motorik anak secara holistik. Dengan kata lain kegiatan ini dapat membantu anak agar bisa memegang pensil dengan benar

  6. Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh
    Nama : Yuliana putri harahap
    Nim 856091481

    Setelah saya menonton video mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil yaitu sudah bagus karena untuk stimulus nya sudah baik dan dilembaga saya biasanya anak yang baru masuk di awal tahun pelajaran kami itu akan membuat permainan untuk menstimulus anak yang belum bisa memegang pensil dengan cara meremas kertas menjepit kartu angka dan lainnya. Kejadian di video tersebut sudah saya alami di lembaga saya mengajar.

  7. Dalam video yang berjudul “ Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” adalah ilustrasi guru yang memberikan pembelajaran kepada anak didiknya menebalkan garis dengan mencontohkan dipapan tulis bagaimana langkah- langkah menebalkan garis, kemudian guru memberikan tugas kepada anak didiknya untuk menebalkan garis. Ketika anak sedang menebalkan garis guru memperhatikan salah satu anak didiknya tidak bisa menebalkan garis sehingga kertasnya menjadi sobek.

    Anak usia 3-6 tahun cenderung mengalami perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang cukup cepat,namun ada sebagian kecil anak yang mengalami perkembangan yang belum sempurna contohnya pada ilustrasi video ada anak yang kesulitan menebalkan garis. Oleh karena itu sebelum mengajarkan kegiatan menebalkan garis sebaiknya melatih dulu kemampuan motorik halus anak utuk melatih kelenturan dan kekuatan jari tangan..

    Dalam cuplikan video guru memberikan pembelajaran melatih kelenturan dan kekuatan jari tangan yaitu dengan memberikan kegiatan :
    1. Memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain dengan spons yaitu dengan cara diremas.
    2. Kegiatan memegang objek dengan gerakan membuka dan menutup mur/skrup
    3. Kegiatan membuka dan memasangkan kancing baju

    Refleksi/ umpan balik

    Menurut saya kegiatan yang diberikan oleh guru pada video tersebut bagus sekali untuk melatih kekuatan dan kelenturan jari atau melatih motorik halus anak supaya anak dapat memegang pensil dengan benar dan dapat menebalkan garis dengan benar. Selain tiga kegiatan pada video tersebut kegiatan melatih kelenturan dan kekuatan jari-jari tangan dapat dilakukan dengan berbagai cara supaya anak tidak bosan dan disesuaikan dengan karakteristik anak yang suka bermain. Kegiatan melatih motorik halus anak dapat dilakukan dengan memberikan kegiatan meronce, mencocok, bermain puzzle, bermain lego, bermain plastisin, melukis, mewarnai.

  8. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Yuliana putri harahap
    Nim : 856091481

    Setelah saya menonton video mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil yaitu sudah sangat baik karena ibu guru yang membuat stimulus anak dengan cara memindahkan air menggunakan spons, kemudian di lembaga saya cara lain untuk menstimulus anak yang tidak bisa memegang pensil yaitu meremas kertas dan menjepit kartu angka.

  9. Assalamualaikum wr wb
    Izin menjawab
    Devi Nova Sari
    857599264
    Menurut saya setelah menonton video yang berjudul mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar diatas, dalam video yang ditampilkan sudah cukup menfokuskan stimulasi dan pelatihan motorik halus yang mengarah ke pra menulis, namun dalam kegiatan lain guru bisa memberi sedikit peregangan otot agar anak bisa terbiasa memegang pensil dengan tidak kaku dengan cara seperti contoh membuka dan memasangkan kancing baju untuk melatih kontrol jari dan keterampilan manual.
    Terimakasih

Leave a Reply