silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Assalamualaikum Wr Wb
Nama : Lida Nurlidawati
Nim. : 859686348
Dalam vidio “mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”, pembelajaran dalam vidio tersebut sudah sangat bagus, karena ketika anak belum dapat memegang pensil dengan benar anak dilatih motorik halusnya untuk melatih kekuatan, kelenturan dan koordinasi tangan, dimana dalam vidio tersebut anak dilatih untuk memeras spon, mengancingkan baju, dan membuka tutup botol, yang dimana latihan dan pembelajaran tersebut dapat melatih kekuatan , kelenturan jari anak. namun pada vidio ini tidak ditampilkan tahapan memegang pensil yang benar.
selamat malam saya Mia mohon izin menanggapi video dengan judul “ Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pesil Dengan Benar “. Dalam vidio diatas apa yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan salah satu siswanya merupakan tindakan yang sangat tepat yaitu dengan menstimulasi perkembangan motorik halus peserta didik dan memfasilitasi kegiatan yang menyenangkan bagi siswanya, hal tersebut dapat membantu memperkuat otot-otot jari tangan anak dalam kesiapan anak memegang pensil.
Assalamu’alaikum saya farida izin menanggapi tentang kesulitan anak memegang pensil dengan benar, setelah melihat dan menyimak video di atas, saya sangat terbantu dan memperluas pemahaman saya tentang merangsang motorik halus yang bisa di lakukan di antaranya dengan kegiatan meremas, mengancing, memutar, membuka dan mengunci gembok.
Hanya menambahkan dari kegiatan stimulasi tersebut tentunya otot otot tangan menjadi tegang sehingga kita bisa memberikan atau mengarahkan anak untuk relaksasi memijat jari jari jari tanganya supaya otot otonya tidak tegang. Terima kasih
Ijin menanggapi video yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”. Dalam video di atas tindakan atau langkah yang diambil oleh guru dalam mengatasi permasalahan yang di alami oleh anak didiknya patut diberikan apresiasi. Menurut saya satu per satu metode yang digunakan oleh guru dalam mengatasi masalah anak belum bisa pegang pensil adalah tindakan yang tepat dan bisa dipraktekkan oleh pendidik lainnya apabila mengalami permasalahan yang serupa, dengan metode ini juga sekaligus memberikan saya refleksi terhadap apa yang kemungkinan akan saya alami dalam kegiatan belajar mengajar.
Nama : Dyah Ajeng Nityaswara
Nim : 857769065
Assalammualaikum, mohon izin untuk menanggapi video yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”.
Menurut saya cara yang dipakai ibu guru yang ada di video sudah benar. Namun alangkah baiknya sebelum meminta anak menebalkan garis, guru memberikan contoh cara memegang pensil yang benar. Misalnya cara meletakkan pensil di jari yang benar bagaimana. Kemudian kalau anak bisa memegang pensil dengan benar bisa lanjut ke kegiatan menebalkan garis.
Kemudian cara guru untuk menstimulasi agar jari anak lentur juga sudah baik, yaitu dengan kegiatan bermain sehingga membuat anak senang dan tidak bosan. Dengan kegiatan seperti diatas dapat juga mengembangkan motorik halus anak, dan dapat memperkuat otot-otot jari tangan.
Assalamualaikum, nama saya Munzidah, saya akan menanggapi video yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”. Pada video tersebut tindakan atau perlakuan guru sudah tepat. Guru melatih motorik halus anak dengan berbagai cara dari mulai memeras busa, membuka dan menutup kunci serta membuka dan memasukkan mur. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih otot-otot jari tangan agar lebih kuat dan menjadi lemas, tidak kaku dan pada akhirnya anak dapat memegang pensil dengan tepat dan benar.
Assalamu’alaikum
Nama : Yulinta Andila
Nim : 857612331
UPBJJUT Purwokerto
Saya akan menanggapi video yang berjudul ” Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar” dalam video tersebut Stimulasi yang di berikan guru sudah cukup membantu untuk melenturkan otot-otot jari anak pada awal kegiatan menulis. Memegang pensil merupakan salah satu langkah untuk menstimulasi aspek motorik halus anak. Ketika anak dapat mengkoordinasikan mata dan tangan dengan baik, anak akan mudah melakukan kegiatan-kegiatan lain yang dapat menambah perkembangan anak. Cara lain selain meremas spos, membuka tutup kunci, mengancing baju juga bisa dengan meremas dan merobek kertas, meremas playdough, menjepit dan memutar pensil. Dengan berbagai rangsangan tersebut akan menambah semangat anak dalam berlatih dan belajar.
Assalamualaikum. Wr. Wb
Nama : Siti MAS’UDAH
NIM : 877303158
Izin menanggapi…
Pada video tersebut terdapat permasalahan yaitu “Anak Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”
Tindakan atau strategi guru dalam mengatasi permasalahan tersebut sangat efektif dengan melakukan pendekatan dan memberikan latihan-latihan menulis awal dengan melakukan kegiatan. Seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, membuka dan mengancingkan kancing baju yang mana kegiatan tersebut akan membantu perkembangan koordinasi otot-otot tangan sehingga menjadi lebih kuat dan dapat mengembangkan motorik halus anak.
Pada video tersebut siswa menjadi pusat proses belajar dan guru memfasilitasi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuannya.
Strategi pembelajaran guru pada video merupakan pendekatan pembelajaran yang berupaya mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak secara optimal.
Assalamualaikum wr wb
Izin menjawab
Nama saya MARYATI ANWAR
858308535
Menurut pendapat saya setelah saya menonton video tersebut tadi yang berjudul mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar , maka didalam video tersebut sangat cukup menfokuskan pada stimulasi bagi anak dalam pelatihan motorik halus yang mengarah ke pra dalam menulis, namun dalam kegiatan ini seorang guru bisa memberi sedikit pengarahan atau sedikit memberikan cara bagaimana cara memegang pensil yang benar dengan cara menggunakan tangan kita dengan cara menumpukkan
Jari jari kita ketangan anak agar sang anak pun bisa memegang pensil nya dengan baik dan benar agar sang anak pun bisa nelakukan nya dengan cara memegang pensil dengan tidak kaku dengan cara seperti contoh memasangkan dan melepas sepatu dari kaki dengan cara melatihnya dengan menggunakan jari jemari nya agar sang anak pun dia bisa terampil secara manual dan seksama
Terimakasih 🙏
Nama : Kurniyah
Nim : 857512898
Berdasarkan video diatas dengan judul “mengatasi anak belum bisa memegang pensil dengan benar”.Berikan kegiatan yang dapat merangsangkan otot-otot jari tangan (fisik-motorik) secara bertahap.dan seiring berjalannya waktu akan semakin mudah untuk memegang pensil dengan benar.