silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Assalamualaikum…
Dalam video di tampilkan ada anak didik yang belum mampu memegang pensil dengan benar, hal ini di sampaikan pada guru. Sehingga pada lanjutan video guru memberikan beberapa tahap latihan motorik halus pada anak didik, diantaranya :
1. memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon
2. membuka dan menutup gembok kunci,
3. memasang dan melepakan mur dan baut
4. membuka dan memasangkan kancing baju.
Latihan latihan tersebut bertujuan agar anak mampu memegang objek dengan kuat dan terkordinasi dengan baik. Dalam video di perlihatkan guru mengajarkan tiap tahapan dengan langsung mempraktikkan setelah itu anak di minta untuk melakukannya. Bukan hanya dengan memerintahkannya saja pada anak. Menurut saya tindakan guru mempraktikkan langsung tahapan-tahapan untuk melatih motorik halus adalah tindakan yang tepat. karena dengan praktik langsung mka anak didik bisa mengamati dan mempraktikkan langsung apa yang sudah dia lihat.
Assalamualaikum , ijin menanggapi.nama saya Gusniarti indra nim 856450234.
Pada vidio diatas,terlihat usia anak sepertinya usia 5 tahun.dimana otot jari jari tangannya sudah cukup mampu untuk memegang pinsil.Dan pada saat memasang kancing serta memasang baut pada ulirnya juga terlihat mampu melakukannya dengan baik.serta pada saat meremas spon juga mempunyai energi yang cukup.Pada prinsipnya pendekatan yang dilakukan sangat baik , sehingga murid akan dapat memegang pinsil dengan baik.namun perlu diadakan beberapa kali agar otot otot jari tangan anak berfungsi baik pada saat menulis.dan anak dengan usia 4-5 tahun akan sangat membutuhkan metode tersebut. demikian , Salam
Assalamualaikum Wr.Wb.
Nama : Holine Septriani
Nim : 856310869
Dari uraian video diatas cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil bisa diterapkan disekolah dengan cara memindahkan air memenggunakan spons untuk melatih kelenturan jarijemari anak, melatih kesabaran dan melatih fokus anak.
Asaalamualaikum..saya rofiqotul umah izin menanggapi video di atas,dari video di atas guru benar benar tahu kebutuhan siswanya dan merespon dengan sangat baik apa yang di butuhkan oleh siswanya yang belum bisa memegang pensil dengan benar,guru benar benar menguasai strategi pembelajaran anak,bukan dengan langsung mengajarkan cara memegang pensil yang benar dan cara menebalkan garis..akan tetapi guru mengajarkan dengan memberikan stimulasi-stimulasi yang tepat kepada anak yang sesuai dengan usia dan pertumbuhan anak,
Selamat siang ibu Tutor dan teman- teman.
Izin menanggapi video tentang cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Menurut saya cara penanganan yang terlihat dalam video tersebut sdh benar, karena saat anak meremas spon serta membuka dan mengunci gembok, dapat melatih motorik halus anak.
Assalamu Alaikum.. Nama Saya Ingria Nida Maretha NIM 856863081.
Izin saya menanggapi video tentang Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar.
Dalam Video tersebut sudah bagus dimana tata kelas dan duduk anak karena mereka bisa langsung melihat kepapan tulis, cara guru menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti oleh anak, guru juga memberikan contoh dalam pengerjaan tugas,guru juga memberikan cara memegang pensil dan memberi bermacam stimulus kepada anak. Dengan apa yang sudah dilakukan oleh guru dalam permasalahan yang dihadapi oleh anak maka anak tidak mengalami kendala lagi dalam tugas yang diberikan.
Assalamualaikum wr wb
Nama: Dewi Yuli Astuti
Nim : 859178218
Izin menanggapi 🙏
“Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”
Dari Vidio tersebut, cara atau metode yang dilakukan oleh gurunya sudah tepat, dimana anak yang mengalami kesulitan memegang pensil tersebut dilatih kelenturan jari-jarinya sehingga mampu mengkoordinasi jari-jarinya hingga bisa memegang pensil dengan baik. Dari vidio tersebut jg gurunya dengan sabar dan telaten melatih anak didiknya.
Ada tambahan dari saya, jika saya menemukan hal yang sama, biasanya saya melatih anak didik saya menggerak-gerakkan jari-jari, meremas jari-jari hingga menjumput sebuah objek dengan menggunakan 3 jari-jari, yakni jari jempol, jari telunjuk dan jari tengah. Sehingga perlahan anak bisa memegang pensil dengan baik dan melakukan coretan-coretan bermakna.
Sekian dari saya🙏
Wassalam
Nama : GUSNIARTI INDRA
Nim : 856450234
Upbjj : PEKANBARU
Dari vidio dapat dijumpai anak yang belum matang otot jari tangannya untuk memang pinsil dan menggunakannya,sehingga guru harus tau menstimulannya sehingga,diharapkan anak nantinya mampu memegang pinsil dan menggunakannya dengan baik.
Stimulan yang diberikan seperti : memasang ulir,memasang dan membuka kancing baju serta yang mendasar meremas spon merupakan alternatif yang di berikan dalam ragam main yang belajar. Diluar ruangan bermain pasir mengengam juga dapat menguatkan otot tangan dan menggunakan ranting untuk menulis.
Banyak yang bisa dilakukan tergantung kreatifitas guru.
Sekian terimakasih wassalamualaikum wr wb
Nama : Dorce Datu Manglaem
Nim : 825666898
Upbjj : 50-Samarinda
Pokjar : Salut Kutai Barat Barong Tongkok
Kemampuan motorik halus, termasuk memegang pensil dengan benar, merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai anak dalam tahap perkembangan awal. Banyak anak mengalami kesulitan dalam memegang pensil dengan cara yang tepat, yang dapat memengaruhi kemampuan mereka dalam menulis dan menggambar.
Nama : Choiriyah Annisa
NIM : 857369285
dalam Mengatasi Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar memang kita harus kembali lagi untuk merangsang motorik anak yang belum pernah dilakukan sehingga dapat menghidupkan saraf motorik menjadi aktif. karena dengan aktifnya semua saraf motorik pada anak dapat memudahkan anak dalam perkembangan yang lainnya. baik dalam hal memegang pensil dengan tepat, menyelesaikan masalah nya sendiri dan sebagainya