silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,746 Comments

  1. Assalamualaikum wr dh
    Nama : Faidatul Nasifa
    NIM : 858956087
    Mohon ijin untuk menanggapi vidio di atas tentang bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil, dalam vidio tersebut guru sudah sangat baik dan kreatif sekali dalam mengatasi anak didiknya yang belum bisa memegang pensil. Kegiatan yang diberikan guru tersebut sangatlah menarik sehingga dapat membuat anak lebih cepat mengatasi masalah dalam memegang pensil seperti : memindahkan air dari 1 mangkok ke mangkok lainnya menggunakan spons, membuka dan menutup gembok, membuka dan memasang kancing baju. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik tetapi juga melibatkan aspek kognitif seperti koordinasi, konsentrasi, dan pemecahan masalah.

    Terimakasih..

  2. izin menanggapi video di atas tentang “bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil. Dari video tersebut mungkin yang terfokus hanya bagaimana cara menstimulasi atau latihan motorik halus pra menulis. Dalam video tersebut cara efektif untuk mengembangkan keterampilan motorik halus pra menulis dengan aktivitas memindahkan atau menggerakkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok serta membuka dan memasang kancing baju sangatlah efektip dan tepat. karna mampu membantu otot-otot kecil tangan dan jari anak yang pada akhirnya akan mempermudah anak dalam memegang pensil.

  3. Siti Jubaedah
    859508277

    Merefleksikan video ini menurut saya sangat baik, cara pengajar memberikan solusi dengan latihan mengembangkan motorik halus anak patut ditiru.
    Kalau boleh saya beri tambahan, dengan melakukan kegiatan mewarnai juga bisa membantu dalam perkembangan motorik halus anak-anak.
    Terima kasih

  4. Nama hamsinah sapariah
    Nim 858157243
    Ijinkan saya menanggapi video di atas..

    Menurut pendapat saya, metode yang digunakan ibu guru dalam video ini sangat lah baik dan benar, dimana ibu guru menggunakan Cara dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Dengan melatih motorik halus anak memudah kan anak untuk memperkuat otot-otot jari anak untuk memegang pensil

  5. Strategi untuk mengatasi anak yang tidak bisa memegang pensil dengan benar dalam video itu sudah tepat karena melibatkan aktivitas motorik halus untuk mempersiapkan anak memegang pensil dengan benar.

  6. Bismilahirrahmanirrahimm,
    saya Fitra yanti, NIM 856310353 izin menanggapi video dengan judul ” mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar ”
    – memegang pensil yang benar yang terpentingdilatih terlebih dahulu adalah motorik halus anak
    – tata cara penanganan pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar pada video tersebut sangatlah tepat dan jelas untuk dipahami
    – melakukan kegiatan anak yang berkaitan dengan motorik halus, pelaksanaannya harus secara bertahap dan berurutan, diawali dengan latihan motorik halus
    seperti yang terlihat ditanyangan video dan dilanjutkan dengan latihan kegiatan yang dimaksudkan seperti memegang pensil dan menulis, memegang sendok
    dan menyuap makanan

    sekian, dan terimakasih

  7. Dari video yg saya amati diatas yang berjudul “Mengatasi Anak Belum Bisa Memegang Pensil”
    •• Video tersebut menunjukkan pendekatan yang sangat baik dalam melatih motorik halus anak. Mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar memerlukan pendekatan bertahap, dan kegiatan seperti yang ditunjukkan dalam video adalah cara efektif untuk mengembangkan keterampilan motorik halus. Aktivitas seperti menggerakkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, serta membuka dan memasang kancing baju membantu memperkuat otot-otot kecil di tangan dan jari anak, yang pada akhirnya akan memudahkan mereka dalam memegang pensil dengan lebih baik.
    •• Pendekatan ini juga sangat menyenangkan dan melibatkan pengalaman langsung, yang bisa membuat anak lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik, tetapi juga melibatkan aspek kognitif seperti koordinasi, konsentrasi, dan pemecahan masalah. Metode seperti ini sangat ideal untuk perkembangan anak, terutama di usia dini.

  8. Nama : MUTIARA ADELIA
    Nim : 856628631

    Dari video yg saya amati diatas yang berjudul “Mengatasi Anak Belum Bisa Memegang Pensil”
    •• Video tersebut menunjukkan pendekatan yang sangat baik dalam melatih motorik halus anak. Mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar memerlukan pendekatan bertahap, dan kegiatan seperti yang ditunjukkan dalam video adalah cara efektif untuk mengembangkan keterampilan motorik halus. Aktivitas seperti menggerakkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, serta membuka dan memasang kancing baju membantu memperkuat otot-otot kecil di tangan dan jari anak, yang pada akhirnya akan memudahkan mereka dalam memegang pensil dengan lebih baik.
    •• Pendekatan ini juga sangat menyenangkan dan melibatkan pengalaman langsung, yang bisa membuat anak lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik, tetapi juga melibatkan aspek kognitif seperti koordinasi, konsentrasi, dan pemecahan masalah. Metode seperti ini sangat ideal untuk perkembangan anak, terutama di usia dini.

  9. Bismillaahh
    Assalaamu’alaikum warohmatulloohhi wabraokaatuhh

    Idzin menjawab diskusi

    Nama saya Tresna Ayu Lestari dari Banjarmasin, mohon idzin menanggapi video diatas yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”. Saya sangat setuju dengan kegiatan Guru dalam menstimulasi atau merangsang motorik halus anak, dalam video tersebut ada beberapa kegiatan bermain sambil belajar yang sangat menarik,kreatif dan disukai anak, menurut saya ini penanganan yang tepat karena kegiatan tersebut dapat
    membantu memperkuat otot-otot jari jemarinya, Guru memberikan rangsangan kegiatan dengan kesabaran dan ketelatenan saat mendampingi salah satu anak didik yang belum bisa memegang pensil dengan benar, karena Guru memahami kemampuan setiap anak didiknya.

    Demikian yang bisa didiskusikan, Terimakasih

  10. Bismillah,

    Nama : Sri Wahyu Wulandari
    NIM : 859515265

    Tanggapan saya dalam video ” Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar ” adalah
    Dalam video tersebut terlihat ibu guru memberikan materi pelajaran menebalkan titik atau garis putus-putus yang menghubungkan gambar. Beberapa anak terlihat mampu mengerjakan dan memegang pensil dengan benar dan dapat menarik garis putus tersebut ke gambar yang sesuai. Namun ada satu anak yang mengatakan kepada gurunya bahwa ia tidak bisa mengerjakan hal tersebut sehingga membuat kertas menjadi robek.
    Kejadian demikian banyak terjadi di beberapa sekolah. Hal ini disebabkan karena kemampuan atau perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang berbeda pada setiap anak di usia 3-6 tahun, ada yang cepat dan ada yang lambat.
    Solusi yang dapat diberikan oleh guru adalah memberikan latihan atau kegiatan-kegiatan sbb :
    – melatih kelenturan jari anak pada objek tertentu seperti pensil, atau memindahkan air dengan menggunakan spon air
    – melatih anka membuka dan menutup pada suatu objek seperti kunci gembok, atau latihan mengencangkan sekerup
    – melatih kelenturan jari tangan anak dengan latihan membuka dan memasang kancing baju

    Demikian, terima kasih

Leave a Reply