silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,910 Comments

  1. Assalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh
    Pada kegiatan ini strategi guru bervariasi dan sangat mudah diaplikasikannya tidak hanya di praktekan di sekolah tetapi anak juga bisa praktekan sendiri di rumah.
    namun mungkin seharusnya yang diajarkan tidak terfokus pada salah satu anak saja.
    peserta didik lainnya perlu diikut sertakan guna menambah ilmu dan pengalamannya di sekolah.
    Terima kasih bunda sudah mengedukasi kami dengan cara mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar ini tentunya sangat berguna dan bermanfaat untuk kami lakukan kepada anak didik.

    Sartika_857263519

  2. Nama: Sarmini
    NIM: 855797882
    POKJAR: Labuhan Maringgai
    UPBJJ: Bandar Lampung

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Menurut saya strategi dan solusi yang diberikan oleh guru pada video yang berjudul” cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” sudah sangat bagus dan menginspirasi dan guru tersebut melakukannya dengan memberi contoh langsung dan dengan penjelasan yang sangat jelas dan singkat pada anak.
    Beberapa latihannya yaitu:
    – dengan memindahkan air dari mangkuk yang satu ke mangkok yang lain dengan menggunakan spons dengan cara meremas atau memeras spon saat memindahkan Air . ini dapat melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu seperti pensil.
    – latihan membuka atau menutup kunci gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan sekrup dengan cara membuka dan mengencangkan mur dengan cara memutar mur ke kanan dan ke kiri ,tujuannya agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terorganisir.
    – dengan memberikan latihan membuka dan memasang berbagai macam jenis kancing baju tujuannya untuk melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan.
    Jadi bisa kita lihat dari video tersebut kita bisa menggunakan strategi tersebut untuk mengatasi agar anak dapat memegang pensil dengan benar ataupun kita bisa menggunakan cara yang lain seperti:
    Bermain play-doh atau yang lainnya dengan tujuan yang sama yaitu melati motorik halus pada jari jari tangan anak.
    Makasih ,wassalamualaikum wr.wb

  3. Nama: Dian Erawati
    Nim : 857767781
    UPBJJ: Semarang
    Pokjar : Kebonagung

    Dalam program video tersebut, terlihat bahwa guru menggunakan pendekatan yang tepat untuk membantu anak mengatasi kesulitan dalam memegang pensil dengan benar. Fokus pada pengembangan motorik halus sangat penting, terutama bagi anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan keterampilan ini.

    Analisis Metode yang Digunakan:

    1.Pendekatan Bertahap:
    Melatih motorik halus secara bertahap memungkinkan anak untuk membangun kepercayaan diri. Setiap aktivitas dirancang untuk meningkatkan kemampuan secara perlahan, sehingga anak tidak merasa terbebani.

    2 Aktivitas Praktis:
    Aktivitas seperti memindahkan air dengan spon, membuka dan menutup gembok, serta memasang kancing baju memberikan pengalaman langsung. Ini membantu anak memahami konsep kontrol tangan dan kekuatan otot, yang sangat penting dalam keterampilan menulis.

    3.Keterlibatan Sensorik:
    Aktivitas ini juga melibatkan berbagai indra, memberikan stimulasi sensorik yang dapat meningkatkan keterampilan koordinasi mata-tangan. Misalnya, memindahkan air membutuhkan perhatian dan ketelitian, yang sangat relevan untuk keterampilan menulis.

    Kreativitas dan Permainan:
    Menggunakan aktivitas sehari-hari dalam bentuk permainan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Ini dapat meningkatkan motivasi anak dan menjadikan pembelajaran lebih menarik.

    4.Observasi dan Umpan Balik:
    Guru dapat mengamati perkembangan setiap anak selama aktivitas ini. Memberikan umpan balik positif dapat memotivasi anak untuk terus mencoba dan berlatih.

    Kesimpulan:
    Metode yang diterapkan oleh guru dalam video ini sangat efektif dalam mengatasi masalah motorik halus anak. Dengan cara yang menyenangkan dan terstruktur, anak dapat belajar secara optimal dan siap untuk memegang pensil dengan lebih baik. Pendekatan ini dapat dijadikan model bagi pendidik lain dalam membantu anak-anak yang mengalami kesulitan serupa.

  4. Nama: Eka malina Nim : 856621796
    Setelah melihat video pembelajaran di atas menurut pendapat saya yang dilakukan guru sudah sangat baik dalam mengatasi anak yang kesulitan memegang pensil, guru melakukan stimulus dengan merangsang perkembangan motorik halus anak melalui cara bermain diantaranya:-memindahkan air dengan spons dari wadah satu ke wadah lainnya -membuka dan menutup kunci gembok -membuka dan memasang kancing baju guru dengan sabar dan kreatif dalam membimbing anak. Di sekolah saya juga pernah mengalami hal yang sama pada saat menulis pada salah satu anak yang posisinya masih mengambang dan belum bisa memegang pensil dengan baik, saya memberikan stimulus dengan cara meremas kertas dan bermain plastisin atau play-doh.

  5. Nama : Lilis Komalasar
    Nim : 857512074
    UPBJJ Bandung

    Ijin menanggapi video yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”. Dari video tersebut terlihat bahwa setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda oleh sebab itu sebagai Guru Paud harus memiliki kreativitas yang memadai dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Penyebab umum dari anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik adalah otot jari yang lemah, koordinasi yang kurang, otot bahu yang lemah. dari video tersebut memberi contoh beberapa tehnik dalam melatih otot halus anak diantaranya memindahkan air dari mangkok satu kemangkok yang lain menguunakan spon, membuka tutup gembok, dan memasang kancing menurut saya itu sangat bagus. dan saya menambahkan yaitu dengan meremas kertas sampai membetuk bola kertas itu juga dapat membantu melatih otorik halus anak. video ini sangat menginspirasi saya dalam menghadapai anak didik dengan perkembangan yang berbeda di Paud.
    terimakasih.

  6. Nama: Maychintia ainun solekha
    Nim: 858453876
    UPBJJ Samarinda

    Ijin memberi komentar
    Dati video yang saya liat “mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”
    Didalam video tersebut guru sudah memberikan bimbingan dengan baik dengan memberikan penjelasan/contoh sebelum kegiatan dilakukan sehingga membuat anak-anak mudah dalam memahami kegiatan, dan kegiatan yang dilakukan seperti memeras air dengan spons, membuka dan menutup gembok, memasang dan membuka kancing baju, sangat bagus dalam melatih otot-otot jari anak sehingga lebih kuat, dan dalam video tersebut anak tersebut dalam memegang pensil masih belum pas, menurut saya dalam menulis hal yang perlu diperhatikan juga salah satunya adalah memegang pensil yang benar
    Sekian dan terimakasih

  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu…
    Setelah saya menonton vidio ini yang berjudul Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar,saya sangat setuju dengan sikap dan tindakan dari Ibu guru yang mengajar kan anak dengan Sabar melatih motorik halusnya anak- anak dan melatih konsentrasi anak untuk bisa memegang pensil dengan benar.

  8. Paskah derlina panggabean
    NIM 856488779
    UPBJJ PEKANBARU

    izin menanggapi vidio yang diatas.
    Iya benar Perilaku guru dalam video tersebut tepat. Guru melatih motorik anak dengan berbagai cara, seperti memeras busa, membuka dan menutup gembok kunci, mengancing pakaian . Tujuan dari semua latihan ini adalah untuk membangun kelenturan otot-otot jari tangan anak yang lebih kuat dan tidak kaku, sehingga anak-anak bisa memegang pensil dengan baik.
    dari vidio ini teman teman guru yang lain juga akan terinspirasi untuk lebih kreatif dalam menciptakan berbagai strategi untuk menangani berbagai kesulitan anak dalam proses belajarnya.
    terimakasih

  9. Nama: Tarbiatul mukarromah
    Nim : 858308979

    Saya akan mencoba menganalisa video tentang guru yang mengajarkan anak memegang pensil. Dikarenakan anak-anak tersebut masih belum dapat memegang pensil dengan benar. Guru mencoba melatih anak-anak dimulai dari memeras spons, kemudian membuka dan menutup gembok/kunci serta memasang dan melepas baut dari murnya.cara yang dilakukan guru sudah tepat untuk melatih dan menguatkan otot-otot jari jemari dan tangan anak. Diharapkan agar nantinya tangan dan jari jemari anak sudah lemas dan terbiasa serta lentur agar mudah dan benar dalam memegang pensil.

  10. Nama : Nur Hidayah
    NIM : 859168256

    Mohon izin menanggapi kedua video pembelajaran di atas, dari kedua video tersebut menurut pendapat saya langkah-langkah yang di lakukan guru sudah tepat dan menginspirasi saya yang masih belajar ini.

    * Video 1 : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar

    langkah-langkah yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan “anak belum bisa memegang pensil dengan benar” sudah benar yaitu dengan melatih kemampuan motorik halusnya. salah satunya dengan cara meremas spon, membuka kunci gembok, memutar scrupe dan membuka dan tutup kancing baju. Dengan begitu otot-otot jari anak bisa menjadi lebih lemas dan fleksibel saat memegang pensil. Untuk semakin mempermudah anak memegang pensil, mungkin kita juga bisa memberikan anak alat bantu pegang pensil, mulai dari alat bantu tulis type 5 (semua jari masuk ke dalam alat bantu), kemudian naik tingkat menjadi type 3 (3 jari masuk ke dalam alat bantu) , dan seterusnya. sampai anak-anak tidak perlu lagi menggunakan alat bantu. karna alat bantu akan secara otmatis menempatkan jari-jari anak di posisi yang benar saat memegang pensil.

Leave a Reply