silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,897 Comments

  1. Shalom

    Izin kan saya memperkenalkan diri saya

    Nama : Dinar Mariana B Napitupulu
    NIM : 878249593
    Prodi : PGSD – UT Medan

    Izin menanggapi Vidio diatas.

    Pada video pembelajaran yang berjudul “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” diperlihatkan beberapa solusi alternatif yang dapat menjadi jawaban bagi setiap guru ketika berhadapan dengan siswa yang memiliki masalah dengan motorik halusnya. Salah satu kendala yang sering dihadapi siswa yaitu bagaimana memegang pensil dengan benar.

    Saran saya untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sebaiknya diawali dengan pengenalan alat tulis seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya. Dan bagaimana bentuk jari saat memegang pensil yang benar.

    Pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

    Berikut beberapa kegiatan alternatif yang dapat memberikan latihan awal sebagai persiapan menulis berdasarkan video yang ditampilkan:
    1. Melalui kegiatan memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang lain dengan media sponge, dengan kegiatan ini maka kelenturan jari akan terlatih
    2. Latihan membuka dan menutup kunci gembok agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terkoordinasi
    3. Membuka dan memasangkan beragam kancing baju agar kelenturan otot dan jari tangan berkembang

    Demikian tanggapan saya pada vidio pembelajaran diatas. Shalom

  2. Nama : Ana setyorini k
    Nim : 857764439
    Pada video pembelajaran yang berjudul “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” memperlihatkan beberapa solusi alternatif yang dapat menjadi jawaban bagi setiap guru ketika berhadapan dengan siswa yang memiliki masalah dengan motorik halusnya.
    Dengan adanya stimulasi yang dilakukan anak terus menerus bisa melatih koordinasi tangan dan otak anak, stimulasi yang diberikan bu guru dalam video dengan berbagai permainan sehingga anak senang dalam pembelajaran.

  3. Nama : Sri Purwanti
    NIM : *57846364

    Izin menanggapi video pembelajaran “Mengatasi Anak Yang Belum BIsa Memegang Pensil Dengan Benar”

    Video yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”. Dari video tersebut menurut saya terlihat bahwa setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda, oleh sebab itu sebagai Guru anak usia dini harus memiliki kreativitas yang memadai dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Penyebab umum dari anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik adalah otot jari yang lemah, koordinasi yang kurang, otot bahu yang lemah. Dalam video tersebut memberi contoh beberapa teknik dalam melatih otot halus anak diantaranya memindahkan air dari mangkok satu kemangkok yang lain menguunakan spon, membuka tutup gembok, dan memasang kancing menurut saya itu sangat bagus. dan saya menambahkan yaitu dengan meremas kertas sampai membetuk bola kertas itu juga dapat membantu melatih otorik halus anak.
    Refleksi dari metode pada video ini adalah bahwa pembelajaran motorik halus harus dilakukan secara bertahap dan konsisten. Guru tidak hanya mengajarkan anak untuk memegang pensil, tetapi lebih penting lagi, membimbing mereka melalui proses eksplorasi yang dapat membangun kepercayaan diri dan keterampilan dasar. Pendekatan yang sabar dan penuh pemahaman seperti ini membantu menciptakan suasana belajar yang mendukung perkembangan anak secara menyeluruh, baik secara fisik, mental, maupun emosional.

  4. Nama : Nur Kolifah
    NIM : 877304515
    Izin menanggapi pada video pembelajaran “Mengatasi Anak Yang Belum BIsa Memegang Pensil Dengan Benar”
    Dari video pembelajaran ” Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memasang Pensil Dengan Benar” Terlihat tidak semua anak bisa melakukan kegiatan yang diberikan oleh guru tersebut, hal ini dikarenakan tidak semua anak dalam perkembangan motorik halusnya berbeda-beda pada setiap anak. Contohnya ada anak yang tidak dapat melakukan kegiatan menemani garis dengan baik bahkan kertas tersebut sobek hal ini dikarenakan anak tidak bisa memegang pensil dengan benar.
    Adapun Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar harus melibatkan pendekatan bertahap untuk melatih motorik halus. Terlihat seperti contoh dalam video tersebut dengan cara aktivitas seperti memindahkan air dengan spons, membuka gembok, dan memasang kancing dapat membantu memperkuat hal ini bertujuan untuk melatih otot-otot tangan dan jari anak. Selain itu, penting untuk mengenalkan cara memegang pensil yang benar sejak dini, misalnya dengan teknik genggaman tripod dinamis. Serta kegiatan yang menyenangkan dan interaktif juga dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar. Sehingga anak dapat melakukan kegiatan menemani garis dengan benar dan baik dikarenakan cara memegang pensil yang benar.

  5. Nama: Hurrimawati
    Nim : 85917218
    Izin menanggapi video pembelajaran “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”
    Cara yang di gunakan di vidio tersebut menurut saya sangat bagus dan bisa menjadi referensi saya kedepan nya dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar adapun tambahan dari saya ,yang sering saya gunakan di sekolah dalam mengatasi hal tersebut dengan anak meremas remas kertas,mencoret coret kertas,dan membuat garis vertikal ,horizontal,dengan pendekatan guru kepada anak dengan penuh kesabaran
    Sekian komentar dari saya terimakasih

  6. Nama : Inayatul Maulah
    Nim : 858755392
    izin menanggapi Video diatas, yaitu membahas tentang cara mengatasi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memegang pensil. Sedangkan disini kita sebagai pendidik bisa melakukan latihan awal dengan cara melatih kelenturan tangan dengan meremas kertas, merobek, memindahkan air dengan spons, dengan cara memindahkan ke mangkok satu dan kemangkok lain, melatih anak untuk memegang objek dengan cara membuka dan memasangkan skup kedalam mur atau dengan cara membuka sebuah gembok, dan melepasnya. Melatih kelenturan dengan cara melatih kelenturan tangan dengan cara melatih mengancingkan baju, dan tambahan bisa juga dengan cara menjimpit suatu benda dengan jari-jari anak. semua kegitan itu dapat dilakukan dan di stimulasi terus menerus di rumah maupun disekolah.

  7. Nama: Ni Made Hendrayani
    Nim : 819019487
    UPBJJ : 77 Denpasar

    Izin mengalisis pembelajaran pengembangan fisik motorik pada PAUD dalam video “Mengatasi Anak yang belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” Dalam video program tersebut, terlihat bahwa guru menggunakan pendekatan yang tepat untuk membantu anak mengatasi kesulitan dalam memegang pensil dengan benar. Karena dalam guru memberikan beberapa cara agar anak mampu memegang pensil dengan benar yaitu dengan melatih kelenturan otot-otot jari-jari tangan. Latihan yang dipakai juga sangat menarik dan menyenangkan bagi anak, karena anak tidak langsung dipaksa untuk memegang pensil. Fokus pada pengembangan motorik halus sangat penting, terutama bagi anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan keterampilan ini.

  8. Nama: DESI YANTI
    Nim : 856581639

    Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”.

    Dari video tersebut menurut saya terlihat bahwa setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda beda, saya juga sangat setuju dengan pembelajaran yang diberikan guru pada video yang telah di tampilkan, oleh sebab itu sebagai Guru anak usia dini kita harus memiliki kreativitas yang memadai dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Kita juga harus ekstra sabar dalam menghadapi anak yang susah memegang pensil dengan benar karna Penyebab umum dari anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik adalah ketidak seringnya melatih otot tangan anak, koordinasi yang kurang, dan lemah pengetahuan orang tua untuk mengajarkan anak memgang pensil sejak dini. Dan yang sering saya gunakan di sekolah dalam mengatasi hal tersebut dengan anak meremas remas kertas, mencoret kertas, dan menggunting kertas membuat garis lingkaran dan garis lurus, dengan pendekatan guru kepada anak agar anak mudah mengerti.

  9. Nama : Wulan Fuji nurmiyasari
    NIM. : 857764897
    Dalam.video yg berjudul ” Mengatasi anak yg belum bisa memegang pensil dengan benar” strategi yg digunakan antara lain memindahkan air dengan spon,membuka kunci dari gembok serta melepas dan memasang kembali kancing pada baju, merupakan strategi yg sesuai dengan permasalahan yg dihadapi oleh anak,hal ini menambah wawasan serta ilmu yg nantinya dapat saya terapkan di lembaga tempat saya mengajar.terima kasih

  10. Nama : Kristina Soares Amaral
    NIM : 859268237

    Ijikan saya untuk mengomentari video pembelajaran ini:
    Kelebihan dari video ini :
    1. Penataan kelas dan cara duduk siswa sudah bagus, karena semua anak dapat melihat langsung ke depan.
    2. Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan bahasa yang sederhana sehingga anak-anak mengerti dengan tugas yang harus dikerjakannya.
    3. Guru memberikan contoh cara menebalkan gambar dengan jelas.
    4. Guru membantu anak untuk memegang pensil dengan baik dan benar.

    Guru memberi berbagai macam stimulus kepada anak yang kesulitan memegang pensil dengan berbagai cara seperti :
    1. memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon.
    2. membuka dan menutup gembok kunci.
    3. membuka serta memasangkan kancing baju.

    Kekurangan :
    1. Media yang digunakan untuk memberikan contoh cara menebalkan garis terlalu kecil sehingga tidak semua anak dapat melihat dengan jelas.
    2. Guru juga tidak memberikan contoh cara memegang pensil yang benar.

    Saran:
    1. Guru harus menjelaskan tujuan pembelajaran. bena
    2. Mengajak anak-anak untuk meremas kertas terlebih dahulu agar anak bisa memegang pensil dengan benar.

    Terimakasih.

Leave a Reply