silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,895 Comments

  1. Izin menanggapi vidio ” mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil” .
    Pada vidio tersebut terlihat pada kegiatan menulis guru memberi contoh cara menebalkan garis melengkung. Namun, dari beberapa anak ada anak yang belum bisa menulis dan guru menggunakan beberapa metode untuk melatih motorik halus anak yaitu :
    1. Memindahkan air menggunakan spon dari wadah satu ke wadah lain.
    2.membuka gembok dengan menggunakan kunci
    3. Memasang kancing dari ukran besar sampai yang kecil.
    Metode yang digunakan tersebut sangat bagus jika digunakan untuk melatih perkembangan fisik motorik anak ,hal ini akan saya terapkan juga di lembaga saya mengajar. Saya akan juga menambahkan dengan kegiatan bermain plastisin .
    Untuk melatih fisik motorik halus anak juga bisa dengan

  2. Nama : Anik sri utami
    NIM : 859516084

    Assalamu’alaikum
    Mohon izin untuk menanggapi video pembelajaran tentang anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    Dalam video tersebut menurut pendapat saya sudah bagus namun terkadang kemampuan anak berbeda – beda ada yang satu kali di ajar nya langsung bisa dan ada juga harus berulang kali baru bisa memegang pensil dengan benar.
    menurut pendapat saya apa bila ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan sempurna sebaik nya kita ajaran cara meremas – remas kertas , menyobek kertas , bermain plastisin ,agar supaya tangan anak tidak kaku selanjutnya nya anak kita ajarkan nama ibu jari , jari telunjuk , jari tengah dan jari kelingking setelah itu tangan anak kita pegang in terlebih dahulu agar dapat memegang pensil dengan benar kita ajar kan anak ber ulang – ulang agar dapat memegang pensil nya dengan benar .

  3. Nama : Siti Pazriyah
    Nim : 858458789
    izin menanggapi video yang berjudul : mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    Mengatasi anak yang tidak bisa memegang pensil dengan benar bisa dilakukan dengan beberapa cara:

    1. Peragaan : Tunjukkan cara memegang pensil yang benar. Gunakan pensil yang lebih pendek agar lebih mudah dipegang.

    2. Latihan Motorik Halus: Ajak anak melakukan kegiatan yang melatih keterampilan motorik halus, seperti meronce, menggambar, atau bermain dengan tanah liat.

    3. Konsistensi: Latih anak secara rutin dan konsisten, beri pujian saat mereka mencoba.

    4. Sabar dan Dukungan: Bersikap sabar dan memberikan dukungan positif untuk membangun kepercayaan diri mereka.

  4. Nama : karolina soka
    Nim. : 859266075

    Judul video
    Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    Dari video tersebut cara menstimulasi motorik halus anak agar bisa memegang pensil dengan benar sangat tepat seperti melakukan kegiatan dengan memindahkan air, menggunakan spon,mengancing baju,memasukan scrup,membuka kunci gembok,namun masih banyak lain untuk dapat menstimulasi motorik halus agar bisa memegang pensil dengan baik dan benar seperti meronce,menganyam,bermain plastisin merobek kertas dan sebagainya.
    Saran saya sebaiknya sebelum giri melakukan kegiatan menebalkan huruf berlebih dahulu,guru juga menjelaskan cara memegang pensil yang baik dan benar.
    Terima kasih

  5. Assalamu’alaikum
    Izin menjawab
    Nama : Lisa Rosaliana
    Nim : 857513424
    Ada beberapa cara untuk melatih anak supaya bisa memegang pensil dengan benar yaitu dengan cara meremas spons yang berisi air, mengancing baju serta membuka dan menutup gembok. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang harus diterapkan pada anak usia dini untuk membantu perkembangannya.

  6. SYALOM,,
    NAMA : SIMFOROSA BOJAN
    NIM : 855707386

    Dari video diatas menjelaskan “mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil yang benar”
    setiap anak pasti mempunyai perkembangan yang berbeda, divideo ini memaparkan anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik, cara mengatasi anak yang mempunyai masalah seperti itu, bagaimana cara guru dalam mengatasi hal seperti itu. pengalaman itu sering terjadi pada anak didik saya, walaupun sudah berusia 5 tahun, namun belum bisa untuk memegang pensil dengan baik, dengan video ini menjadiak inspirasi bagi saya untuk meneruskan pembelajaran ini ke anak didik saya.
    terima kasih.

  7. nama : Dita Rizki Fibriana
    NIM : 877966477

    mohon Izin menanggapi video pembelajaran “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”
    dari video diatas dapat disimpulkan bahwa setiap anak memiliki kemampuan diri yang berbeda – beda dari sini sebagai seorang guru khusus nya guru paud kita di tuntut agar lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran, agar anak lebih dapat berkembang sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan diri mereka. dari video ini saya bisa menerapkan contoh – contoh stimulasi yang dapat di berikan pada anak untuk meningkatkan kemampuan motorik halus mereka. terima kasih.

  8. Dari vidio di atas mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    Dapat di simpulkan bahwa setiap anak mempunyai kemampuan masing-masing. Anak mempunyai kelebihan dan kekurangan, tugas guru adalah untuk membimbing dan mengarahkan anak agar anak bisa percaya diri dengan kemampuan yang di miliki.
    Dalam vidio tersebut guru memberi pengarahan dan pembimbingan khusus pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik.
    Guru mengajari anak untuk memegang spons memindahkan air pada wadah dengan mencelupkan spons ke dalam wadah kemudian di peras di wadah di samping nya.
    Dan juga belajar mengancingkan baju serta memutar skup kayu.
    Hal ini di lakukan agar menstimulasi tumbuh kembang anak, melatih motorik halus, konsentrasi anak dan percaya diri anak.

  9. Nama : Erawati
    Nim : 855894986

    Assalamualaikum…
    izin saya menjawab tanggapannya tentang vidio ini.
    Pada video ini diperlihatkan cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap:
    1. Dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya dengan menggunakan spon.
    2. Membuka dan menutup gembok kunci,
    3. Membuka dan memasangkan kancing baju.

    Demikian yang dapat saya kemukaan dari hasil vidio tadi diatas.

  10. Nama: Erawati
    NIM: 855894986

    Menurut pendapat saya pada video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah :
    1. Dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon.
    2. Membuka dan menutup gembok kunci.
    3. Membuka dan memasangkan kancing baju.
    Demikianlah yang dapat saya kemukakan mengenai dengan vidio tadi.

Leave a Reply