silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
NAMA : IYUS LISNAWATI
NIM : 857514118
Mohon ijin menanggapi video diatas , saya berpendapat bahwa penanganan anak yang belum bisa memgang pensil dengan benar dengan cara melatih motorik halus nya dari jari jari tangannya seperti meremas spon, mengancingkan baju dan membuka dan menutup gembok itu baik sekali dilakukan oleh seorang guru untuk melenturkan otot jari tangannya ….adapun yang pernah saya lakukan di lembaga tempat saya mengajar adalah dengan cara merobek dan meremas kertas hingga membentuk seperti bola . Saya tertarik dengan kegiatan membuka dan mengunci gembok , insya Allah akan saya praktekan kepada anak didik saya .
Alhamdulillah demikian tanggapan diskusi pada forum ini
Wassalamualaikum
Nama Mahasiswa : Ilmi Tri Hadisttia
NIM : 859513358
Dari video seri pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik PAUD dengan judul Anak Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar. Saat melakukan kegiatan bermain dan belajar, pasti akan ada anak yang terlihat kesulitan dan masih membutuhkan stimulasi dalam berbagai aspek perkembangannya. Dalam video tersebut, terlihat seorang guru yang sedang mengajarkan pra menulis kepada anak-anak melalui kegiatan menebalkan garis lengkung, lurus dan lain-lain. Ternyata, saat proses kegiatan berlangsung ada anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar, sehingga perlu diberikan latihan-latihan khusus untuk melatih kelenturan otot-otot jarinya. Dalam video tersebut, anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar diberikan stimulasi atau latihan khusus seperti bermain memindahkan air dari mangkuk satu ke mangkuk lainnya dengan menggunakan spon, lalu latihan membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan skrup, anak tersebut juga diberikan latihan membuka dan memasangkan beragam kancing baju agar semakin kuat dan melatih kelenturan otot-otot jarinya.
Nama : Siti Rochmah
NIM : 858864089
Assalamualaikum.
Mohon izin menanggapi Video yang berjudul : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar. Dengan seri pembelajaran : Fisik Motorik PAUD
Dari video diatas dapat menambah pengetahuan saya mengenai cara menangani anak-anak yang mungkin masih belum siap untuk menulis dengan pensil. Sebelum anak pada tahap menulis dengan pensil, sebaiknya anak-anak dilatih dengan berbagai kegiatan, yang dapat melatih fisik motorik anak di usia PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), misalnya dengan:
1. Membuka Tutup Kancing
Tujuan:
• Mengembangkan keterampilan motorik halus.
• Meningkatkan koordinasi tangan dan mata.
Manfaat: Kegiatan ini melatih kekuatan jari dan ketangkasan, yang sangat penting untuk menggenggam pensil dengan baik saat menulis.
2. Membuka Menutup Gembok
Tujuan:
• Mengasah keterampilan motorik halus dan kognitif.
• Mengajarkan konsep kunci dan kunci gembok.
Manfaat: Kegiatan ini mengajarkan anak tentang kontrol tangan dan juga meningkatkan kesabaran serta ketekunan. Kegiatan ini bisa menjadi permainan yang menyenangkan.
3. Memeras Air dengan Spons
Tujuan:
• Mengembangkan kekuatan tangan dan pergelangan tangan.
• Meningkatkan koordinasi dan kontrol.
Manfaat: Kegiatan ini membantu anak memahami tekanan dan kontrol tangan yang penting saat menulis. Memeras spons juga melatih otot-otot tangan dan pergelangan..
Kesimpulan
Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk menulis, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian anak. Sebagai pendidik, kita harus dapat selalu memberikan dorongan positif dan menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak merasa termotivasi untuk berlatih.
Nama : Siti Rochmah
NIM : 858864089
Assalamualaikum.
Mohon izin menanggapi Video yang berjudul : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar. Dengan seri pembelajaran : Fisik Motorik PAUD
Dari video diatas dapat menambah pengetahuan saya mengenai cara menangani anak-anak yang mungkin masih belum siap untuk menulis dengan pensil. Sebelum anak pada tahap menulis dengan pensil, sebaiknya anak-anak dilatih dengan berbagai kegiatan, yang dapat melatih fisik motorik anak di usia PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), misalnya dengan:
1. Membuka Tutup Kancing
Tujuan:
• Mengembangkan keterampilan motorik halus.
• Meningkatkan koordinasi tangan dan mata.
Manfaat: Kegiatan ini melatih kekuatan jari dan ketangkasan, yang sangat penting untuk menggenggam pensil dengan baik saat menulis.
2. Membuka Menutup Gembok
Tujuan:
• Mengasah keterampilan motorik halus dan kognitif.
• Mengajarkan konsep kunci dan kunci gembok.
Manfaat: Kegiatan ini mengajarkan anak tentang kontrol tangan dan juga meningkatkan kesabaran serta ketekunan. Kegiatan ini bisa menjadi permainan yang menyenangkan.
3. Memeras Air dengan Spons
Tujuan:
• Mengembangkan kekuatan tangan dan pergelangan tangan.
• Meningkatkan koordinasi dan kontrol.
Manfaat: Kegiatan ini membantu anak memahami tekanan dan kontrol tangan yang penting saat menulis. Memeras spons juga melatih otot-otot tangan dan pergelangan..
Kesimpulan
Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk menulis, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian anak. Sebagai pendidik, kita harus dapat selalu memberikan dorongan positif dan menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak merasa termotivasi untuk berlatih.
Nama : Nurhidayah
Nim : 859418907
Dari vidio diatas memperlihatkan berbagai macam perkembangan yang berbeda oleh setiap anak, sebab itu sebagai guru PAUD anak usia dini harus memiliki kreatifitas yang memadai dalam mendampingi anak didiknya. Cara mengatasi hal tersebut seperti divido yaitu memindahkan air dalam mangkok yang satu kemangkok yang lain melalui spon sambil diremas, memasang kancing baju, dan membuka tutup gembok.itu sangat bermanfaat untuk melatih otot-otot jari, selain itu kita juga bisa menggunakan atau memeberikan kegiatan pada anak yaitu menggunting-gunting kecil kertas lalu mengumpulkan sambil meremas menjadi sebuah bola kecil.Refleksinya adalah pendekatan yang sabar dan penuh pemahaman bisa membantu menciptakan suasana belajar dan mendukung perkembangan anak secara menyeluruh baik secara fisik, mental maupun emosional.
terimakasih.
Nama : TRI WULAN ANDRIANI
NIM : 859896927
ASSALAMMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATU,
Izin menanggapi video diatas saya sangat setuju dalam isi video diatas dan dapat dijadikan referensi disekolah.
Saat menghadapi anak didik yang belum bisa memegang pensil dengan benar maka pendidik perlu merangsang motorik anak sehingga dapat menghidupkan saraf motorik menjadi aktif.
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu Meremas-remas kertas, memindahkan wadah berisi air dari satu tempat ke tempat yang lain, perlu juga mengajak anak memindahkan barang seperti remasan kertas kecil/ kerang menggunakan Capitan jemuran, menyuruh anak mengepal kertas kecil sambil memegang pensil hal seperti ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus pada anak.
Setelah anak sudah dapat memegang pensil maka ajak anak untuk menarik garis putus-putus yang telah kita gambar pola di kertas HVS, status ajak anak untuk menggambar lingkaran, dan ajak anak untuk menarik garis lurus hal ini bertujuan untuk melatih fokus anak sebelum anak belajar menulis.
Nama : Siti Rochmah
NIM : 858864089
Assalamualaikum.
Mohon izin menanggapi Video yang berjudul : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar. Dengan seri pembelajaran : Fisik Motorik PAUD
Dari video diatas dapat menambah pengetahuan saya mengenai cara menangani anak-anak yang mungkin masih belum siap untuk menulis dengan pensil. Sebelum anak pada tahap menulis dengan pensil, sebaiknya anak-anak dilatih dengan berbagai kegiatan, yang dapat melatih fisik motorik anak di usia PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), misalnya dengan membuka menutup kancing, membuka menutup gembok dan memeras air pada spons. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk menulis, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian anak. Sebagai pendidik, kita harus dapat selalu memberikan dorongan positif dan menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak merasa termotivasi untuk berlatih.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : oktafiyani Suleman
Nim 858586751
Pgpaud
Upbj gorontalo
Ijin menjawab
saya sangat setuju dalam isi video diatas dan dapat dijadikan referensi disekolah.
Saat menghadapi anak didik yang belum bisa memegang pensil dengan benar maka pendidik perlu merangsang motorik anak sehingga dapat menghidupkan saraf motorik menjadi aktif.
Jika anak belum bisa memegang pensil dengan benar, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Pertama, cobalah menggunakan pensil yang lebih tebal atau berukuran besar. Ini seringkali lebih mudah digenggam oleh tangan kecil mereka.
Selanjutnya, ajak mereka berlatih dengan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya, bermain dengan tanah liat atau meronce bisa membantu meningkatkan keterampilan motorik halus mereka. Selain itu, kamu bisa menunjukkan cara memegang pensil yang benar dengan contoh langsung. Tunjukkan bagaimana jari telunjuk dan jari tengah bisa digunakan untuk menggenggam pensil, sementara jari lainnya memberikan dukungan.
Jangan lupa untuk memberi pujian setiap kali mereka mencoba, meskipun hasilnya belum sempurna. Ini bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka. Dan yang paling penting, luangkan waktu setiap hari untuk berlatih, tetapi tetap buatlah itu menyenangkan. Dengan pendekatan yang positif, anakmu akan lebih termotivasi untuk belajar!”
Nama : Sri Wulan
NIM : 857719741
izin menanggapi vidio di atas, saya setuju dengan cara yang dilakukan oleh guru ketika mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu dengan cara :
1. Memindahkan air dari mangkok yang satu ke mangkok yang lain dengan menggunakan spons, kegiatan tersebut dapat melatih otot jari anak dengan cara meremas spons tersebut.
2. membuka dan mengunci gembok
3. menggunakan mainan mur baut
4. membuka berbagai kancing baju
Nama : DEVY ANGGRAENI
NIM : 857718083
Motorik halus pada aktivitas memeras spons yang melibatkan gerakan-gerakan kecil otot-otot, terutama tangan dan jari. Aktivitas video adalah contoh
Manfaat Memeras Spons
Pengembangan Otot Tangan : Memeras spons membantu memperkuat otot-otot tangan dan jari.
Koordinasi : Aktivitas ini meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan.
Konsentrasi : Memeras sponsor mengajarkan anak untuk fokus dan berkonsentrasi pada tugas yang sedang dilakukan.
Keterampilan Hidup : Aktivitas ini dapat digunakan dalam tugas sehari-hari, seperti membersihkan atau mencuci tangan baik untuk melatih motorik halus, terutama pada anak-anak. Berikut beberapa manfaat dan cara melakukan aktivitas kegitan memeras spons