silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : Maridah Mas’ud
Nim : 858426206
Dalam vidio tersebut anak belum bisa memegang pensil dengan benar bagaimana solusinya mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar itu di sebabkan karena motorik halus anak yang belum berkembang dengan baik dengan memberikan latihan-latihan kelenturan jari jari anak dan koordinasi tangan dan mata. Melalui stimulasi yang berikan guru. Guru juga memberikan motivasi kepada anak serta mengkondisikan agar anak menikmati proses belajar dengan membuatnya menyenangkan seperti meremas spon, membuka dan mengunci gembok, membukan dan mengencangkan scrub, memasang dan mengancing baju.
Nama : Aisyah
NIM : 858453149
Pada video tersebut anak² belum mampu menggunakan pensil sehingga membuat kertas nya sobek, sebelum anak – anak belajar menggunakan pensil mereka perlu melatih motorik halus terlebih dahulu seperti meremas spons untuk memindahkan air dari mangkuk satu ke mangkuk lainnya, lalu melatih anak dengan memegang suatu objek seperti membuka gembok menggunakan kunci dan menutup kembali gembok dan melatih anak dengan cara memasang kancing baju.
Assalamu’alaikum perkenalkan saya fatimah dr UPBJJ Banda Aceh
ijin menanggapi video tersebut.
Menurut pendapat saya diatas tentang video yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang pensil dengan benar”.
Dari video diatas dibuktikan bahwa perlakuan guru diatas dalam mengajar anak memegang pensil sangat perlu bagi kita sebagai pendidik mengajari anak yang sangat susah pegang pensil. Maka dari itu video diatas bisa di terapkan di sekolah Masing-masing jika terdapat kendala seperti diatas video.
Terimakasih
Nama : Ratih Ratnasari
Nim : 857520405
Asalamualaikum wr.wb
Dari vidio yang saya lihat dan amati,tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil,vidio tersebut sangat penting bagi saya yang sebagai pendidik untuk menstimulasi perkembangan motorik halus anak sejak dini.
Guru sangat tanggap dalam mengatasi anak yang sulit memegang pensil,dengan memberikan rangsangan seperti memindahkan air dengan spons,mur dan baud dan memasang kancing,itu sangat merangsang untuk perkembangan motorik halus pada anak..
Terimakasih..
nama : dahlia
NIM : 858157798
menurut pendapat saya tentang video diatas yang berjudul “mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” tetapi cara yang telah dilakukan guru pada tayangan video tersebut sudah baik dengan Cara yang dilakukan adalah melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci. cara yang dilakukan guru tersebut membuat saya termotivasi untuk melakukan kegiatan tersebut untuk anak didik saya yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar.
Nama : Warnia
NIM : 857510848
Semester : 4 PGPAUD
Setelah saya melihat keseluruhan video tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa dengan melatih motorik anak dengan memberikan praktek menggunakan media Gembok dan kunci (membuka gembok) tersebut anak dapat melatih kelenturan jari-jari tangannya serta dapat melatih konsentrasinya juga.
Semoga video ini dapat menjadi referensi dalam pembelajaran di kelas saya.
Nama : Puteri syamita
NIM : 858615164
Di video diatas seorang guru menstimulasi anak agar bisa memegang pensil dengan berbagai macam stimulasi yang diajarkan oleh ibu guru diatas, agar anak bisa memegang pensil dengan benar dan kuat
sebuah video diatas sangat menginspirasikan bagi saya dengan metode stimulasi diatas
akan tetapi dilembaga saya, memberikan stimulasi awal dengan cara merobek kertas, dan mengulung kertas dengan mengunakan jari telunjuk dan jempol
Nama : Zahirol Aini
NIM : 859173842
Dalam video “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” tersebut , cara mengatasinya sudah cukup bagus, yaitu dengan memeras air dan busa yang ada di spon, membuka tutup konci gembok, memasukkan kancing. Sangat bagus untuk melatih fisik-motorik halus anak. Saya belum pernah mencobanya, karena di sekolah saya belum pernah menemukan anak-anak menulis sampai kertasnya bolong. Ketika mengajarkan anak menulis, pertama saya mengajarinya membuat garis lurus, garing miring terlebih dahulu, baru ke tahap-tahap selanjutnya. kalau anak belum bisa membuat garis lurus untuk hari pertama, tetap dilatih pada hari-hari berikutnya. Tapi video tersebut sangat menambah wawasan bagi saya.
Terimakasih
Nama : Dolviana Rika
Nim : 859268158
Tanggapan saya dalam vidio Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar adalah :
Dalam vidio tersebut terlihat Ibu guru memberikan materi pembelajaran menebalkan titik atau garis putus- putus yang menghubungkan gambar. Beberapa anak terlihat mampu mengerjakan dan menegangkan pensil dengan benar dan dapat menamenarik garis putus tersebut kegambar dengan sesuai. Namun ada satu anak yang mengatakan kepada gurunya bahwa ia tidak bisa mengerjakan hal tersebut sehingga membuat kertas menjadi robek.
Kejadian demikian banyak terjadi dibeberapa sekolah. Hal ini disebabkan karena kemampuan atau perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang berbeda pada setiap anak diusia 3-6 tahun, ada yang cepat dan ada yang lambat. Solusi yang dapat diberikan oleh guru adalah memberikan latihan atau kegiatan-kegiatan sebagai berikut
* Melatih kelentutan jari anak pada objek tertentu seperti pensil, atau memindahkan air dengan menggunakan spon air.
* Melatih kelentutan jari anak pada objek tertentu seperti pensil, atau memindahkan air dengan menggunakan spon air.
* Melatih anak membuka dan menutup pada sesuatu objek seperti kunci gembok, atau latihan mengencangkan seberap.
* Melatih kelentutan jari tangan anak dengan latihan membuka dan memasang kancing baju.
Anak belum bisa memegang pensil dengan benar.
Dari video yang telah saya tonton, ada salah satu anak yang belum bisa menebalkan garis melengkung dengan baik, karena cara memegang pensil tidak benar sehingga kertasnya sobek dan pensilnya-pun patah. Di sini saya melihat bahwa solusi yang diberikan oleh guru sudah sangat baik untuk melatih keterampilan motorik halus anak, dengan melakukan latihan-latihan menulis awal. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain yaitu sebagai berikut:
1. Memindahkan air dari mangkok yang satu ke mangkok yang lain dengan menggunakan spon. Spon diremas atau diperas tiap kali anak memindahkan air dari mangkok yang satu ke mangkok yang lain. Cara sederhana ini dapat melatih kelenturan jari tangan anak untuk memegang suatu objek tertentu.
2. Kegiatan yang kedua adalah melatih anak dengan membuka dan menutup kunci gembok serta kegiatan membuka dan mengencangkan sekrup yaitu dari kiri ke kanan untuk memasangkan sekrup kemudian dari kanan ke kiri untuk membuka sekrup.
3. Kegiatan yang ketiga adalah membuka dan memasangkan beragam kancing baju.
Ketiga cara sederhana ini dapat menginspirasi saya untuk menerapkan latihan-latihan mengembangkan motorik halus anak di lembaga saya. Karena saya melihat bahwa ketiga cara ini dapat melatih kelenturan serta koordinasi otot dan jari tangan anak untuk dapat menulis.