silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : Zalza Alicia Putri
NIM : 859939718
setelah saya menonton video diatas yang berjudul, “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”.
menurut pendapat saya :
Dari video tersebut saya sebagai guru paud sangat terbantu terhadap video edukasi tersebut, karena memang dia setiap sekolah ada beberapa anak yang memang belum bisa memegang pensil dengan benar, dari metode metode diatas
1. Memindahkan air menggunakan spons dengan cara memeras spons, berguna untuk melatih otot otot tangan.
2. Memutar scrub dengan cara searah, dapat melatih konsentrasi anak dan fokus anak antara pikiran dan gerak tangan.
3. Memasukan kancing ke lobang, dapat melatih kefokusan anak terhadap objek yang sedang di kerjaan dan melatih kekuatan otot tangan.
Dengan metode metode tersebut menurut saya sangat bangut untuk melatih anak.
NAMA : KUSNUL KHOTIMAH
NIM : 857613942
MAKUL : PAUD4304 / PKM PAUD
Menurut saya video di atas sangat bagus dalam memberikan informasi bagi guru PAUD
dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap.
Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu
ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka
dan memasangkan kancing baju. Dengan variasi kegiatan yang menarik dan menyenangkan anak sangat
tertarik mengikuti kegiatan sehingga tanpa sadar motoriknya berkembang dengan baik.
Nama : Radinka Nihla Shadana
Nim : 857764571
Pada video diatas, dapat disimpulkan bahwa seorang guru harus memiliki banyak kreatifitas untuk anak didiknya ketika mereka mengalami masalah atau kesulitan dalam pembelajaran.
Contoh nya seperti pada video diatas yaitu seorang anak yang kesusahan memegang pensil ketika diminta untuk menebalkan. Oleh karenanya sang guru mengajak anak untuk belajar dengan melatih kelenturan otot-otot jari, seperti membuka kancing baju, mengunci dan membuka gembok, serta meremas spons. Hal tersebut juga menjadi pandangan saya untuk bisa terus berkreasi dalam pembelajaran anak anak di kelas
Nama : Tania nurzain
Nim : 857574328
mohon izin tutor saya akan menjawab apa yang sudah saya liat dari vidio yang sudah di sediakan.
Dari vidio yang saya lihat pertama guru memberikan materi tentang menulis dengan cara mengukuti garis putus-putus, tetapi anak belum bisa mengikuti apa yang di perintahkan guru bahkan sampai ada kertasnya yang sobek, mengapa demikian karena anak belum bisa memegang pensil dengan benar dan anak masih kaku untuk memegang pensil. Tetapi dengan sigap guru dapat mengatasi permasalah tersebut dengan menstimulasi anak dengan berbagai cara sebelum anak belajar memegang pensil, diantaranya yaitu :
1. Memindahkan air menggunakan spons dengan cara memeras spons, dan kegiatan ini sangat berguna berguna untuk melatih otot otot tangan sebelum anak belajar memegang.
2. Memutar scrub dengan cara searah, dapat melatih konsentrasi anak dan fokus anak antara pikiran dan gerak tangan.
3. Memasukan kancing ke lobang, dapat melatih kefokusan anak terhadap objek yang sedang di kerjaan dan melatih kekuatan otot tangan.
Itulah diantaranya proses stimulasi anak sebelum belajar memegang pensil dan menurut saya kegiatan ini sangat bermnfaat dan bagus untuk meningkatkan kemampuan motorik halus tertama. Mungkin itu yang saya dapat sampaikan terimakasih 🙏🏻
Nama : Irnawati
Nim : 858186656
Setuju sekali dengan vidio di atas mengajarkan anak cara memegang pensil dengan baik serta cara penjelasan sangat baik.
Menguatkan motorik anak yang sangat baik karna di tempat kami mengajar kurang lebih sama cara-cara melatih motorik anak terimakasih edukasinya sangat bermanfaat sekali
Nama : Allycia Nabila Seva
NIM : 856837459
Judul : Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil
dengan benar
Assalamualaikum Sobat Guru Hebat
Izin menanggapi video tersebut
Setelah saya pahami dan langsung terjun ke dunia PAUD, ternyata permasalahan anak memegang pensil dengan benar memanglah sangat lumrah, apalagi bagi anak yang jarang dikenalkan dengan alat tulis sehingga membuat motorik halusnya kurang maksimal.
Ada beberapa solusi yang saya tangkap dari video ini antara lain :
1. Kegiatan bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya dengan menggunakan spons yang diperas
2. Latih anak dengan memegang suatu objek misalnya membuka kunci & memasang mur
3. Latih kelenturan jari anak dengan membuka dan memasankan kancing baju
Sekian Terimakasih
Wassalamualaikum, wr.wb
Nama Saya : Norhidayati.
NIM : 858320819
Dari vedio tersebut terlihat bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan yaitu dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Nama : theresia suliyanti
Nim : 855792091
Setelah saya melihat video diatas yg berjudul ” mengatasi anak yg blm bisa memegang pensil dengan benar ”
Saya melihat pentingny bagi anak sebelum belajar menulis untuk melatih otot” pada jari dengan melatih motorik halus mereka.
Dengan melihat video diatas sangat memberi referensi bagi saya, menurut saya video memindahkan air dari wadah yg satu ke wadah yg lain dengan cara meremas spon itu sangat bagus melatih otot” pada jari” tangan anak, menebalkan garis yg putus” juga bagus untuk melatih motorik halus dan konsentrasi,membuka dan memasangkan skup melatih konsetrasi anak dan melemaskan otot” pada jari tangan.🙏🙏🙏
Nama :Nurhayati Muhammad
Nim :858576521
Dari video di atas menggambarkan pendekatan yang sangat positif dan konstruktif dalam membantu anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar. Namun, penting juga untuk memastikan bahwa setiap anak mendapatkan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan individu mereka, beberapa anak mungkin memerlukan lebih banyak waktu atau variasi dalam metode latihan. Secara keseluruhan, video di atas mencerminkan praktik pengajaran yang inovatif dan penuh empati.
Nama: Komang Aristia Dewi
NIM : 859037668
Selamat malam, mohon izin untuk menanggapi video “cara anak yang belum baik dalam memegang pensil”
– menurut saya dari video yang sudah saya saksikan dan analisis tentang bagaimana seorang anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan baik, dan pada akhirnya menyebabkan kertas tersebut berlubang dan sobek. Setelah menyaksikan bagaimana langkah/cara untuk mengantisipasi masalah ini, saya sangat tertarik untuk menerapkannya di lembaga saya, kegiatan yang dilakukan untuk melatih motorik anak juga sangat menyenangkan sehingga dapat menarik minat anak untuk belajar .