silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,831 Comments

  1. Seri Pengembangan Fisik-Motorik PAUD
    Video “Mengatasi Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”.

    Setelah saya melihat video tersebut, dalam kegiatan pembuka, isi dan penutup belum terlihat jelas. Namun dalam penggunaan strategi seperti metode, media, pendekatan sudah terlihat.
    Dalam video terlihat anak-anak tertarik dengan kegiatan tersebut, pada saat guru mengajak anak untuk melakukan menebalkan garis anak-anak sangat antusias untuk melakukan kegiatan tersebut, begiti juga dengan kegiatan-kegiatan lainnya, yang menurut saya kegiatan-kegiatan tersebut sangat menarik.
    Dengan berbagai macam kegiatan tersebut anak-anak tidak akan merasa bosan. Dalam video guru memberikan bagaimana cara seorang guru untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dengan cara tersebut dapat melatih motorik halus anak, melatih kekuatan tangan dan jari-jarinya, menggerakan otot-otot tangan anak agar otot tangan anak lentur dan tidak kaku sehingga anak bisa memegang pensil dengan benar.

  2. Video seri pembelajaran fisik motorik dengan judul ” Mengatasi anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar” , menurut saya video tersebut sangat bermanfaat untuk saya sebagai guru karena terdapat solusi mengatasi masalah tersebut, dalam video tersebut ada 3 solusi yang diberikan yaitu dengan memberikan latihan-latihan menulis awal dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang mampu menguatkan jari-jari tangan anak, yaitu:
    1. Melatih kelenturan jari tangan anak dengan objek tertentu dengan bermain memindahkan air ke wadah ke mangkuk yang lain dengan spons, spons diremas/diperas oleh anak tiap kali dipindahkan ke mangkuk lain
    2. Melatih kemampuan anak dalam memegang suatu objek dengan latihan membuka/menutup gembok agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terorganisasi dengan baik
    3. Melatih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka atau memasang kancing baju. Cara ini akan melatih kelenturan dan mengoordinasikan otot serta jari-jari tangan anak

  3. Nama : Tasya Mardatillah
    Nim : 857371536
    Izin menjawab diskusi 🙏
    Menurut saya setelah melihat video tersebut ialah mengapa anak belum pandai dalam memegang pencil karna kurangnya stimulasi pada otot-otot tangan nya misalnya kurang beraktivitas dalam motorik kasar nya sehingga ia untuk mengerjakan tugas berhubungan motorik halus nya ia mudah menyerah, dan saran saya ibu guru melihat anak yang belum bisa menulis sebaiknya di ajarkan dan di tuntun untuk menulis agar ia bisa menulis atau memegang pensil nya dengan baik juga berhati-hati. Guru dapat menambahkan stimulus untuk anak yang kurang dalam perkembangan motorik halus nya. Adapun juga saya melihat sosial emosional anak tersebut mudah menyerah karna ketidak mampuannya ia dalam menulis dan di satu sisi kertas yg ia kerjakan sobek/rusak.
    Saya pun juga mengalami ada anak murid yang tidak suka dalam menulis, ia pun belum mampu dalam kegiatan perkembangan motorik halus nya karena kurang nya stimulus dari orang tua nya di rumah, saya ajarkan pelan pelan, Alhamdulillah lama lama anak tersebut senang dan gemar menulis/menggambar.

  4. Nama : Siti Pazriyah
    Nim : 858458789
    izin menanggapi video mengatas anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar

    1. Perkenalan Alat Tulis yang Tepat : Gunakan pensil atau crayon yang lebih tebal dan memiliki pegangan yang nyaman untuk anak kecil. Ini bisa membantu mereka merasa lebih mudah saat menggenggam.

    2. Latihan Motorik Halus : Ajak anak melakukan aktivitas yang melatih keterampilan motorik halus, seperti bermain dengan playdough, meronce manik-manik, atau menyusun puzzle.

    3. Bermain Sambil Belajar : Buat aktivitas menulis atau menggambar menjadi menyenangkan. Misalnya, menggambar di pasir atau menggunakan cat air.

    4. Beri Waktu dan Kesabaran : Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Berikan mereka waktu untuk belajar tanpa tekanan.

  5. Wiwin Sri Pujiastuti
    NIM : 859037381
    Video ini sangat bermanfaat untuk membantu anak2 yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    Dalam proses menulis itu sendiri dimulai tahap-tahap memegang penail dengan benar dan mampu menggerakkan jari-jari untuk menulis.
    Latihan yang bisa diberikan untuk membantu memegang pensil dengan benar diantaranya
    1. Memindahkan air dari mangkuk satu ke mangkuk lajnnya dengan menggunakan spon
    2. Membuka dan menutup gembok
    3. Melepas dan memasangkan kancing baju

    Selain itu ada beberapa latihan yg bisa ditambahkan seperti
    1. Menjimpit benda kecil menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.
    2. Latihan membentuk benda dengan plastisin
    3. Manggunting kertas.

  6. nama : siti pazriyah
    nim : 858458789
    izi menanggapi cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    Mengatasi anak yang kesulitan memegang pensil bisa dilakukan dengan beberapa cara:

    1. Perkenalan Alat Tulis yang Tepat : Gunakan pensil atau crayon yang lebih tebal dan memiliki pegangan yang nyaman untuk anak kecil. Ini bisa membantu mereka merasa lebih mudah saat menggenggam.

    2. Latihan Motorik Halus : Ajak anak melakukan aktivitas yang melatih keterampilan motorik halus, seperti bermain dengan playdough, meronce manik-manik, atau menyusun puzzle.

    3. Teknik Memegang Pensil yang Benar : Ajari anak cara memegang pensil dengan benar. Gunakan metode tripod grip (menggenggam dengan tiga jari) dan tunjukkan dengan contoh.
    4. Bermain Sambil Belajar : Buat aktivitas menulis atau menggambar menjadi menyenangkan. Misalnya, menggambar di pasir atau menggunakan cat air.

    5. Berikan Dukungan dan Pujian : Berikan dorongan positif saat anak mencoba memegang pensil. Pujian akan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

    6. Beri Waktu dan Kesabaran : Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Berikan mereka waktu untuk belajar tanpa tekanan.

  7. Nama : Dwi Maulianita
    NIM : 858953723

    Video di atas sudah cukup baik untuk menampilkan bagaimana solusi jika anak kesulitan atau belum bisa memegang/menggunakan pensil dengan benar. Menurut saya pribadi ada hal yang perlu dilakukan sebelum semua kegiatan pembelajaran dimulai. Yaitu kegiatan assesmen awal. Dimana assesmen ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan anak-anak dalam kegiatan belajar. Apabila sudah melakukan assesmen awal, maka guru akan mengetahui kegiatan yang sesuai dengan kemampuan anak. Dan membedakan kegiatan sesuai dengan kemampuan mereka. Dalam video tersebut, kegiatan disama ratakan pada anak sehingga terkesan terlalu memaksa anak untuk melakukan kegiatan yang guru kehendaki. Sedangkan kita sebagai guru harusnya memfasilitasi kegiatan belajar anak sesuai dengan kemampuan mereka. Selebihnya, kegiatan memperkuat motorik halus seperti di video memang Keputusan yang tepat untuk melenturkan jari jemari anak sebelum melakukan kegiatan menulis dengan menggunakan pensil. Kegiatan lainnya bisa melatih anak dengan membuka berbagai tutup barang cont: botol, bisa dengan kegiatan bermain playdough membentuk sesuatu, ataupun meremas dan merobek kertas. Hal ini membantu anak untuk memperkuat motorik halus dan melenturkan jari jemari anak agar siap menulis di kemudian hari.

  8. Tips mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    1. Melakukan kegiatan yang dapat melenturkan jari dengan meremas spons atau memindahkan air menggunakan spons
    2. Melakukan kegiatan yang dapat melatih kemampuan memegang objek yaitu dengan melakukan kegiatan membuka dan mengunci gembok
    3. Melakukan kegiatan yang dapat melatih kelenturan dan koordinasi mata dan tangan melalui kegiatan memasang dan mengunci bor, membuka dan memasang kancing baju

    melakukan kegiatan secara berkelanjutan dengan memperhatikan perkembangan anak, sehingga nantinya diharapkan anak dapat mampu membuat berbagai garis sesuai dengan kemampuannya.

  9. Nama : Ayu Yuhana
    NIM : 857521532
    Judul Vidio : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar.
    Vidio ini sangan bermanfaat bagi seorang pendidik maupun orang tua langsung,karena pada vidio ini kita diperlihatkan bagai mana mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dengan melakukan berbagaicara seperti,melatih kelenturan jari tangan anak seperti memindahkan air menggunakan spons,membuka dan mengunci gembok kunci,membuka dan memasangkan kancing.Adapun caralain yang sering saya lakukan disekolah seperti anak melakukan kegiatan meremas kertas,menekan dan melonggarkan jepitan baju, memutat mutar benda kecil dengan menggunakan ujung kelima jari,belajar menggunting,dan mengikat jari jempol dan telunjuk menggunakan karet ketika anak memegang pensil.

  10. Selis Dayanti
    Nim:856491666
    Dari vidio tersebut memberikan pembelajaran bagi saya sebagai seorang guru bahwa sebelum mengajarkan anak memegang pensil anak perlu diajarkan beberapa kegiatan yang ringan untuk melatih motorik halus anak sehinggat otot jari tangan anak bisa memegang pensil dan menulis dengan benar.

Leave a Reply