silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : Nur aini
Nim : 858905224
Pokjar : Jember
Setelah saya melihat Video diatas apa yang dilakukan guru tersebut sudah sangatlah tepat dalam memberikan stumulus bagi anak yang belum bisa memegang pensil. kebetulan di lembaga saya ada murid saya yang masih belom bisa memegang pensil dengan benar, keterlambatan dalam perkembangan motorik halus.
saya sebagai seorang pendidik sudah sering melatih anak untuk memegang pensil dengan benar, namun alangakah baik nya melatih memegang pensil dengan benar tidak hanya di lakukan di sekolah saja di rumah pun juga bisa di latih dengan bantuan orang tua, agar jari jemar nya cepat lentur.
Assalamu’alaikum,
saya Ita Purnama, NIM : 856287658
Dari video Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar tersebut terlihat bahwa Ibu guru mau mengajak anak untuk menebalkan garis lengkung. Sebelum membagikan LKA ibu guru mengajak anak untuk memperhatikan cara ibu guru menebalkan garis, lalu setelah anak-anak paham, barulah ibu guru membagikan LKA menebalkan garis. Ada seorang anak yang tidak bisa menebalkan garis tersebut malahan kertasnya sobek.
untuk menstimulasi motorik anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar itu, ibu guru memberikan latihan secara bertahap melalui kegiatan membuka- tutup botol, memasang kancing baju, memindahkan air dengan spon dan membuka tutup kunci. cara yang dilakukan ibu guru ini dalam menstimulasi perkembangan motorik anak sudah tepat karena anak diberikan kegiatan yang dapat membantu koordinasi motorik halus anak dengan berbagai permainan yang menarik bagi anak.
Nama :Rahmiyati Ahmad maku
Nim :856321009
setelah melihat video tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa guru dapat melatih anak dengan melenturkan otot -otot tangan anak
dan mengarahkan anak untuk melakukan bebrap kegiatan untuk melenturkan jari tangan anak .
Nama; Rahmatika Nurhabibah
Nim : 856820835
Semester :8
FKIP PGPAUD
Setelah saya melihat Video tersebut menurut saya yg sudah dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat tepat dalam memberikan stimulus kepada anak yang belum bisa memegang pensil. Kebetulan di lembaga saya ada murid saya yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar, keterlambatan dalam perkembangan motorik halus.
saya sebagai seorang pendidik sudah sering melatih anak untuk memegang pensil dengan benar, namun alangkah baik nya melatih memegang pensil dengan benar tidak hanya di sekolah saja di rumah pun juga harus di latih dengan bantuan orang tua, agar jari jemari nya cepat lentur.
Nama:EMI TRI SEPTANA
Nim:856821299
Assalamualikum bunda saya sudah menonton vidio tentang anak belum bisa memegang pensil dgn baik dan benar.dalam vidio tersebut apa yang telah guru lakukan itu kurang tepat cara minstimulus anak-anak agar bisa memegang pensil dgn biak dan benar,saya sebagai guru paud juga pernah mengalamia hal tersebut banyak upaya yang harus dilakukan untuk menstimulus perkembangan motorik halus pada anak misalnya dgn cara membuka kancing baju dan banyak cara lain untuk menstimulus motorik halus pada anak
Nama : Dewi Puspita Sari
NIM : 856095203
Jurusan : PGPAUD / Pemantapan Kemampuan Megajar
Izin menanggapi di video yang saya lihat berjudul “Mengatasi Anak Yang Kesulitan Memegang Pensil”
Menurut saya video tersebut sangat jelas dimana guru memngajarkan anak melatih kemampuan motorik halusnya dengan cara melakukan kegiatan meremas spons, memasang kancing baju dimana kegiatan tersebut untuk melatih kelenturan otot tangan anak. Biasanya anak yang kesulitan memegang pensil itu, otot dan jari jari tanagnnya masih kaku, jadi anak kesulitan dan mudah lelah
Terimakasih
Nama : Risnawati
Nim : 825137202
Pokjar : Rambah
1. Reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
=> Setelah saya menonton video pembelajaran tentang ” Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” anak-anak sangat tertarik untuk melakukan kegiatan tersebut, hal ini terlihat dari antusias dan semangat anak dalam mengikuti kegiatan menebalkan garis putus-putus.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
=> Ada beberapa anak yang tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menebalkan garis, dan ada juga anak yang tidak bisa menebalkan garis karena disebabkan tidak bisa memegang pensil dengan benar.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
=> Guru dapat menguasai kelas terlihat dari anak-anak duduk dengan rapi dan tertib, ketika ada anak yang tidak fokus dalam proses pembelajaran guru menegurnya dengan lembut dan penuh kasih sayang sehingga anak mau mengikuti atau memperhatikan penjelasan yang disampaikan gurunya.
4. Hal unik yang saya lihat dari video pembelajaran
=> Anak terlihat semangat dan gembira dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru
5. Setelah melihat video secara keseluruhan, upaya yang saya usulkan untuk meningkatkan pembelajaran berikutnya
=> Sebelum guru memberi tugas kepada anak untuk menebalkan garis, sebaiknya guru terlebih dahulu memberi tugas fisik motorik halus seperti meremas-remas kertas agar tangan anak lebih lentur ketika melakukan tugas menebalkan garis.
Nama :Ruslia simanungkalit
Nim:855836486
Pokjar: Tapteng
Vidio: pengembangan fisik motorik:
Mengatasi anak yang tidak bisa memegang pensil dengan benar.
Dalam vidio tersebut stimulasi yang dilakukan guru sudah benar yaitu memindahkan air dari mangkok menggunakan spons.dalam kegiatan tersebut terlihat anak anak senang melakukan kegiatan tersebut,dan guru juga mampu mengkondisikan kelas dengan baik,tapi guru kurang mampu memperhatikan tingkat kemampuan anak.
Nama : Sundari
NIM : 859510908
Menurut pendapat saya video tersebut sangat bermanfaat dan menjadi referensi bagi setiap guru anak usia dini yang memiliki kesulitan dalam mengatasi anak yang masih belum mampu memegang pensil dengan benar atau bisa dikatakan perkembangan motorik halusnya belum sempurna karena setiap anak memiliki proses perkembangan fisik motorik yang berbeda. Dan ada baiknya stimulus tersebut tidak hanya di berikan kepada anak ketika di sekolah saja melainkan berkelanjutan ketika dirumah dengan di dampingi orangtuanya.
Nama : Sundari
NIM : 859510908
Menurut pendapat saya video tersebut sangat bermanfaat dan menjadi referensi bagi setiap guru anak usia dini yang memiliki kesulitan dalam mengatasi anak yang masih belum mampu memegang pensil dengan benar atau bisa dikatakan perkembangan motorik halusnya belum sempurna karena setiap anak memiliki proses perkembangan fisik motorik yang berbeda. Dan ada baiknya pemberian stimulus tersebut tidak hanya diberikan saat di sekolah tetapi juga diberikan ketika di rumah didampingi orangtuanya agar tetap berkesinambungan stimulus tersebut dan mendapatkan hasil yang maksimal.