silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,784 Comments

  1. Nama : Nur aini
    Nim : 858905224
    Pokjar : Jember
    Setelah saya melihat Video diatas apa yang dilakukan guru tersebut sudah sangatlah tepat dalam memberikan stumulus bagi anak yang belum bisa memegang pensil. kebetulan di lembaga saya ada murid saya yang masih belom bisa memegang pensil dengan benar, keterlambatan dalam perkembangan motorik halus.
    saya sebagai seorang pendidik sudah sering melatih anak untuk memegang pensil dengan benar, namun alangakah baik nya melatih memegang pensil dengan benar tidak hanya di lakukan di sekolah saja di rumah pun juga bisa di latih dengan bantuan orang tua, agar jari jemar nya cepat lentur.

  2. Assalamu’alaikum,
    saya Ita Purnama, NIM : 856287658
    Dari video Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar tersebut terlihat bahwa Ibu guru mau mengajak anak untuk menebalkan garis lengkung. Sebelum membagikan LKA ibu guru mengajak anak untuk memperhatikan cara ibu guru menebalkan garis, lalu setelah anak-anak paham, barulah ibu guru membagikan LKA menebalkan garis. Ada seorang anak yang tidak bisa menebalkan garis tersebut malahan kertasnya sobek.
    untuk menstimulasi motorik anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar itu, ibu guru memberikan latihan secara bertahap melalui kegiatan membuka- tutup botol, memasang kancing baju, memindahkan air dengan spon dan membuka tutup kunci. cara yang dilakukan ibu guru ini dalam menstimulasi perkembangan motorik anak sudah tepat karena anak diberikan kegiatan yang dapat membantu koordinasi motorik halus anak dengan berbagai permainan yang menarik bagi anak.

  3. Nama :Rahmiyati Ahmad maku
    Nim :856321009
    setelah melihat video tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa guru dapat melatih anak dengan melenturkan otot -otot tangan anak
    dan mengarahkan anak untuk melakukan bebrap kegiatan untuk melenturkan jari tangan anak .

  4. Nama; Rahmatika Nurhabibah
    Nim : 856820835
    Semester :8
    FKIP PGPAUD
    Setelah saya melihat Video tersebut menurut saya yg sudah dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat tepat dalam memberikan stimulus kepada anak yang belum bisa memegang pensil. Kebetulan di lembaga saya ada murid saya yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar, keterlambatan dalam perkembangan motorik halus.
    saya sebagai seorang pendidik sudah sering melatih anak untuk memegang pensil dengan benar, namun alangkah baik nya melatih memegang pensil dengan benar tidak hanya di sekolah saja di rumah pun juga harus di latih dengan bantuan orang tua, agar jari jemari nya cepat lentur.

  5. Nama:EMI TRI SEPTANA
    Nim:856821299
    Assalamualikum bunda saya sudah menonton vidio tentang anak belum bisa memegang pensil dgn baik dan benar.dalam vidio tersebut apa yang telah guru lakukan itu kurang tepat cara minstimulus anak-anak agar bisa memegang pensil dgn biak dan benar,saya sebagai guru paud juga pernah mengalamia hal tersebut banyak upaya yang harus dilakukan untuk menstimulus perkembangan motorik halus pada anak misalnya dgn cara membuka kancing baju dan banyak cara lain untuk menstimulus motorik halus pada anak

  6. Nama : Dewi Puspita Sari
    NIM : 856095203
    Jurusan : PGPAUD / Pemantapan Kemampuan Megajar

    Izin menanggapi di video yang saya lihat berjudul “Mengatasi Anak Yang Kesulitan Memegang Pensil”
    Menurut saya video tersebut sangat jelas dimana guru memngajarkan anak melatih kemampuan motorik halusnya dengan cara melakukan kegiatan meremas spons, memasang kancing baju dimana kegiatan tersebut untuk melatih kelenturan otot tangan anak. Biasanya anak yang kesulitan memegang pensil itu, otot dan jari jari tanagnnya masih kaku, jadi anak kesulitan dan mudah lelah

    Terimakasih

  7. Nama vya Fitri Nuraini
    Nim 856492897
    Pokjar lubuk batu jaya
    Izin menanggapi video yang berjudul
    “Mengatasi ank yang kesulitan memegang pensil”
    1.reaksi anak-anak ketika guru memberikan penjelasan kegiatan pembelajaran anak-anak sangat antusias, Dimana mereka semua mengangkat tangan sambil mengatakan bisa menebalkan garis sesuai instruksi guru, dan anak-anak pun segera meminta lka kepada ibu guru
    2.kelemahan dalam kegiatan pembelajaran ini seharusnya sebelum melakukan kegiatan memegang pensil,,di pastikan dulu kegiatan untuk melatih melemaskan otot-otot tangan yang sudah d jelas kan tadi seperti meremas spons, memasang kancing sudah tersampaikan,, jadi ketika kegiatan memegang pensil guru tinggal menyesuaikan cara memegang yang baik
    3. Kelebihan dalam kegiatan pembelajaran ini guru menyampaikan kan pembelajaran secara bertahap, menjelaskan kegiatan dengan semangat sehingga anak-anak antusias mendengarkan ny serta memberikan contoh dan menanamkan kepercayaan diri anak dengan selalu mengatakan ananda bisa
    4.kejadian yang unik pada video ini yaitu ada seorang anak yang sibuk dengan kegiatan nya, yaitu memainkan jari-jari tangan tapi tetap fokus dengan apa yang d sampai ibu guru
    5.setelah melihat video ini,, untuk simulasi kedepan ny seharusnya ketika menentukan kegiatan harus sesuai dengan kemampuan anak dan kita harus memberikan kegiatan secara step by step agar tidak terjadi kekurangan d kegiatan selanjutnya walaupun belum tentu maksimal,,dan terus pertahanan kan
    Semangat dan interaksi kepada anak agar mereka tetap percaya diri

  8. Nama : sugianti
    Nik : 856493502
    MK :PKM
    1 . Reaksi anak sangat antusias saat guru memberikan arahan untuk menebalkan garis pada sebuah kertas itu terlihat saat guru memberikan contoh anak-anak anak memperhatikan ke papan tulis
    2.kelemahan guru adalah langsung memberikan tugas menebalkan dan langsung menyuruh anak mengerjakannya
    3. Kelebihan guru pada saat mengajar memberikan latihan kepada anak yang belum bisa memegang pensil secara abemar yaitu dengan memberikan latihan,seperti memindahkan air,membuka dan memasang sekrup,membuka kunci gembok
    4. Anak menebalkan garis karena belum bisa kertasnya robek,guru yang cerdas sehingga memberikan latihan kepada anak.
    5. Sebaik nya di lakukan dulu latihan untuk perkembangan motoriknya,supaya anak dapat memegang pensil dengan benar akan tetapi yang di lakukan guru pada vidio tersebut sudah benar dengan mengajarkan anak meremas,memindahkan air,memasang kunci di mana kegiatan tersebut dapat melatih otot tangan anak supaya lebih kuat saat memegang pensil

  9. Nama : Vita Ludfyana
    Nim : 855793047
    Izin menanggapi dividio yang saya lihat, berjudul “mengatasi anak yang kesulitan memegang pensil”
    Menurut saya bahwa vidio tersebut menunjukkan pendekatan yang efektif dan menyenangkan dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka. Dengan menggunakan kegiatan sehari-hari yang relevan dan melatih secara bertahap, guru dapat membantu anak-anak memperkuat koordinasi tangan-mata, ketelitian, kekuatan manipulasi, dan kemandirian. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan motorik, tetapi juga membangun kepercayaan diri dan motivasi anak-anak untuk terus berusaha dalam berbagai tugas. Secara keseluruhan, metode ini merupakan cara yang baik untuk mendukung perkembangan holistik anak-anak melalui pembelajaran yang interaktif dan terstruktur.

    Terimakasih…

  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Saya Azizah Nurkhafifah dengan NIM 857392601 Ut Bogor. Dalam video “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” adalah video yang memberikan ilmu kepada guru untuk melatih pada motorik halus pada jari tangan serta sesuai urutan atau proses yang tepat jika ada anak yang memang memiliki kesulitan memegang sampai menulis. Pada video tersebut tidak hanya pada belajar menulis tetapi mendapatkan ilmu serta keterampilan yang pas untuk pemula belajar menulis. Jadi, peran guru sangat penting untuk memilah serta memilih dalam proses belajar memegang pensil sampai bisa menggunakannya dengan benar seperti memberi dukungan dan edukasi yang pas untuk melatih menulis.

    Terima kasih

Leave a Reply