silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,744 Comments

  1. Nama: Fitria Yusniasari
    NIM: 859506796

    Video diatas video diatas sangat bermanfaat untuk saya. Untuk melatih motorik halus anak semakin baik maka disiapkannya beberapa kegiatan permainan untuk melatih motorik halus anak, tujuan semua kegiatan ini adalah agar anak-anak terbiasa menggunakan jari-jarinya untuk memegang benda dengan baik, sehingga nanti mereka bisa memegang pensil dengan benar saat menulis dan menggambar. Selain itu, guru TK ini menggunakan permainan yang menyenangkan untuk membantu anak-anak belajar hal baru.

  2. vidio diatas sangat bermanfaat bagi saya, karena menunjukan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap, diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
    Serta mebantu mengajari anak cara memegang pensil dengan benar, yaitu dengan cara memegang pensil dengan ibu jari dan dua jari secara terus menerus sehingga anak tersebut bisa percaya diri untuk memegang pensil dengan benar.

  3. assalamualaikum Wr.Wb
    NAMA : RAIMAH
    NIM : 824652303
    PG PAUD
    Dari vidio tersebut mengajarkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
    Menurut saya vidio tersebut sudah sangat baik untuk para guru untuk melatih motorik halus pada anak, dan juga dapat diterapkan di sekolah.

  4. Menurut saya vidio di atas sudah sangat bermanfaat cara mengatasi anak cara memegang pensil dengan benar, namun anak-anak perkembangan nya berbeda-beda tidak lah sama atau sesuai dengan umur nya, jika anak berumur masih 2-3 tahun memang susah untuk mengajarkan cara memegang pensil dengan benar, jika anak berumur 4-5 tahun tidak bisa memegang pensil dengan benar maka sebagai guru kita harus memberikan pembelajaran agar anak dapat memegang pensil dengan benar.

  5. NAMA : AMANDA JUM ‘AMARIAH HERMATIKA
    Dalam video ini menjelaskan mengenai cara mengatasi anak yang masih kesulitan memegang pensil dengan benar. Dalam video dijelaskan anak-anak usia dini memiliki kesulitan terhadap perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan mereka seperti kesulitan menebalkan garis, kesulitan merobek kertas atau membuat pensil menjadi patah ketika mencoba menulis. Untuk mengatasi hal-hal tersebut ditawarkan beberapa solusi di dalam video seperti melatih kelenturan jari anak dengan memberikan kegiatan kepada anak untuk memindahkan air dari satu mangkok ke mangkok lain dengan menggunakan spons kemudian melatih kemampuan anak memegang benda dengan latihan membuka atau menutup kunci gembok serta kegiatan membuka dan memasangkan kancing baju.
    Cara keseluruhan video ini memberikan tips dan trik terkait cara melatih motorik halus anak usia dini

  6. Menurut saya mengenai video diatas sangat bermanfaat bagi saya, karena untuk melatih motorik halus pada anak dalam memegang pensil. Tetapi perkembangan anak itu berbeda – beda atau sesuai dengan umur anak. Tujuan kegiatan ini adalah agar anak terbiasa menggunakan jari- jari untuk memegang benda dengan baik, sehingga anak bisa memegang pensil dengan benar.

  7. Nama : Norhidayati
    NIM : 858320819
    Vedio tentang mengatasi anak yang blm bisa memegang pensil dengan benar sangat bermanfaat bagi pendidik untuk mengembangkan kemampuananak pra menulis,kegiatan-kegiatan yang digunakan untuk memancing kelincahan gerak jari anak sangat beragam dan menarik.

  8. Nama : Roiyan Fadilla
    NIM : 855894012

    Dalam video ini menjelaskan mengenai cara mengatasi anak yang masih kesulitan memegang pensil dengan benar. Dalam video tersebut dijelaskan anak-anak usia dini memiliki kesulitan terhadap perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan mereka seperti kesulitan menebalkan garis, kesulitan merobek kertas atau membuat pensil menjadi patah ketika mencoba menulis.
    Adapun solusi yang diberikan seperti melatih kelenturan jari anak dengan memberikan kegiatan kepada anak untuk memindahkan air dari satu mangkok ke mangkok lain dengan menggunakan spons kemudian melatih kemampuan anak memegang benda dengan latihan membuka atau menutup kunci gembok serta kegiatan membuka dan memasangkan kancing baju.

  9. NIM 857372552

    menurut saya apa yang dilakukan guru tersebut sudah tepat dalam memberikan stimulus bagi anak yang belum bisa memegang pensil. kebetulan di lembaga saya ada murid saya yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar, keterlambatan dalam perkembangan motorik halus.
    saya sebagai seorang pendidik sudah sering melatih anak untuk memegang pensil dengan benar, namun alangakah baik nya melatih memegang pensil dengan benar tidak hanya di lakukan di sekolah saja di rumah pun juga bisa di latih dengan bantuan orangtua, agar jari anak cepat lentur.

  10. Video di atas sangat bermanfaat yaitu memberikan pelatihan kepada anak yang memiliki hambatan dalam memegang pensil yaitu menggunakan cara-cara sebagai berikut seperti satu memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spons thermos atau diperas saat memindahkan air ke wadah lain latihlah anak memegang satu objek dengan latihan membuka atau menutup kunci gembok atau membuka atau mengencangkan sekrup agar kemampuan memegang objeknya terkoordinasi dengan baik membuka dan memasang kancing baju kegiatan-kegiatan ini dapat melatih kelenturan otot jari tangan anak. Dengan latihan-latihan ini dapat menambah ilmu atau wawasan untuk latihan anak belajar pra menulis

Leave a Reply