silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,746 Comments

  1. Nama Leny Apriyanti Ndun:
    Menurut saya pembelajaran motorik halus yaitu mengajak anak dengan menebalkan garis membuka gembok dan juga memindahkan air menggunakan spon membantu anak untuk berproses dalam melunturkan jari jemari anak dalam melatih cara dasar memegang pensil dan ini salah satu cara membuat anak-anak merasa senag saat belajar sambil bermain

  2. Nama : Rukma Anggi Wahyu
    Nim : 855882928

    Menurut saya perhatikan dalam video tersebut ialah anak masih kesulitan memegang pensil dengan benar. Mungkin kita bisa mencoba beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan keterampilan motorik halusnya, seperti bermain dengan plastisin atau menggunakan penjepit untuk memindahkan benda kecil. Aktivitas ini dapat membantu memperkuat otot-otot tangganya.

  3. Nama : Rukma Anggi Wahyu
    Nim : 855882928
    Menurut yang saya perhatikan dalam video tersebut ialah anak masih kesulitan untuk memegang pensil dengan benar. Mungkin kita bisa mencoba beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan keterampilan motorik halusnya, seperti bermain dengan plastisin atau menggunakan penjepit untuk memindahkan benda kecil. Aktivitas ini dapat membantu memperkuat otot-otot tangganya.

  4. Nama : Liani Rondo
    Nim : 859269292
    UPBJJ : KUPANG

    ijin menanggapi video tersebut
    dalam video tersebut guru menjelaskan cara mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan cara yang baik dan benar yang melatih motrik halus anak .anak di minta menebalkan garis ,dalam video tersebut ada terlihat bahwa kertas yang di berikan oleh guru itu robek karna ada anak yang belum bisa menebalakan garis tersebut. dan cara mengatasi pun ada dalam video tersebut
    tetapi sebagai seoarang guru ketika anak memulai memengang pensil kita harus menstimulasi terlebih dahulu, dengan memberikan waktu anak merobek kertas ,bermain palstisin ,memasag kancing baju,membuka gembok,menulis di atas pasir menggunakan jari tangan dan ada banyak cara untuk melatih anak,dan sebagai guru sebelum pembelajaran di mulai guru harus membuat anak merasa itu bukan pekerjaan yang sulit bagi anak,buat lah kelas yang menyenangkan agar anak tidak merasa tegang,catatan untuk guru juga mungkin bisa berdiskusi bersama orangtua untuk menstimulasi anak dirumah orangtua juga dapat membantu melatih otot motorikhalus anak
    guru juga harus memberikan dukungan pujian bagi anak-anak yang sudah bisa dan untuk anak-anak yang belum bisa guru bisa membantu memengang tangan anak untuk menyelesaikan pekerjaan nya , dengan cara seperti ini anak-anak akan bersemangat.

  5. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Minha Wiqoya
    NIM : 858532434
    Jurusan : PGPAUD
    Semester : 8

    Setelah menonton video pembelajaran Fisik Motorik Berjudul “Mengatasi anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar”.

    Dan saya merasa video tersebut sangat berguna untuk guru Anak Usia Dini (PAUD), maupun guru RA / TK. Dan Video tersebut memberikan solusi untuk anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar.

    Guru menjelaskan kepada anak didik nya, dan menjelaskan materi di depan kelas dan murid maju kedepan untuk menjawab pertanyaan dari guru tersebut, dan murid menebali garis lengkung, dan menebalkan garis tersebut di depan papan tulis.

    Solusi tersebut, antara lain, adalah :

    1. Latihan menggunakan tangan dan bermain Memindahkan air ke mangkuk 1 dan mangkuk lainnya, dan menggunakan spons untuk melatih kelenturan jari. Seperti : dengan menggunakan spons dan memerasnya.

    2. Membuka atau menutup gembok agar kemampuan memegang objek dengan sesuai kuat dan meningkat, dan teramitasi dengan baik, dan membuka dan memasang dari kanan ke kiri.

    3. Memasang kancing baju untuk melatih koordinasi otot dan jari.

    Ada juga aktivitas untuk stimulasi perkembangan motorik halus, seperti : bermain membuat plastisin, dan menebalkan garis melengkung, huruf, atau angka, menjepit, mewarnai gambar, dan membuka dan menutup resleting baju atau kancing baju.

    Tahapan memegang pensil secara umum, antara lain, adalah :
    1. Genggaman tangan.
    2. Genggaman telapak tangan.
    3. Genggaman pensil dengan empat jari.
    4. Genggaman pensil dengan tripod yang statis.
    5. Genggaman pensil tripod yang dinamis.

    Cara membantu dan mengembangkan pegangan pensil anak usia dini, antara lain, adalah :
    1. Dorong Pengembangan keterampilan motorik halus dan kasar pada bagian inti, bahu, dan lengan mereka.
    2. Mendorong pengembangan keterampilan motorik visual mereka.
    3. Mengembangkan kemampuan mereka dalam menggunakan gunting.

  6. Assalamu’alaikum wr wb
    ijin menanggapi vidio diatas mengenai Mengatasi anak yang belum bisa pegang pensil dengan benar.
    vidio diatas sudah sangat bagus sehingga kita bisa mempraktikan langsung kepada anak” apabila masih ada anak yg belum bisa memegang pensil dengan baik.
    latihan” kecil bisa dikakukan sebelum mulai pembelajaran seperti buka tutup kelapak tangan, meremas kertas atau tisu gunyanya untuk memperkuat otot tangan.
    terimakasih.

  7. Setelah saya menonton video tersebut
    video diatas sangat bermanfaat bagi anak Untuk melatih motorik halus anak semakin baik maka disiapkannya beberapa kegiatan permainan untuk melatih motorik halus anak, tujuan semua kegiatan ini adalah agar anak-anak terbiasa menggunakan jari-jarinya untuk memegang benda dengan baik, sehingga nanti mereka bisa memegang pensil dengan benar saat menulis dan menggambar .

    Terimakasih

  8. Nama : Maimuna
    Nim : 855768677

    Izin menanggapi,
    menurut saya video tersebut sangat menginspirasi dan dapat dijadikan pedoman untuk pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan motorik terutama fisik motorik halus anak.
    Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar melibatkan pendekatan yang sabar dan langkah-langkah pengembangan motorik halus secara bertahap. Berikut beberapa cara yang bisa membantu:
    1.Latihan Memegang Alat Tulis yang Sesuai: Gunakan pensil atau alat tulis yang lebih besar dan mudah dipegang oleh anak, seperti pensil tebal atau krayon. Ini akan memudahkan anak untuk memegangnya dengan lebih stabil.
    2. Latihan Motorik Halus: Berikan kegiatan yang melibatkan gerakan tangan dan jari, seperti merobek kertas, bermain dengan clay, atau menyusun puzzle. Ini akan menguatkan otot-otot tangan anak dan mempersiapkan

    Ingat, setiap anak berbeda dan mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk menguasai keterampilan ini, jadi tetap sabar dan mendukung mereka dalam setiap langkah kecil yang mereka ambil.

  9. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama : Siti Faridah
    Nim :858294111
    Menurut saya dalam video tersebut guru sangat menginspirasi anak untuk memberikan solusi agar anak dapat memegang pensil dengan benar, dengan melatih motorik halus anak dengan meremas spons, bermain lilin dapat mengembangkan motorik anak sesuai dengan perkembangannya,Sehingga anak dapat memegang pensil dengan benar.
    Kemudian menebalkan garis putus putus dengan garis miring datar garis lurus setengah lingkaran dan lingkaran.
    Waalaikumsalam Wr.Wb

  10. Nama : lailatul Khitmah
    Nim: 877303054
    Judul video: seri pembelajaran fisik motorik dengan judul Mengatasi anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar.
    Menurut pendapat saya video tersebut sangat bermanfaat dan menjadi referensi bagi setiap guru anak usia dini yang memiliki kesulitan dalam mengatasi anak yang masih belum mampu memegang pensil dengan benar atau bisa dikatakan perkembangan motorik halusnya belum sempurna karena setiap anak memiliki proses perkembangan fisik motorik yang berbeda.
    Dalam video tersebut solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan baik adalah sebagai berikut.
    1. Memindahkan air ke mangkuk menggunakan spons dengan cara diperas, supaya melatih kelenturan jari anak dalam memegang benda tertentu.
    2. Membuka/menutup gembok agar kemampuan memegang objek semakin kuat dan terorganisasi dengan baik.
    3. Menjepit kancing baju yang bertujuan untuk melatih kelenturan dan koordinasi otot serta jari-jari tangan anak.
    Selain itu, ada beberapa aktivitas atau kegiatan yang dapat dilakukan untuk memberikan stimulasi kepada anak untuk perkembangan motorik halusnya bisa dengan bermain plastisin dengan membuat bentuk sesuai dengan kreativitas anak, Membuat bola kusut secara memutar dengan pensil.
    Kegiatan ini bisa dilakukan untuk anak usia pra menulis agar membantu kekuatan dan kelenturan otot dan jari-jari tangan dalam memegang suatu benda, Menebalkan garis, huruf atau angka, Menjepit pom-pom atau benda lain, Mewarnai gambar, Membuka dan menutup kancing baju

Leave a Reply