silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,858 Comments

  1. Nama : Lisa Haryati
    NIM : 823531594

    Luar biasa pada vidio ini banyak sekali pelajaran yang bisa pengajar terapkan, pada vidio ini pengajar begitu tabah menghadapi anak yg belum mampu memegang pensil pengajar memberi latihan latihan buat merangsang otot anak salah satunya merupakan belajar dengan cara membuka dan menutup kunci gembok. Terima Kasih.

  2. Nama : Rahayu Kona’ah
    Nim : 858527124
    UPJJ : Semarang

    Cara yang dilakukan dalam vidio tersebut adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
    Vidio tersebut sangat bermanfaat sekali buat saya sebagai pendidik anak usia dini.
    Yang mana, peristiwa tersebut sering kali terjadi karena seyogyanya setiap anak
    memiliki kemampuan yang berbeda. Terimakasih atas vidionya 🙏

  3. NAMA: ROSITA HURSAN
    NIM. : 859266749
    UPBBJ : Kupang

    Dari isi video di awal pembelajaran ibu guru memberikan contoh dengan menebalkan garis di papan tulis anak sebagian anak kesusahan untuk melihat karena menurut saya penyusunan kursi anak belum tepat.
    Anak yang belum bisa memegang pensil sebaiknya guru memberikan contoh cara memegang pensil yang benar setelah berulang kali jika anak belum bisa maka guru memberikan rangsangan atau stimulasi kegiatan yang menggunakan jari jari tangan anak seperti yang guru lakukan.
    Selain memindahkan air menggunakan spon dan memasang dan membuka gembok dan sekrup itu sudah cukup baik.

  4. Nama : Latifah
    NIM : 858156123
    Opbjj : Palangka Raya
    POKJAR : Muara Teweh

    Dalam video tersebut kita di tampilkan tentang bagaimana cara seorang guru dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Guru tersebut terlihat sangat sabar dan telaten dalam mengatasi masalah yang terjadi kepada anak didiknya. Guru memberikan contoh cara memegang pensil dengan benar secara langsung, sambil memberikan pujian dan dorongan kepada anak tersebut. Guru tersebut juga memberikan latihan-latihan ringan agar anak bisa lebih cepat memahami dan menguasai teknik memegang pensil yang benar. Sikap sabar dan kesabaran guru tersebut membuat anak merasa nyaman dan percaya diri dalam belajar.

    Kegiatan memindahkan air menggunakan sponds dari wadah satu ke wadah yang lainnya, Kegiatan membuka dan menutup gembok, skrup dan lain sebagainya, dan Kegiatan membuka dan memasangkan beragam kancing baju. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih motorik halus anak dan meningkatkan keterampilan memegang pensil dengan benar. Dengan bantuan guru yang sabar dan penuh dukungan, anak dapat merasa lebih termotivasi dan percaya diri dalam menghadapi setiap tantangan belajar. Guru juga memberikan pujian dan dorongan yang membangun kepercayaan diri anak sehingga proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

  5. Nama : Aning Sulistyani
    Nim : 858867013

    Dari video diatas dapat menambah pengetahuan saya mengenai cara menangani anak-anak yang mungkin masih belum siap untuk menulis dengan pensil. Sebelum anak pada tahap menulis dengan pensil, sebaiknya anak-anak dilatih dengan berbagai kegiatan seperti
    1. Membuka tutup kancing
    -Mengembangkan keterampilan motorik halus.
    2.Membuka Menutup Gembok
    -Mengasah keterampilan motorik halus dan kognitif.
    3.Memeras Air dengan Spons
    -Mengembangkan kekuatan tangan dan pergelangan tangan.
    Dari semua kegiatan itu ternyata dapat membantu anak berlatih untuk memegang pensil.
    Demikian jawaban dari saya terima kasih

  6. Nama Mahasiswa : Annisa Resti Fauzy
    Nim : 857860096
    Upbjj : Surakarta

    Dari video tersebut, saya jadi ada referensi solusi untuk anak didik disekolah saya, yang memiliki kesulitan serupa, sering ditemui saat awal masuk sekolah, dari video tersebut, saya bisa mencoba untuk dilakukan pada anak didik saya. Terimakasih, sudah memberikan solusi melelaui video tersebut..

  7. dari video tersebut menggambarkan bahwa Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar membutuhkan kesabaran, latihan bertahap, dan pendekatan yang menyenangkan. Perkenalkan Posisi Pegangan yang Benar. Pegangan pensil yang benar biasanya melibatkan tiga jari: ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah. Tunjukkan cara memegang pensil dengan posisi yang tepat dan biarkan anak mencoba. Melatih Motorik Halus Sebelum fokus pada memegang pensil, latih keterampilan motorik halus anak dengan aktivitas yang melibatkan gerakan tangan, seperti merobek kertas, menggambar dengan krayon, atau menyusun balok. Latihan ini membantu menguatkan otot-otot tangan yang dibutuhkan untuk menggenggam pensil dengan benar. memindahkan air menggunakan sponds dari wadah ke wadah yang lain yaitu dengan cara meremas sponds setelah di celupkan ke dalam wadah satu yang berisi air, kemudian air tersebut di sponds yang akan di remas di dalam wadah yang slnjutnya guna untuk mengisi wadah tsb.. Kegiatan ini dapat melatih kesabaran anak dalam memegang sesuatu, seperti : pensil. Kegiatan membuka dan menutup gembok, skrup dan lain sebagainya. Ini dapat melatih anak dalam kesabaran dalam memegang sesuatu. Kegiatan membuka dan memasangkan beragam kancing baju. Kegiatan ini dapat melatih kelenturan jari pada anak

  8. Nama; Laila Hani
    Nim; 858320636
    UPBJJ; Banjarmasin
    video diatas, dapat diambil intisari bahwa seorang guru harus memiliki banyak keilmuan dan kreatif untuk anak anak didiknya ketika mereka mengalami masalah atau kesulitan dalam belajar.
    Contoh saja seperti pada video ;yaitu seorang anak yang kesusahan memegang pensil ketika diminta oleh gurunya untuk menebalkan. Oleh karena itu seorang guru mengajak anak untuk belajar dengan melatih kelenturan otot-otot jari si anak, seperti membuka kancing baju, mengunci dan membuka gembok, serta meremas spons. Hal tersebut menjadi sebuah pedoman untuk seorang guru untuk bisa terus berkreasi dalam mengajar anak anak di kelas

  9. Nama : Eka Sholihat
    NIM : 857513836

    Memegang pensil membutuhkan kekuatan otot-otot halus pada jari tangan, kegiatan menstimulasi otot halus halus dilakukan pada awal masuk sekolah, untuk itu asesmen awal sangat dibutuhkan agar guru mengetahui sejauh mana kemampuan dan kekuatan otot halus ada anak. Metode dan alat main yang digunakan oleh guru dalam video tersebut sudah sangat baik dengan beragam alat yang inovatif dan menambah pengetahuan saya untuk dapat mengembangkannya di sekolah. Namun masih banyak kegiatan lain juga yang lebih menyenangkan untuk melatih otot halus anak, misalnya: Meremas kertas, membuat/membentuk berbagai hal dengan plastisin dan tanah liat, menjepit, memasukan biji-bijian kedalam botol, mencetak dengan pasir daln lain-lain.

  10. Nama: NOVI DIAN RATNA KUMALA
    NIM: 877313704
    POKJAR: SALUT PAKIS

    Melihat video di atas, guru dalam menangani dan menjelaskan tata cara menulis dan menstimulasi anak dalam memegang pensil sudah sangat baik, bahkan dalam tahap anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar guru tersebut sudah sangat baik dalam menstimulasi gerak motorik anak tersebut, saya sangat mengapresiasi usaha guru tersebut dalam mengajar kan anak-anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.

    Ada pun beragam cara dalam menstimulasi anak untuk mematangkan gerak motorik tangan nya yang tidak ada di dalam video, adapun cara nya beragam diantaranya:

    _Ajarkan cara menjepit dan memutar: Ajak anak menjepit pensil di dekat bagian runcing dengan ibu jari dan telunjuk, lalu memutar pensil ke arah belakang. Setelah itu, minta anak menahan pensil dengan jari tengahnya.
    _Stimulasi motorik halus: Ajak anak melakukan aktivitas yang meningkatkan kemampuan motorik halus, seperti menjumputi kancing atau biji-bijian.
    _Gunakan karet gelang: Lingkarkan karet gelang pada pensil, lalu dorong anak untuk menempelkan ibu jari dan dua jari telunjuknya pada karet gelang tersebut.
    _Latih dengan botol semprotan air: Ajak anak menggunakan ibu jari untuk mengoperasikan mekanisme semprotan.
    _Gunakan alat bantu seperti kapur, batang cat, atau spidol.
    Ajak anak bermain dengan mainan yang melibatkan kegiatan aktif menggunakan tangan.
    _Dorong anak memegang benda seperti koin atau kelereng dengan jari manis dan kelingkingnya.
    Ajak anak melakukan kegiatan seperti menempel atau membuat kolase dengan kertas warna-warni.

Leave a Reply