silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Assalamualaikum..
Kasus dengan anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar pasti pernah di jumpai disekolah, video ini sangat bermanfaat bagu guru-guru untuk bagaimana kita bisa menangani anak-anak yang seperti dalam video dengan sangat bijak.
Nama:Paulina Diana Novitasari BM
Nim:859265113
Metode dan alat main yang digunakan oleh guru dalam video tersebut sudah sangat baik dengan beragam alat yang inovatif dan menambah pengetahuan saya untuk dapat mengembangkannya di sekolah. Namun masih banyak kegiatan lain juga yang lebih menyenangkan untuk melatih otot halus anak misalnya menjepit memasukkan biji-bijian ke dalam botol bermain pasir menulis dengan jari di pasir merobek kertas meremas kertas dan membentuk bulatan-bulatan kecil dari kertas atau tanah liat atau plastisin sehingga dapat melatih atau menstimulasi otot halus anak yaitu menstimulasi dari jemari anak sehingga anak bisa memegang pensil dengan baik dan benar. Semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensil pada anak.
Terimakasih bunda😇🙏
Kelly Angelita _859519183
memegang pensil sangat penting pada perkembangan motorik halus anak dan kesiapan anak dalam menulis. inilah yang mneyangkut pada sistem sensori taktilnya saraf pada indera peraba yang sudah terstimulasi maka akan menghasilkan anak yang mampu memegang pensil dengan baik untuk menulis. pada video diatas guru memberikan stimulus pada anak secara individual pad bagian jari tangnannya yaitu seperti meremas, menuang dll yang melatih koordinasi mata dan tangannya. jika solusi teersebut selalu digunakan maka anak berkembang dalam memegang pensil dengan baik
AFIFATUL HAMIDAH
858755489
Metode dan alat main yang digunakan oleh guru dalam video tersebut sudah sangat baik dengan beragam alat yang inovatif dan menambah pengetahuan saya untuk dapat mengembangkannya di sekolah. Namun masih banyak kegiatan lain juga yang lebih menyenangkan untuk melatih otot halus anak, misalnya: Meremas kertas, membuat/membentuk berbagai hal dengan plastisin dan tanah liat
Pada vidio diatas menunjukkan seorang guru yang melatih anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik sudah sangat baik. Guru mengunakan beragam alat yang inovatif untuk membantu melatih motorik halus anak untuk bisa memengang pensil dengan benar. Namun masih banyak kegiatan lain juga yang lebih menyenangkan untuk melatih otot halus anak, misalnya: Meremas kertas, membuat/membentuk berbagai hal dengan plastisin dan tanah liat,memasukan biji-bijian kedalam botol.
Nama : fitria wati
Nim : 856232299
Ijin menangapi
Dari vidio pembelajaran untuk melatih anak dalam memegang pensil dengan memberikan kegiatan menebalkan titik/ membuat garis. Yang mana ada salah satu anak belum bisa mengerjakan ,dari video tersebut terlihat guru sedang memberikan pembelajaran untuk melatih kekuatan otot tangan anak. Adapun cara yang digunakan anak perlu dilatih menguatkan motorik halus pada anak.
Adapun cara melatih kelenturan jari anak melalui kegiatan berikut ini:
1. Meremas spon : memindahkan air dari tempat satu ke tempa yang lain dengan menggunakan spons, melatih kekuatan otot hati yngan
2. Membuka dan menutup kunci gembok,tujuannya untuk menguatkan jari anak serta melatih konsentrasi anak
3. Membuka dan memasangkan Skrub/ mur baut.
4. Membuka dan memasangkan kancing baju
nama: fitria wati
Nim : 856232299
Pada vidio cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil guru memberikan kegiatan menebalkan titik/ membuat garis. Yang mana ada salah satu anak belum bisa mengerjakan ,dari video tersebut terlihat guru sedang memberikan pembelajaran untuk melatih kekuatan otot tangan anak. Adapun cara yang digunakan anak perlu dilatih menguatkan motorik halus pada anak.
Adapun cara melatih kelenturan jari anak melalui kegiatan berikut ini:
1. Meremas spon : memindahkan air dari tempat satu ke tempa yang lain dengan menggunakan spons, melatih kekuatan otot hati yngan
2. Membuka dan menutup kunci gembok,tujuannya untuk menguatkan jari anak serta melatih konsentrasi anak
3. Membuka dan memasangkan Skrub/ mur baut.
4. Membuka dan memasangkan kancing baju
Nama : A. A rika windari
Nim :859018905
Setiap anak berkembang dengan kecepatannya masing-masing. Umur 4-5!tahun memang masa di mana anak biasanya mulai belajar memegang pensil dengan benar. Namun, jika anak Anda belum bisa memegang pensil dengan baik, jangan khawatir. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
• Bersabar: Jangan terburu-buru. Berikan anak Anda waktu untuk belajar dan berkembang.
• Bermain: Berikan anak Anda kesempatan untuk bermain dengan pensil dan kertas. Biarkan mereka menggambar, mewarnai, dan bereksperimen dengan berbagai cara memegang pensil.
• Dorong: Dorong anak Anda untuk mencoba memegang pensil dengan benar. Tunjukkan contoh dan bantu mereka jika diperlukan.
• Berkonsultasi: Jika Anda merasa khawatir, konsultasikan dengan dokter anak atau terapis perkembangan anak. Mereka dapat membantu Anda memahami perkembangan anak Anda dan memberikan saran yang tepat.
Penting untuk diingat bahwa setiap anak berbeda. Ada beberapa anak yang mungkin sudah bisa memegang pensil dengan baik di usia 4-5?tahun, sementara yang lain mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Yang terpenting adalah mendukung anak Anda dan membantunya belajar dengan cara yang menyenangkan dan positif.
Nama : Tri Setiawati
NIM : 857307286
Video : Pendidikan Anak Usia Dini – Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Komentar/tanggapan terkait video tersebut :
Bagus bisa memberikan informasi untuk guru PAUD maupun orang tua dalam menghadapi kasus serupa. Sementara kegiatan tersebut dilakukan pada saat awal masuk kelas A lebih tepat diberikan saat tersebut, sehingga guru dan orang tua menjalankan terapi tersebut sesering mungkin agar saat tiba waktunya menulis, anak sudah bisa memegang pensil dengan benar.
Dari video diatas guru dapat mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dan guru dapat menstimulasikan cara yang ada di dalam video tersebut