silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama;jumratul adauwiyah arudin
    Nim:858188216
    Secara keseluruhan video ini penting bagi seorang guru untuk mengatasi kesulitan memegang pensil
    Biasanya dilembaga tertentu akan ada fase pra menulis dan akan melakukan kegiatan motorik halus tanda kesiapan memegang pensil

  2. Nama : Marpiah
    NIM : 858190355

    Assalamualaikum Wrwb
    Izin menyampaikan pendapat saya terkait video diatas, yaitu Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar.
    Video tersebut sangat bagus karena memberikan edukasi kepada saya sebagai guru paud dalam menghadapi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    Hal tersebut seringkali saya alami, cara yang seringkali saya ambil adalah membantu anak memegang pensil nya saat menulis dan menyuruh si anak menebalkan garis putus-putus sebagai latihan bagi otot-otot tangannya.

    Sekian tanggapan dari saya, terimakasih.

  3. Nama : Latifah Aini
    NIM : 858188832
    Video tersebut memberikan contoh baik tentang cara melatih perkembangan motorik halus anak agar bisa memegang pensil dengan benar, seperti bermain palstisin, mengancing baju dan membuka baju, mengikat tali sepatu, dan banyak lagi. Kegiatan ini baik untuk melatih ketelitian dan mengontrol jari anak, membantu mengkoordinasi mata dan tangan.

  4. Nama : Nindi costanti
    Nim : 859411904

    Dari video tersebut saya melihat guru dalam seri pembelajaran pengembangan fisik motoric sudah sangat baik dan semua anak memiliki antusias yang sangat baik pula dalam mengikuti pembelajaran.
    Dari video ini saya mendapatkan Kelebihan guru dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu guru dengan sabar melatih anak melalui kegiatan-kegiatan yang dapat membantu melenturkan jari –jari sehingga dapat memegang objek dengan benar.
    Kelemahannya menghabiskan waktu yang cukup lama hanya untukk satu orang anak saja dalam melakukan kegiatan kegiatan tersebut.

    Sekian tanggapan dari saya, terimakasih

  5. Nama : SALAMAH MAWADAH
    Nim : 858188413

    Dari hasil refleksi video tersebut, bagi kita seorang guru TK tidaklah mudah untuk mengajari anak-anak dalam memegang pensil dengan benar, dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama agar anak terbiasa memegang pensil dengan benar, karena tidak semua anak TK langsung mampu memegang pensil dengan benar. Hal ini wajar karena perkembangan setiap anak berbeda-beda. Dalam mendampingi anak , kita sebagai guru dapat membantu anak dengan carab isa sesuai dengan di vidio untuk membantu perkembangan motoric halus anak dan guru juga dapat melakukan strategi yang lain seperti :
    1. Memberikan kegiatan Pramenulis seperti:
    • Menyusun balok kecil
    • meronce manik-manik
    • bermain plastisin atau lilin mainan,
    • Menjepit benda kecil dengan penjepitan
    2. Menggunakan alat tulis yang sesuai,
    3. Seperti pensil segitiga atau crayon besar agar mudah digemgam oleh anak
    4. Mendampingi anak dengan sabar saat menggambar atau menulis , sambil memberi contoh dan pujian pada anak.
    5. Membuat aktivitas menulis yang menyenangkan, misalnya lewat lagu, cerita bergambar, menulis dipasir atau di tepung

  6. Dari video pembelajaran pengembangan fisik motorik yang saya amati, terlihat bahwa guru sudah menjalankan pembelajaran dengan sangat baik. Guru mampu menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga semua anak terlihat antusias dan aktif mengikuti kegiatan. Salah satu kelebihan guru adalah kesabarannya dalam menghadapi anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar. Guru memberikan latihan melalui berbagai aktivitas yang dirancang untuk melenturkan jari-jari anak, seperti permainan motorik halus yang menyenangkan. Hal ini sangat membantu anak untuk belajar memegang objek, termasuk pensil, dengan cara yang tepat. Namun, kelemahannya adalah waktu yang dibutuhkan untuk mendampingi satu anak cukup lama, sehingga berpotensi mengurangi perhatian terhadap anak-anak lainnya yang juga membutuhkan bimbingan. Meskipun demikian, secara keseluruhan guru sudah menunjukkan pendekatan yang tepat dan responsif terhadap kebutuhan perkembangan setiap anak.

  7. Nama : Melani Rosita Rasid
    NIM : 857985694
    Dari video yang berjudul Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar sangat bagus dan membantu saya dalam mengatasi permasalahan yang sering kami hadapi. Dengan ketekunan dan kesabaran dalam mendampingi anak-anak belajar. Dengan menebalkan garis putus-putus perlahan-lahan anak mulai tahu cara memegang pensil dengan benar.

  8. Terima kasih atas video yang telah memberikan inspirasi untuk menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya. Dalam video tersebut memberikan tips-tips untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitasnya.
    • Guru menanyakan kepada anak jika masih ada yang ragu tentang tugas yang diberikan
    • Guru memberikan saran untuk membuat karya sesuai dengan idenya walaupun berbeda tema pembelajaran
    • Guru memberikan motivasi kepada anak untuk membuat karya yang disukai anak
    • Guru mengggali ide anak agar anak lebih menumbuhkan kreativitasnya
    Yang terpenting, guru memberikan motivasi bahwa anak pasti bisa melakukannya walaupun hasil tidak sesuai, guru harus mengapresiasi hasil karya anak.

  9. Nama: Diah Ayu Wulandari
    Dalam video tersebut diatas dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.maka Bu guru dapat menstimulasi gerak otot tangan anak dengan cara ,memindahkan air dengan memeras spon,membuka dan memasangkan kancing pada baju dan membuka kunci gembok.dengan stimulasi tersebut otot jari atau tangan tersebut bisa kuat agar dapat memegang pensil. selain itu video ini berikan inspirasi untuk menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya. Dalam video tersebut memberikan tips-tips untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitasnya.
    • Guru menanyakan kepada anak jika masih ada yang ragu tentang tugas yang diberikan
    • Guru memberikan saran untuk membuat karya sesuai dengan idenya walaupun berbeda tema pembelajaran
    • Guru memberikan motivasi kepada anak untuk membuat karya yang disukai anak
    • Guru mengggali ide anak agar anak lebih menumbuhkan kreativitasnya
    Yang terpenting, guru memberikan motivasi bahwa anak pasti bisa melakukannya walaupun hasil tidak sesuai, guru harus mengapresiasi hasil karya anak.

  10. ijin menanggapi, dari video di atas
    Guru mampu mengenali kebutuhan spesifik anak yang mengalami kesulitan dalam memegang pensil, Metode yang digunakan melibatkan latihan bertahap, yang penting dalam mengembangkan keterampilan motorik halus. Pendekatan ini menunjukkan pemahaman bahwa perkembangan anak membutuhkan proses dan tidak dapat dipaksakan. Aktivitas-aktivitas seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, serta membuka dan memasang kancing baju adalah contoh konkret dari cara melatih motorik halus dengan cara yang menyenangkan dan relevan. Kegiatan ini tidak hanya mendukung perkembangan fisik, tetapi juga mendorong anak untuk belajar sambil bermain.elain fokus pada motorik halus, aktivitas ini juga membantu anak membangun koordinasi tangan-mata, kemampuan problem-solving, dan kemandirian.Pendekatan ini menunjukkan bagaimana pengajaran dapat dilakukan secara holistik, di mana tujuan akhirnya bukan hanya pada hasil akhir (memegang pensil) tetapi juga pada proses pembelajaran yang lebih luas.

Leave a Reply