silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Izin menanggapi videonya
Dari video tersebut terlihat seorang guru dengan sabar dan penuh perhatian khusus terhadap anak yang kesulitan memegang pensil, melatih motorik anak untuk melenturkan tangan, melenturkan jari-jari tangan dan melenturkan pergelangan tangan dari memindahkan air dengan cara meremas spon memindahkan air, meraut pensil dan membuka kancing, dari video tersebut terlihat jelas perbedaan karakter dan perkembangan anak itu berbeda.🙏
Nama : Siskawati
NIM : 825979758
ijin menjawab
Dalam video tersebut, seorang anak menunjukkan dan mengatakan pada guru kalau dia belum bisa membuat garis dan juga belum bisa memegang pensil dengan benar, namun guru mampu memahami sikap, kebutuhan dan kesulitan seorang anak. pendekatan dan pendampingan seorang guru sangat diperlukan. Video tersebut sangat memberikan edukasi buat saya yang memiliki masalah yang sama terhadap anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar.
Mengatasi masalah perkembangan fisik motorik anak usia dini.
1. Nama : NAJWA ASPIA
NIM: 859172571
UBJJ : MATARAM
Dalam video mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar di sana terdapat solusi untuk menangani permasalahan tersebut.
Anak dalam rangka usia 3 sampai 6 tahun cenderung mengalami pertumbuhan yang pesat salah satunya perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan. Namun sebagian kecil pada anak yang belum bisa mengkoordinasi tangannya dengan benar seperti saat memegang pensil saat ingin menulis anak belum mampu memegang pensil untuk membuat garis lurus maupun melengkung.
Dalam penjelasan di video untuk menangani permasalahan ini disebutkan beberapa cara untuk menanganinya dengan memberikan latihan-latihan sederhana yang membantu melatih kelenturan jari pada anak, diantaranya:
1. Dengan melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu seperti memegang pensil atau memegang benda lainnya dengan kegiatan bermain memindahkan air ke dalam wadah menggunakan spon diremas oleh anak setiap kali ada dipindahkan dari satu wadah ke wadah lainnya.
2. Latihan kemampuan anak dalam memegang suatu objek dengan melatih membuka dan mengunci gembok atau kegiatan membuka dan mengencangkan sekrup agar kemampuan memegang objek yang semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik.
3. Melatih anak dengan membuka dan memasang berbagai kancing baju cara ini akan melatih kelenturan jari dan otot anak.
Dalam kegiatan-kegiatan di atas tidak hanya untuk melatih kelenturan jari dan kemampuan memegang objek anak namun kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu melatih kefokusan koordinasi mata dan tangan
Izin berpendapat..
Menurut saya, dari paparan video di atas sangat baik, guru tersebut mampu mengenali kebutuhan spesifik anak yang mengalami kesulitan dalam memegang pensil, Metode yang digunakan guru tersebut untuk melatih motorik halus anak dengan melibatkan latihan bertahap, seperti anak di ajak memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok satunya menggunakan spon, membuka dan menututup gembok menggunakan kunci, membuka dan memasangkan mur, menutup dan membuka kancing baju. Dengan begitu koordinasi otot dan kelenturan jari-jari anak dapat terlatih deng bertahap sesuai dengan perkembabgan anak.Dalam hal ini yang terpenting dalam mengembangkan keterampilan motorik halus yaitu, mampu memahami perkembang setiap anak itu berbeda, dan bagai mana cara kita mengembangkannya dengan cara yang menyenangkan dan relevan. Kegiatan ini tidak hanya mendukung perkembangan fisik, tetapi juga mendorong anak untuk belajar sambil bermain.Selain fokus pada motorik halus, aktivitas ini juga membantu anak membangun koordinasi tangan-mata, kemampuan problem-solving, dan kemandirian.Pendekatan ini menunjukkan bagaimana pengajaran dapat dilakukan secara holistik, di mana tujuan akhirnya bukan hanya pada hasil akhir melainkan proses dari setiap kegiatan yang dilakukan anak (memegang pensil).
Tayangan video sangat menginspirasi saya untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Di kelas saya masih terdapat 4 anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Selama ini yang saya lakukan hanya mengajari anak memegang pensil sambil memegang tangannya. Setelah melihat tayangan video ini saya akan melatih otot tangan anak melalui kegiatan-kegiatan seperti pada video. Melatih anak memegang pensil dengan benar sangat penting dilakukan agar kedepannya anak mampu menulis dengan benar pula.
Mengatasi anak PAUD yang belum bisa memegang pensil dengan benar membutuhkan kesabaran, pendekatan yang menyenangkan, dan fokus pada pengembangan keterampilan motorik halus.
Agar Keberhasilan bisa tercapai untuk bisa mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil :
• Kesabaran: Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Bersabarlah dan berikan dukungan yang konsisten.
• Konsistensi: Latihan yang teratur, meskipun singkat, akan lebih efektif daripada latihan yang jarang tetapi lama.
• Kegembiraan: Jadikan kegiatan belajar memegang pensil sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi anak. Hindari tekanan dan paksaan.
Dengan pendekatan yang tepat dan penuh kesabaran, sebagian besar anak PAUD akan dapat mengembangkan keterampilan memegang pensil dengan benar seiring dengan bertambahnya usia dan pengalaman mereka.
terima kasih videonya sangat bermanfaat sekali. solusinya akan saya coba di kelas saya, kebetulan sebentar lagi tahun ajaran baru.
Video “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” menampilkan pendekatan praktis dan sabar dalam membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam memegang pensil. Berikut analisis dari video tersebut:
Tujuan Utama: Video ini bertujuan untuk menunjukkan metode guru dalam melatih motorik halus anak secara bertahap, supaya mereka bisa memegang pensil dengan benar. Hal ini penting karena kemampuan memegang pensil sangat erat kaitannya dengan kesiapan anak dalam menulis dan aktivitas belajar lainnya.
Strategi yang Digunakan: Guru dalam video di atas menggunakan berbagai aktivitas untuk melatih kekuatan dan koordinasi jari anak, misalnya seperti:
1. Memindahkan air menggunakan spons;
2. Membuka dan menutup gembok;
3. Membuka dan memasang kancing baju.
Aktivitas-aktivitas ini dirancang untuk memperkuat otot-otot tangan dan meningkatkan koordinasi mata-tangan anak, yang merupakan dasar penting dalam kemampuan menulis.
Tayangan vidio atas sangat besar manfaatnya untuk saya dan penjelasnya pun sangat membantu saya kedepanya lebih baik lagi dari sebelumnya .
Karna sebelumnya saya tidak bisa mengatasi anak yang mogok belajar tapi dengan adanya vidio ini mungkin saya bisa lebih baik lagi karna saya sudah dapat ilmu dari tayangan vidio di atas .
Nama : Wana Karisma Putri
NIM : 859152791
Berdasarkan video tersebut, disimpulkan bahwa solusi untuk menangani anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu dengan cara memberikan stimulus kegiatan motorik halus yang dapat menguatkan otot-otot jari anak. Adapun pemberian stimulus kepada anak yang dapat dilakukan oleh guru yaitu dengan cara meremas spons, merobek kertas, membuka dan mengunci gembok, serta memasang kancing baju. Karena dengan kegiatan tersebut dapat melatih kelenturan jari-jari tangan anak untuk memudahkan memegang pensil dengan baik dan benar