silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
dari video diatas saya menjadi tahu ternyata selama ini saya kurang memberi latihan motorik halus pra menulis kepada anak didik saya,video ini sangat bermanfaat dan menginspirasi saya sebagai guru,dan saya akan mencoba mempraktekannya kepada anak didik saya.agar anak didik saya trampil menggunakan tangan kanan dan kirinya dalam melakukan berbagai aktifitas khususnya menulis.dan berkembang otot ototnya seara maksimal.
Nama: Nuvitasari
Nim : 858314696
Menurut saya video tersebut sangat bagus dan menginspirasi bagi saya dan guru-guru lain juga. Karena didalam video tersebut sangat jelas bagaimana seorang guru menjelaskan tentang bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, cara yang di ajarkan guru terhadap anak-anak mudah di mengerti. Di dalam video tersebut guru mengajarkan kepada anak bagaimana memindahkan spon yang berisi air ke tempat yang lain, membuka gembuk, membuka dan menutup kancing baju. semua jari-jari anak bekerja dengan baik sehingga dengan kegiatan seperti itu membuat anak-anak terlibat langsung dalam kegiatan yang dapat melatih keterampilan fisik motorik nya.
Pendapat saya Secara keseluruhan, pendekatan yang
Diuraikan sangat komprehensif dan sesuai dengan prinsip-prinsip perkembangan anak. Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar bukanlah tentang “memperbaiki” mereka, tetapi tentang mendukung perkembangan keterampilan motorik halus mereka secara bertahap, dengan cara yang positif, menyenangkan, dan sesuai dengan kebutuhan individu masing-masing anak. Fokusnya harus pada membangun fondasi yang kuat, memberikan bimbingan yang tepat, dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.
Nama: Nuvitasari
Nim : 858314696
Menurut saya video tersebut sangat menginspirasi bagi saya dan guru-guru yang lain. Karena didalam video tersebut sangat jelas bagaimana seorang guru menjelaskan tentang bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang di ajarkan mudah dan dapat di mengerti , bagaimana memindahkan air ketempat yang lain menggunakan sponge, membuka dan menutup gembuk, membuka dan menutup kancing baju. Sehingga jari-jari anak terlatih dan berfungsi dengan baik kegiatan pembelajaran seperti itu membuat anak-anak terlibat langsung dalam kegiatan yang dapat melatih keterampilan fisik motorik anak.
Assalamualaikum Wr. WB
Izin menanggapi.
Nama : Eva Devika Ramadhani
NIM : 858830548
Pokjar : Jaya Baya Kota Kediri
Semester: 8
Pada cuplikan video tersebut membahas tentang anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik, tampak seorang tenaga pendidik mampu mengenali permasalahan yang sedang dihadapi oleh salah satu peserta didiknya. Ia menyadari bahwa permasalahan tersebut berkaitan erat dengan kemampuan motorik halus anak yang pada dasarnya sangat penting bagi perkembangannya. Tenaga pendidik dalam video terlihat sedang membantu anak untuk mengembangkan fisik motorik yang berhubungan dengan kemampuan motorik halusnya, yaitu memegang pensil dengan baik guna membantu anak agar dapat melakukan kegiatan menulis dengan baik dan benar. Hal yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat tepat diantaranya:
a. Melakukan pengembangan secara bertahap seperti:
1. Dimulai dari memindahkan air dalam ember menggunakan spons dan memerasnya
2. Dilanjutkan dengan membuka dan mengunci gembok
3. Dan yang terakhir menggunakan cara memasang dan melepaskan kancing baju.
b. Kegiatan yang dilakukan melibatkan anak secara langsung dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan, hal ini jelas membuat anak lebih semangat dan termotivasi dalam melakukan kegiatan pengembangan motorik halusnya.
Dengan adanya video tersebut membuat saya sebagai tenaga pendidik terinspirasi untuk melakukan pengembangan dengan cara yang menyenangkan saat menghadapi masalah yang sama. Karena ketika permasalahaan seperti ini dapat diselesaikan dengan baik , maka dalam kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga perkembangan akademik anak akan meningkat.
Demikian yang dapat saya sampaikan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih
Tugas Partisipasi 1 Mata Kuliah PKP
Assalamualaikum Wr. WB
Izin menanggapi.
Nama : Eva Devika Ramadhani
NIM : 858830548
Pokjar : Jaya Baya Kota Kediri
Semester: 8
Pada cuplikan video tersebut membahas tentang anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik, tampak seorang tenaga pendidik mampu mengenali permasalahan yang sedang dihadapi oleh salah satu peserta didiknya. Ia menyadari bahwa permasalahan tersebut berkaitan erat dengan kemampuan motorik halus anak yang pada dasarnya sangat penting bagi perkembangannya. Tenaga pendidik dalam video terlihat sedang membantu anak untuk mengembangkan fisik motorik yang berhubungan dengan kemampuan motorik halusnya, yaitu memegang pensil dengan baik guna membantu anak agar dapat melakukan kegiatan menulis dengan baik dan benar. Hal yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat tepat diantaranya:
a. Melakukan pengembangan secara bertahap seperti:
1. Dimulai dari memindahkan air dalam ember menggunakan spons dan memerasnya
2. Dilanjutkan dengan membuka dan mengunci gembok
3. Dan yang terakhir menggunakan cara memasang dan melepaskan kancing baju.
b. Kegiatan yang dilakukan melibatkan anak secara langsung dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan, hal ini jelas membuat anak lebih semangat dan termotivasi dalam melakukan kegiatan pengembangan motorik halusnya.
Dengan adanya video tersebut membuat saya sebagai tenaga pendidik terinspirasi untuk melakukan pengembangan dengan cara yang menyenangkan saat menghadapi masalah yang sama. Karena ketika permasalahaan seperti ini dapat diselesaikan dengan baik , maka dalam kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga perkembangan akademik anak akan meningkat.
Demikian yang dapat saya sampaikan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih
Nama niati
Nim 858159928
Dari video tersebut saya melihat bagai mana cara mengajarkan anak cara memegang pensil secara baiak dan benar dan secara perlahan dari video tersebut kita bisa mengambil kesimpulan cara mengajarkan anak untuk memegang pensil itu haru secar pelan dan lembut tidak kasar pada anak berikan waktu untuk anak bagai mana cara memegang pensil tersebut
Nama : Isnani
NIM : 858299633
Ijin berdiskusi..
Video yang ditayangkan memberikan gambaran seorang guru melakukan upaya mengatasi kesulitan anak dalam memegang pensil yang benar,dimana guru tersebut melakukan pendekatan kepada anak yang merasa kesulitan dalam memegang pensil dengan memberikan stimulus motorik halusnya berupa kegiatan seperti memindahkan air dari mangkok ke mangkok dengan menggunakan spon yang diperas,membuka menutup kunci gembok,melepas memasang kancing baju.
Secara keseluruhan dari tayangan video tersebut bisa menjadi bahan inspirasi para guru yang lain dalam mengatasi masalah kesulitan anak memegang pensil dengan baik.
Nama : Herliani
Nim : 858319925
Vidio ini menjelaskan bagaimana seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, disinilah peran guru dibutuhkan untuk membantu anak yang mengalami kesulitan dalam belajar, adapun cara yang dilakukan guru yaitu dengan cara memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spon, membuka dan menutup kunci gembok, membuka dan menutup kancing baju, untuk melatih motorik halus anak. Dan ini merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan bagi anak mereka dapat belajar sambil bermain sehingga mereka tidak merasa bosan dalam belajar.
Nama : Herliani
Nim : 858319925
Vidio ini menjelaskan bagaimana seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, disinilah peran guru dibutuhkan untuk membantu anak yang mengalami kesulitan dalam belajar, adapun cara yang dilakukan guru yaitu dengan cara memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spon, membuka dan menutup kunci gembok, membuka dan menutup kancing baju, untuk melatih motorik halus anak. Dan ini merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan bagi anak mereka dapat belajar sambil bermain sehingga mereka tidak merasa bosan dalam belajar..