silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Dari video di atas, guru dapat menggunakan kegiatan yang di ajarkan oleh guru. Sebelum mengajarkan anak memegang pensil, sebagai guru kita harus bisa mengajarkan anak dasarnya terlebih dahulu agar anak bisa memegang pensil dengan baik. Terima kasih guru hebat.
Nama: Sopi Nur Solihat
Nim: 859655486
Menurut saya video cara mengatasi anak yang susah menggunakan pensil ini sangat menginspirasi para guru PAUD, memegang/menggunakan pensil dengan benar ada cara dan harus secara bertahap, yaitu dengan melatih motorik halus anak agar otot-otot jari tangan anak melemas ketika dihadapkan dengan kegiatan pembelajaran video diatas.
Wahyuni Khairunnisa
858101248
Video di atas sangat bermanfaat untuk membantu guru menghadapi anak yang memiliki kesulitan dalam memegang pensil. Solusinya dapat berupa penguatan motorik halus anak dengan beberapa kegiatan seperti memindahkan air dengan sponge, membuka dan mengunci gembok serta mengancing dan membuka kancing baju agar tangan anak lebih lentur untuk membuat garis lurus, lengkung maupun zig zag.
Nama: Sopi Nur Solihat
Nim: 859655486
Video diatas sangat bermanfaat khususnya bagi saya dan umumnya untuk seluruh guru PAUD, video cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sangat menarik, ada beberapa kegiatan yang guru tersebut terapkan pada anak tersebut yaitu dengan memindahkan air menggunakan spons, membuka dan mengunci gembok, serta membuka dan mengancingkan baju. guru tersebut memberikan stimulasi terkait motorik halus anak agar jari” anak tersebut melemas dan tidak kaku saat diberikan kegiatan seperti menebalkan garis melengkung seperti yang guru tersebut berikan.
Video ini memberikan gambaran pentingnya melatih motorik halus secara bertahap untuk membantu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Kegiatan sederhana untuk merangsang motorik halus anak seperti memindahkan air dengan meremas spons, membuka gembok lalu mengunci gembok, dan memasang kancing baju terbukti efektif dalam memperkuat otot tangan anak. Saya belajar bahwa proses pembelajaran harus disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak, dan pendekatan yang sabar serta menyenangkan dibutuhkan agar anak bisa berkembang secara optimal. Terima kasih banyak pak atas ilmunya.
Setelah menyaksikan video tersebut, saya menyadari betapa pentingnya memahami tahapan perkembangan motorik halus anak sebelum menuntut mereka untuk bisa memegang pensil dengan benar. Video ini juga menyadarkan saya bahwa tidak semua anak memiliki kesiapan yang sama, dan sebagai guru, saya perlu lebih sabar dan kreatif dalam membantu mereka. Penggunaan alat bantu seperti pinset, karet, atau permainan jari sangat menarik dan bisa saya terapkan di kelas. Pendekatan yang menyenangkan dan tidak memaksa juga membuat anak lebih nyaman belajar. Saya merasa termotivasi untuk mengevaluasi kembali metode yang selama ini saya gunakan, dan akan mencoba menerapkan beberapa strategi dari video diatas untuk membantu siswa saya yang masih mengalami kesulitan dalam menulis.terimakasih Guru pintar online
Nama : Mayang Lestari Nim : 859556559 video di atas sangat membantu guru paud di dalam mengatasi anak yang kesulitan memegang pensil. ada banyak cara yang dapat di lakukan untuk melatih anak memegang pensil dengan benar yaitu dengan melatih aktivitas motorik halus bisa dengan meremas platisin dan spons, atau menindahkan benda-benda kecil menggunakan penjepit, dan mengajak anak mengunting mengikuti pola. dan selalu memberikan dukungan kepada anak
Nama : Ni Kadek Erawati
NIM : 859041557
Dari vidio diatas saya sangat setuju dan termotivasi karena guru tidak langsung memaksa anak untuk memegang pensil dengan benar, sebaliknya guru melatih keterampilan motorik halus anak terlebih dahulu. guru memberikan bimbingan secara sabar dan konsisten.menunjukkan setiap langkah, kemudian membiarkan anak mencoba sendiri setelah mereka merasa cukup kuat. Metode ini memungkinkan anak untuk belajar secara mandiri dengan bantuan dan pengawasan guru.
Setelah menyaksikan video tersebut, saya menyadari betapa pentingnya memahami tahapan perkembangan motorik halus anak sebelum menuntut mereka untuk bisa memegang pensil dengan benar. Video ini juga menyadarkan saya bahwa tidak semua anak memiliki kesiapan yang sama, dan sebagai guru, saya perlu lebih sabar dan kreatif dalam membantu mereka. Penggunaan alat bantu seperti pinset, karet, atau permainan jari sangat menarik dan bisa saya terapkan di kelas. Pendekatan yang menyenangkan dan tidak memaksa juga membuat anak lebih nyaman belajar. Saya merasa termotivasi untuk mengevaluasi kembali metode yang selama ini saya gunakan, dan akan mencoba menerapkan beberapa strategi dari video diatas untuk membantu siswa saya yang masih mengalami kesulitan dalam menulis.terimakasih Guru pintar online
Nama : Duwi Marianti
Nim : 858126249
UPBJJ : UT Pontianak
Setelah menyaksikan video tersebut, saya menyadari betapa pentingnya memahami tahapan perkembangan motorik halus anak sebelum menuntut mereka untuk bisa memegang pensil dengan benar. Video ini juga menyadarkan saya bahwa tidak semua anak memiliki kesiapan yang sama, dan sebagai guru, saya perlu lebih sabar dan kreatif dalam membantu mereka. Penggunaan alat bantu seperti pinset, karet, atau permainan jari sangat menarik dan bisa saya terapkan di kelas. Pendekatan yang menyenangkan dan tidak memaksa juga membuat anak lebih nyaman belajar. Saya merasa termotivasi untuk mengevaluasi kembali metode yang selama ini saya gunakan, dan akan mencoba menerapkan beberapa strategi dari video diatas untuk membantu siswa saya yang masih mengalami kesulitan dalam menulis.terimakasih Guru pintar online