silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Assalamualaikum, izin menanggapi tayang video diatas.
Nama : Herlina S
NIM : 858187744
Video tentang “Mengatasi Anak yang belum bisa memegang Pensil dengan Benar ” Sayang bermanfaat, terutama bagi saya yang seorang guru PAUD, karena ada beberapa murid saya yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar, cara cara yang dilakukan divideo tersebut sangat menyenangkan bagi anak, dan akan saya coba terapkan dikelas saya nanti.
Video di atas sangat bermanfaat bagi guru karena memberi edukasi agar guru mengajari anak motorik halus guna melenturkan otot tangan dan jari-jari sebelum memegang pensil yaitu dengan memindahkan air menggunakan spons, mengajari membuka gembok dengan kunci, selanjutnya melepaskan sekrup guna melenturkan otot-otot tangan, agar otot-otot jari tangan anak lebih matang dalam belajar memegang pensil.
Assalamualaikum..
Izin menyampaikan pendapat.
Nama : Ella Marisa
NIM : 856102821
Saya sangat setuju pada vidio ini, memang sebelum anak diperkenalkan pada pensil, anak terlebih dahulu dilatih motoriknya. Agar anak lebih siap dan mantap dalam menggunakan pensil. Selain cara pada vidio, juga ada cara lain dalam melatih motorik pra menulis atau memegang pensil, yaitu ada dapat dilatih dengan cara meremas biji-bijian, meremas dan merobek-robek kertas..
Terimakasih
Judul: Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Berdasarkan video pada web GPO seri pengembangan fisik-motorik PAUD dengan judul
video “Mengatasi Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” dapat dilihat bahwa salah satu alasan anak tidak bisa memegang pensil dengan benar yaitu kekuatan dan koordinasi tangan pada anak belum sempurna, dan menyebabkan kertasnya sobek dan pensilnya patah. Kekhawatiran tersebut bisa terjadi akibat ia pernah mengalami hal serupa saat perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan pada anak tersebut belum sempurna. Berikut beberapa solusi untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dalam kegiatan antara lain dengan cara:
1. Melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu, seperti pensil dengan kegiatan bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya dengan spon ,spon diremas atau diperas oleh anak tiap kali air dipindahkan ke mangkok lain.
2. Latih kemampuan anak memegang sebuah objek contoh dengan latihan membuka dan menutup kunci gembok, atau gerakan membuka dan mengenjangkan skop agar
kemampuan memegang objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik.
3. Latih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka dan memasangkan beragam kancing baju,cara ini akan melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan pada anak-anak.
Kesimpulannya, jika ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar , pendidik dapat mempraktekkan solusi dari video dari GPO tersebut, lakukan hal tersebut hingga anak benar- benar yakin bisa memegang pensil dengan benar, walaupun secara perlahan bisa menebalkan garis. Jika banyak berlatih maka kekuatan dan koordinasi tangan pada anak tersebut akan berkembang secara optimal. dan dengan pendekatan yang tepat secara pelan – pelan dan bertahap anak akan mampu melaksanakan kegiatannya seperti teman-teman yang lainnya.
ASSALAMUALAIKUM
izin menanggapi
Nama : Melda Yani
Nim : 859815483
Video tersebut sangat mengisnpirasi para guru tentang bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, salah satu caranya yaitu dengan cara mengajak anak untuk melatih motorik halusnya terlebih dahulu misalnya seperti memindahkan air melalui spons dan membuka gembok menggunakan kunci dengan cara itu tangan anak dapat melemas sehingga ia bisa memegang pensil dengan benar dan tidak kaku yang dapat menyebabkan kertas kerja sobek dan pensil patah.
Nama : Mujianah
Nim : 858149894
UPBJJ: PALANGKARAYA
Judul : mengatasi anak belum bisa memegang pensil dengan benar.
Dalam video ini menunjukkan beberapa hal atau kegiatan yang dapat dilakukan atau menstimulasi anak dengan cara melatih motorik anak dengan kegiatan seperti memindahkan air dari mangkok ke mangkok lainnya dengan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasang kancing baju. Cara ini dapat digunakan dan diimplementasikan dalam pendekatan belajar anak yang menyenangkan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak. Aktivitas-aktivitas tersebut bertujuan memperkuat otot-otot tangan dan jari anak agar anak dapat Memegang pensil dengan benar. Melalui video tersebut saya dapat belajar sebelum atau Apabila anak didik ada yang belum dapat Memegang pensil dengan benar saya dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang ada dalam video tersebut untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak dan melatih otot tangan dan jari anak.
Assalamualaikum izin menanggapi video tentang mengatasi anak yang kesulitan memegang pensil. Permasalahan ini pasti banyak kita jumpai ketika para guru memulai pembelajaran di awal tahun, beberapa anak pasti ada yang belum terbiasa memegang dan menggunakan pensil sebagaimana mestinya. Sesuai dengan hal tersebut, video yang di berikan memang sangat baik di lakukan oleh para guru ketika menemukan permasalahan yang sama, karena ketika permasalahan pensil muncul yang seharusnya kita lakukan adalah berikan stimulasi untuk motorik halus anak , seperti yang ada pada video anak memeras air menggunakan spons, buka tutup kunci, memasukan kancing itu semua adalah stimulasi awal untuk motorik anak agar ketika mereka memegang pensil, hal itu bisa di lakukan anak dengan baik. Sekian wassalamu’alaikum
ASSALAMUALAIKUM
Nama : Melda Yani
Nim : 859815483
Izin Menanggapi
video di atas tersebut sangat menginspirasi para guru dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, salah satu caranya adalah dengan mengajak anak melakukan motorik halus terlebih dahulu, dengan menggunakan berbagai macam media untuk mengatasi suatu hal tersebut agar kekuatan dan koordinasi jari-jari tangannya dapat terkoordinasi dengan baik sehingga dapat memegang pensil dengan benar dan tidak mengsobek kertas kerja dan pensilnya patah.
Saya setuju dengan video di atas uru menyediakan kegiatan yang beragam untuk anak-anak, seperti mewarnai, menggunting, dan menempel, yang dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik dan kreativitas anak. Tema kejujuran dipilih dan diintegrasikan dengan kegiatan yang sesuai, sehingga anak-anak dapat belajar tentang nilai-nilai kejujuran dalam konteks yang nyata. Guru memberikan penghargaan kepada anak-anak yang telah menyelesaikan tugas dengan baik, seperti memberikan stiker atau penjepit, yang dapat memotivasi anak-anak untuk belajar dan berprestasi. Selain itu
Guru dapat memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berpikir kritis tentang tugas-tugas yang diberikan, sehingga mereka dapat memahami alasan di balik kegiatan yang dilakukan. Guru memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk merefleksikan pengalaman belajar mereka, sehingga mereka dapat memahami apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat meningkatkan kemampuan mereka.: Guru memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas, sehingga mereka dapat belajar tentang pentingnya kerja sama dan komunikasi.
guru sangat bangus sekali jika menggunakan metode pelatihan motorik halus yang efektif untuk membantu anak mengembangkan kemampuan memegang pensil dengan benar. menggunakan aktivitas yang beragam, seperti memindahkan air dengan spon, membuka dan menutup gembok kunci, dan membuka dan memasangkan kancing baju, untuk melatih motorik halus anak. Guru mengembangkan kemampuan anak secara bertahap, sehingga anak dapat memahami dan menguasai kemampuan memegang pensil dengan benar.
Kita sebagai guru dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mengidentifikasi kebutuhan anak dan menentukan metode pelatihan yang paling efektif. menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran, seperti aplikasi yang dapat membantu melatih motorik halus anak. membantu anak merefleksikan kemampuan mereka dan memahami bagaimana mereka dapat meningkatkan kemampuan memegang pensil dengan benar.