silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Selamat malam
    Ijin menyampaikan pendapat
    Nama: Claudia Alexandra Stella
    Nim: 859301194

    Sebagai guru, saya mengambil pendekatan terhadap anak didik syaa secara bertahap dan menyenangkan untuk membantu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    -Dengan cara memperkuat Motorik Halus
    Anak mungkin belum kuat memegang pensil karena otot jari dan tangannya belum berkembang dengan sempurna.
    Dengan cara:
    •Meremas plastisin atau playdough
    •Menjepit benda kecil dengan pinset
    •Memasukkan manik-manik ke tali
    •Menggunting kertas bentuk sederhana
    Sekian dari apa yang telah saya simpulkan terimakasih

  2. Nama :Nur intan
    Nim :859428456
    Upbjj : Makassar
    Video diatas sangat bermanfaat bagi saya dalam menangani anak yang belum bisa memegang pencil yaitu dengan Cara melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
    Selain cara pada vidio, juga ada cara lain dalam melatih motorik pra menulis atau memegang pensil, yaitu ada dapat dilatih dengan cara meremas-remas kertas , merobek-robek kertas dan menggunti g kertas

  3. NAMA SELA RIFTANA
    NIM 858970783
    UPBJJ JEMBER

    berikut pendapat saya mengenai manfaat dari seri pengembangan fisik motorik anak usia dini tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar di video GPO (Guru Pintar Online):

    Manfaat Utama:

    Seri video ini memberikan kontribusi yang sangat berharga dalam membantu guru memahami dan mengatasi tantangan dalam mengajarkan keterampilan memegang pensil dengan benar kepada anak usia dini. Video ini tidak hanya membahas teori-teori tentang perkembangan motorik halus, tetapi juga memberikan contoh-contoh praktis dan strategi pembelajaran yang dapat diterapkan langsung di kelas.

    Manfaat Spesifik:

    – Meningkatkan Wawasan dan Keterampilan Guru: Video ini membantu guru untuk memahami pentingnya kemampuan memegang pensil dengan benar bagi perkembangan motorik halus anak. Guru dapat belajar tentang berbagai penyebab kesulitan dalam memegang pensil dengan benar, seperti masalah otot, koordinasi, atau pengalaman. Video juga menawarkan strategi pembelajaran yang efektif, seperti penggunaan alat bantu, latihan motorik halus, dan teknik umpan balik yang positif.

    – Memperluas Jaringan dan Dukungan: Video GPO dapat menjadi platform untuk berbagi informasi dan pengalaman di antara para guru. Guru dapat berdiskusi dan bertukar ide dengan guru lain melalui kolom komentar atau forum diskusi. Hal ini dapat memberikan dukungan dan inspirasi bagi guru dalam menghadapi tantangan dalam mengajar.

    – Meningkatkan Motivasi dan Semangat Mengajar: Video ini menunjukkan bahwa ada banyak cara untuk membantu anak-anak belajar memegang pensil dengan benar dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Video ini dapat membantu guru dalam mengatasi tantangan dalam mengajar anak-anak yang sulit belajar dan menumbuhkan semangat untuk terus belajar dan berinovasi dalam pembelajaran.

  4. Mohon izin menyampaikan pendapat
    Nama : Ima Melati
    NIM : 858318568

    Refleksi saya dari video yang saya tonton yaitu Seri Pembelajaran PAUD “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” tersebut adalah melatih keterampilan motorik halus pada anak usia dini. Berbagai kegiatan atau aktivitas yang menyenangkan bagi anak, dapat dilakukan di antaranya dengan melatih motorik halus anak secara bertahap, contohnya seperti : Di antara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya dengan menggunakan spons dengan cara diremas untuk memindahkan air ke mangkok lain. membuka dan menutup kunci gembok, membuka dan memasangkan mur, membuka dan memasangkan kancing baju, sehingga dapat melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak.

  5. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama: Azizah
    Mahasiswa dari UPBJJ Kota Bengkulu
    Setelah saya melihat vidio tersebut vidio tentang mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Memberikan wawasan baru bagi saya mengenal pentingny stimulasi motorik halus dalam perkembangan anak PAUD. saya akan mencoba melatih stimulasi anak dengan cara dividio seperti memindahkan air dengan spons, membuka gembok dengan kunci, dan mengancingkan baju. hal tersebut sangat bermanfaat untuk menguatkan otot otot jari dan melatih motorik halus.

  6. Nama : Monanita
    NIM : 860102094
    Dengan melihat video ini, saya sangat setuju dengan melatih motorik pada anak dengan berbagaimacam cara salah satunya dengan menggunakan spon sebagai media memindahkan air. bisa juga dengan melatih motorik dengan cara membentuk atu membuat sesuatu menggunakan plestesin.
    dengan cara tersebut bisa membuat anak lebih lentur dalam menggunakan alat tulis dengan baik.

  7. Nama : Monanita
    NIM : 860102094
    Dengan melihat video tersebut saya sangat setuju, dengan latihan motorik bisa membuat tangan menjadi lentur dan memudahkan dalam menggunakan pensil.

  8. Nama : Fenita Tri Lestari
    Nim : 859667022

    Video diatas sangat menginspirasi saya sebagai guru paud yang baru mengajar di dunia anak paud, karena di sekolah saya juga ada beberapa anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar erkat vidwo diatas saya menjadi tahu bagaimana cara menghadapi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar contohnya seperti memindahkan air dengan spon dari wadah ke wadah lain lalu ada juga dengan cara bermain menggunakan plastisin dengan cara membentuk bentuk plastisin , video diatas sangat menginspirasi sekali buat para guru guru yang baru masuk dunia anak tk . Terimakasih

  9. Nama : Safitria Ayu Lestari
    NIM : 857623097
    Setelah melihat video tentang “Anak Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”, ada beberapa hal yang saya tangkap yaitu menampilkan pendekatan praktis dalam melatih motorik halus anak usia dini. Diantarannya pada kegiatan memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, dan memasang kancing baju. selain itu ada beberapa tambahan kelebihan dan kekurangan pada video tersebut.
    Kelebihan
    1. Metode yang digunakan sangat relevan untuk anak usia dini, karena memang penguatan motorik halus harus dilakukan lewat aktivitas konkret.
    2. Visualisasi praktik langsung memudahkan guru atau orang tua memahami cara menerapkannya.
    3. Pemilihan kegiatan sederhana (seperti main spons dan kancing baju) menunjukkan bahwa alat-alat yang digunakan mudah didapatkan dan tidak mahal.
    Kekurangan
    Kurang fokus pada masalah inti, yaitu teknik memegang pensil secara benar. Setelah motorik halus dilatih, seharusnya ada sesi lanjutan yang memperagakan cara memegang pensil yang baik.
    Sekian terima kasih…

  10. NAMA : Dewi Rosita
    NIM : 857726604
    hal yang saya dapatkan ketika setelah melihat vidio tersebut adalah ketelatenan kita sebagai pendidik pad yang bagaimana kita harus mengajarkan dan melatih kelentran jari tanga anak dengan cara Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Leave a Reply