silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama : Woro Ratna Gupita
    NIM : 856642933

    Melalui video tersebut sudah dijelaskan secara detail solusi mengatasi kondisi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Beberapa kegiatan untuk kegiatan menulis awal berupa melatih jari anak memegang objek tertentu. Dalam video telah diberikan pemeragaan latihan motorik secara detail, yaitu kegiatan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spons, melatih kemampuan anak membuka dan menutup kunci gembok dan skrup, kemudian kegiatan membuka dan memasangkan kancing baju.

    Berdasarkan video tersebut guru sudah sangat bagus dalam melakukan pendekatan, guru memeragakan dan anak mencoba melakukannya sendiri. Media dan alat peraga yang dibutuhkan terlihat lengkap di kelas tersebut. Hanya saja pembuka video serta penutup dan kesimpulan kegiatan yang dilakukan belum ditampilkan dalam video. Padahal adanya kalimat pembuka dan penutup akan membuat maksud, tujuan serta kesimpulan dari kegiatan/video yang dilakukan lebih tersampaikan.

    Permasalahan mengenai anak belum bisa memegang pensil dengan benar adalah hal yang sering kita jumpai. Adanya video tersebut diharapkan bisa membantu guru ataupun masyarakat secara luas untuk melatih kemampuan motorik anak sehingga bisa memegang pensil dengan benar.

  2. Nama : Woro Ratna Gupita
    NIM : 856642933

    Melalui video tersebut sudah dijelaskan secara detail solusi mengatasi kondisi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Beberapa kegiatan untuk kegiatan menulis awal berupa melatih jari anak memegang objek tertentu. Dalam video telah diberikan pemeragaan latihan motorik secara detail, yaitu kegiatan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spons, melatih kemampuan anak membuka dan menutup kunci gembok dan skrup, kemudian kegiatan membuka dan memasangkan kancing baju.

    Berdasarkan video tersebut guru sudah sangat bagus dalam melakukan pendekatan, guru memeragakan dan anak mencoba melakukannya sendiri. Media dan alat peraga yang dibutuhkan terlihat lengkap di kelas tersebut. Hanya saja pembuka video serta penutup dan kesimpulan kegiatan yang dilakukan belum ditampilkan dalam video. Padahal adanya kalimat pembuka dan penutup akan membuat maksud, tujuan serta kesimpulan dari kegiatan/video yang dilakukan lebih tersampaikan.

    Permasalahan mengenai anak belum bisa memegang pensil dengan benar adalah hal yang sering kita jumpai. Adanya video tersebut diharapkan bisa membantu guru ataupun masyarakat secara luas untuk melatih kemampuan motorik anak sehingga bisa memegang pensil dengan benar.

  3. NAMA : MAYANG LESTARI
    NIM : 859556959
    dari video di atas dapat kita jadikan sebuah referensi dalam mengatasi anak yang kesulitan di dalam memegang pensil. ada banyak cara yang dapat di lakukan untuk melatih anak memegang pensil dengan benar yaitu dengan selalu melatih anak untuk memegang pensil dengan benar yaitu dengan melatih aktivitas motorik halus anak bisa di lakukan dengan cara meremas platisin, spons, atau memindahkan benda-benda kecil menggunakan penjepit dan bisa juga mengajak anak untuk menggunting untuk mengikuti pola dan selalu memberikan motivasi untuk anak agar anak lebih semangat lagi

  4. Nama : Kemalahayati
    NIM : 859517276

    Video ini sangat informatif dan membantu bagi guru-guru yang menghadapi kesulitan dalam mengajar anak-anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Penjelasan yang diberikan tentang cara mengatasi masalah ini sangat jelas dan mudah dipahami. Saya sangat menyukai contoh-contoh yang diberikan dan tips-tips yang dibagikan. Video ini dapat menjadi referensi yang baik bagi saya maupun guru-guru yang ingin meningkatkan kemampuan mengajar mereka.

  5. Nama: Octa Berlian
    Nim: 877958108

    vidio tersebut sangat membantu saya untuk belajar melatih motorik halus anak, mengajak anak dan memberikannya kesempatan untuk mengeksplorasi alat tulis, selain itu kegiatan tersebut juga membantu melath ketrampilan yang di perlukan untuk memegang pensil dengan benar.

  6. Nama : Ria Dewi
    NIM : 858001948
    Dari video tersebut, tampak anak mengalami kesulitan ketika memegang pensil. Hal ini mungkin terjadi karena motoric halus anak kurang berkembang. Dalam video juga diberikan cara sederhana dan menyenangkan untuk melatih motoric halus anak, yaitu dengan meremas spons, membuka kunci gembok dan membuka atau mengancingkan kancing baju. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan motoric halus anak. Kegiatan ini dapat dilakukan lebih sering agar kemampuan motoric halus anak cepat berkembang.

  7. Ada beberapa cara untuk anak berani memegang pensil yaitu dengan cara melatih motorik halus. Membiarkan memegan benda2 keras. Sehingga lama kelamaan akan berani memegang pensil

  8. Nama : ZAINATUN MARFOAH
    NIM : 857859916

    Sebagai pendidik di jenjang PAUD, saya sangat mengapresiasi pendekatan yang digunakan dalam video ini untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak. Materi yang disampaikan sangat sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini, terutama dalam membangun koordinasi tangan serta kekuatan jari yang penting sebagai dasar keterampilan menulis. Saya juga terkesan dengan cara guru melibatkan anak-anak secara aktif dalam proses pembelajaran, karena hal ini mampu menumbuhkan minat dan motivasi belajar mereka. Melalui berbagai kegiatan praktik seperti memindahkan air dengan spons dan membuka kunci, anak tidak hanya terlatih dalam menulis, tetapi juga belajar fokus serta berinteraksi secara sosial dengan teman sebaya. Sebagai pendidik, sudah seharusnya kita memberikan rangsangan yang tepat sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Video ini menawarkan gagasan yang kreatif dan menyenangkan dalam melatih motorik halus, yang sangat mungkin diterapkan dalam aktivitas harian di kelas.

  9. Nama : Lia Widayanti Rahmah
    Nim : 856657277
    Izin berkomentar: dari video pembelajaran tersebut bisa menjadi referensi pembelajaran untuk para guru jika terjadi kasus seperti itu. Pada kegiatan yang dilakukan guru dapat mengembangkan motorik halus anak, karena dengan kegiatan permainan itu menjadi melatih tangan anak agar lebih luwes dalam memegang pensil. Terimakasih

  10. Salom…saya atas nama Debora Tatu Rija, nim 859312402 izin menjawab.
    Aspek perkembangan bahasa anak yang terjadi pada video di atas adalah
    1). Anak mampu memahami dan dapat mengikuti ajaran guru dalam melatih kelenturan jari2nya agar mampu memengang pensil yang benar.
    Dengan kegiatan bermain memindahkan air dari wadah yang satu ke wadah yang lain dengan menggunakan spon.
    Caranya: spon di celupkan dalam wadah 1 lalu di peras ke wadah yang lain sehingga airnya berpindah ke wadah tersebut.
    2). Anak mampu memahami membuka, mengunci gembok dan mur agar kemampuan memegang pensilnya lebih kuat dan terkoordinasi dengan baik.
    Cara: 1. kunci di putar ke arah kiri untuk membuka gembok dan kunci di putar ke arah kanan untuk mengunci gembok.
    Cara 2: anak mampu memahami cara membuka mur dengan memasangkan mur.
    Caranya: memasang lalu memutar dari kiri ke kanan untuk memasang dan untuk membuka mur dari kanan putar ke kiri.
    3). Anak mampu memahami dan melakukan kegiatan untuk melatih kelenturan jari2 tangan dan koordinasi otot dengan membuka dan memasang kancing baju.
    Sekian dari saya bapa, terimakah🙏

Leave a Reply