silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Video ini memberikan panduan praktis dan efektif bagi guru dan orang tua untuk membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus yang penting dalam memegang pensil dengan benar. Video ini juga menekankan pentingnya pendekatan yang sabar dan bertahap, serta penggunaan metode yang menyenangkan agar anak tidak merasa tertekan saat belajar. Pendekatan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan menulis anak sejak dini, yang merupakan dasar penting dalam proses pembelajaran selanjutnya.
Assalamualaikum Wr. Wb
Nama : Wiwin Suryani
NIIM : 856869731
PRODI : PGPAUD
POKJAR: Bengkulu
Video di atas tentang pengembangan fisik-motorik anak dengan tema Anak belum bisa memegang pensil dengan benar.
Dari video tersebut terlihat seorang guru yang sedang mengajari anak didiknya untuk memegang pensil dengan benar. Guru mengajarkan anak untuk berlatih menebalkan garis lengkung dengan mengikuti titik-titik tersebut. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang perkembangannya lebih cepat dan ada yang belum sempurna. Untuk itu penting sekali mengajari anak ketika ia belum masuk sekolah dengan melatih otot jari jemarinya dengan menggunakan teknik yang ada di video tersebut. Video ini sangat membantu guru paud dalam mempersiapkan anak didik baru yang akan datang.
Menurut pendapat saya, guru memberikan pelajaran kepada anak dengan sangat sabar dan tegas. Ketika anak kesulitan memegang pensil, guru menawarkan rangsangan dengan memindahkan air dengan spon, memasang balok dengan memutar kancing baju, dan membuka kancing baju, semuanya untuk melatih keterampilan motorik halus anak. Selain hal-hal di atas, saya juga menggunakan ikat rambut kecil untuk mengikat jari tengah dan jari jempol memudahkan anak untuk belajar memegang pe
Video tersebut sangat bermanfaat! Cara-cara yang dilakukan guru untuk melatih motorik halus anak sangat kreatif dan efektif, seperti:
– Memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lain menggunakan spon, yang membantu meningkatkan kemampuan anak dalam mengontrol gerakan tangan dan jari.
– Membuka dan menutup gembok kunci, yang membantu meningkatkan kemampuan anak dalam menggunakan jari dan tangan untuk melakukan gerakan yang presisi.
– Membuka dan memasangkan kancing baju, yang membantu meningkatkan kemampuan anak dalam menggunakan jari dan tangan untuk melakukan gerakan yang terkoordinasi.
Dengan melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan motorik halus mereka secara bertahap dan meningkatkan kemampuan mereka dalam memegang pensil dengan benar. Cara-cara ini juga menyenangkan dan menantang bagi anak-anak, sehingga mereka dapat belajar dengan lebih efektif dan gembira!
NAMA: SRI WAHYUNI JAYA
NIM : 877973282
Video tersebut sangat bermanfaat! Cara-cara yang dilakukan guru untuk melatih motorik halus anak sangat kreatif dan efektif, seperti:
– Memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lain menggunakan spon, yang membantu meningkatkan kemampuan anak dalam mengontrol gerakan tangan dan jari.
– Membuka dan menutup gembok kunci, yang membantu meningkatkan kemampuan anak dalam menggunakan jari dan tangan untuk melakukan gerakan yang presisi.
– Membuka dan memasangkan kancing baju, yang membantu meningkatkan kemampuan anak dalam menggunakan jari dan tangan untuk melakukan gerakan yang terkoordinasi.
Dengan melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan motorik halus mereka secara bertahap dan meningkatkan kemampuan mereka dalam memegang pensil dengan benar. Cara-cara ini juga menyenangkan dan menantang bagi anak-anak, sehingga mereka dapat belajar dengan lebih efektif dan gembira!
Nama : Winda Tangahu.
Nim :858592107
Semester : 2
Setelah saya menonton vidio pembelajaran PAUD.yang berjudul” mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”
vidio ini sangat menggambarkan bagaiman asesmen otentik di terapkan secara langsung dalam aktivitas pembelajaran.guru tidak menilai anak hanya dari hasil coretan atau tulisan mereka tetapi dari proses motorik yang di tunjukan seperti cara anak memegang pensil,koordinasi tangan,dan kesiapan motorik halus lainnya.
melalui pengamatan dan pendekatan bermain,guru memberikan stimulasi yang sesuai seperti menggunakan alat bantu atau permainan jari,yang membantu perkembangan anak secara alami.ini menunjukan bahwa asesmen otentik jau lebih unggul di bandingkan asesmen tradisional karena lebih menekan pada proses belajar,bukan sekedar hasil akhir,dengan asesmen otentik guru bisa memahami kebutuhan setiap anak dan memberikan intrrvensi yang tepat,sehingga perkembangan motorik anak dapat di dukung secara optimal
Beberapa metode sebelum mengajarkan anak memegang pensil disini sudah sangat tepat dan saya sudah pernah memberikan stimulasi tersebut pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar,namun cara ini memang harus di lakukan oleh orang tua juga dirumah agar stimulasi dapat terus mencapai hasil yang diharapkan.
Nama:Hatni
NIM:85832614
Menurut pendapat saya video guru pintar online itu sangat menambah wawasan dalam dunia pendidikan khusus guru PUAD juga bermanfaat bagi saya dalam mengajar anak didik dengan baik dan benar ,juga memberikan selosi bagaimana menyelesaikan masalah-masalah dlingkungan sekolah PAUD. Terima kasih atas videonya. Semoga kita semua jadi guru -guru yang hebat menjadikan anak-anak yang berkualitas.
Nama:Hatni
NIM:85832614
Menurut pendapat saya video guru pintar online itu sangat menambah wawasan dalam dunia pendidikan khusus guru PUAD ,juga memberikan selosi bagaimana menyelesaikan masalah-masalah dlingkungan sekolah PAUD yaitu mengatasi anak yang belum bisa memegang pinsel dengan benar dengan cara memindahkan air dengan spon dan membuka menutup kunci gembuk. Terima kasih atas videonya. Semoga kita semua jadi guru -guru yang hebat menjadikan anak-anak yang berkualitas.
Nama Helena petronela
Nim : 837878524
Dari video yang saya amati guru sudah melakukan dengan baik cara mengatasi anak yang sulit memegang pensil dengan baik namun masih ad cara lain yang harus di ajarkan kepada anak yaitu dengan cara meremas-remas kertas atau meremas plastisin agar sistem motorik pada jari-jari anak dapat berfungsi dengan baik sehingga pada saat memegang pensil untuk menulis mereka sudah dapat melakukannya.