silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
isnain nisa aulia, 858481424
menanggapi tentang video GPO yg berjudul “mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”. guru dapat memberikan stimulasi terhadap anak yang belum bisa memegang pensil, seperti melatih motorik halusnnya dengan metode belajar meremas kertas, stimulasi bermain plastisin kegiatan-kegiatan tersebut dapat melenturkan jari-jari anak. hal tersebut dapat dilakukan bersama orang tua dirumah dengan metode yang menyenangkan.
guru dan orang tua harus lebih bersabar dalam melatih dan mengajar anak.
Nama : syari’atul khairat
Nim :858325746
Semester 2
Izin memberi tanggapan
Video ini sangat membantu saya dalam menjalankan materi pembelajaran baru bagi siswa baru yang belum memiliki kemandirian pada dirinya, sebagai seorang guru Saya harus lebih cekatan dan lebih aktif dalam segala hal yang dibutuhkan anak-anak dan mengajak anak untuk berkomunikasi untuk lebih sesama mengenalnya dan mempererat antara guru dan anak murid semakin baik Dan mudah dalam beradaptasi anak tersebut.
TUGAS ANALISA VIDEO
Denty Apriliani Laborahima
877802984
Video ini bertujuan untuk membantu anak-anak usia dini yang mengalami kesulitan dalam memegang pensil dengan benar, melalui kegiatan yang melatih keterampilan motorik halus mereka. Video ini menekankan pentingnya pendekatan yang sabar dan metode yang menyenangkan dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan memegang pensil dengan benar. Latihan motorik halus yang konsisten dan bimbingan yang tepat dapat meningkatkan kemampuan menulis anak secara signifikan
TUGAS ANALISA VIDEO
Denty Apriliani Laborahima
877802984
Video ini sangat bagus untuk membantu anak-anak usia dini yang mengalami kesulitan dalam memegang pensil dengan benar, dalam kegiatan ini dapat melatih keterampilan motorik halus mereka. Video ini menekankan pentingnya pendekatan yang sabar dan metode yang menyenangkan dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan memegang pensil dengan benar. Latihan motorik halus yang konsisten dan bimbingan yang tepat dapat meningkatkan kemampuan menulis anak secara signifikan
TUGAS ANALISA VIDEO
Denty Apriliani Laborahima
877802984
Video ini sangat bagus untuk membantu anak-anak usia dini yang mengalami kesulitan dalam memegang pensil dengan benar, dalam kegiatan ini dapat melatih keterampilan motorik halus mereka. Video ini menekankan pentingnya pendekatan yang sabar dan metode yang menyenangkan dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan memegang pensil dengan benar. Latihan motorik halus yang konsisten dan bimbingan yang tepat dapat meningkatkan kemampuan menulis anak secara signifikan.
Nama : Naila Ghina salsabilah
Nim :877685771
Menurut saya, masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar adalah hal yang cukup sering terjadi, terutama pada anak usia dini. Ini bukan berarti anak mengalami gangguan, tapi bisa jadi karena kurangnya stimulasi motorik halus sejak kecil. Oleh karena itu, menurut saya penting sekali bagi orang tua dan guru untuk lebih aktif memberikan kegiatan-kegiatan yang melatih jari dan tangan anak seperti bermain plastisin, meronce, atau menjumput benda kecil Saya juga setuju bahwa pendekatan yang digunakan sebaiknya menyenangkan dan tidak memaksa, karena anak-anak cenderung cepat bosan atau stres kalau ditekan. Selain itu, alat bantu seperti pensil segitiga atau grip pensil juga bisa sangat membantu anak belajar memegang alat tulis dengan cara yang benar Bagi saya, yang terpenting adalah memberikan dukungan, pujian, dan kesabaran dalam mendampingi anak. Setiap anak punya kecepatan belajar yang berbeda, jadi kita harus memberikan waktu dan ruang untuk mereka berkembang secara alami.
Nama : Naila Ghina Salsabilah
Nim : 877685771
Menurut saya, masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar adalah hal yang cukup sering terjadi, terutama pada anak usia dini. Ini bukan berarti anak mengalami gangguan, tapi bisa jadi karena kurangnya stimulasi motorik halus sejak kecil. Oleh karena itu, menurut saya penting sekali bagi orang tua dan guru untuk lebih aktif memberikan kegiatan-kegiatan yang melatih jari dan tangan anak seperti bermain plastisin, meronce, atau menjumput benda kecil Saya juga setuju bahwa pendekatan yang digunakan sebaiknya menyenangkan dan tidak memaksa, karena anak-anak cenderung cepat bosan atau stres kalau ditekan. Selain itu, alat bantu seperti pensil segitiga atau grip pensil juga bisa sangat membantu anak belajar memegang alat tulis dengan cara yang benar Bagi saya, yang terpenting adalah memberikan dukungan, pujian, dan kesabaran dalam mendampingi anak. Setiap anak punya kecepatan belajar yang berbeda, jadi kita harus memberikan waktu dan ruang untuk mereka berkembang secara alami.
Nama: Maimun Lasena
Nim : 8563196 20
Dalam Viideo dengn judul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”, Menurut saya dapat memberikan kontribusi positif dalam membantu guru dan orang tua mengatasi permasalahan anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar. Salah satu kekuatan utama dari video ini adalah relevansi dan pendekatannya yang praktis. Metode yang digunakan bersifat bertahap dan kontekstual, seperti aktivitas memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup kancing, serta kegiatan motorik halus lainnya yang sangat mendukung keterampilan jari anak sebelum mereka benar-benar dilatih memegang pensil. Tayangan ini juga menyajikan praktik nyata yang mudah dipahami dan ditiru, terutama bagi guru atau orang tua yang baru pertama kali menghadapi tantangan ini.
Nama: Maimun Lasena
Nim : 8563196 20
Dalam Viideo dengn judul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”, Menurut saya dapat memberikan kontribusi positif dalam membantu guru dan orang tua mengatasi permasalahan anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar. Salah satu kekuatan utama dari video ini adalah relevansi dan pendekatannya yang praktis. Metode yang digunakan bersifat bertahap dan sangat kontekstual, seperti aktivitas memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup kancing, serta kegiatan motorik halus lainnya yang sangat mendukung keterampilan jari anak sebelum mereka benar-benar dilatih memegang pensil. Tayangan ini juga menyajikan praktik nyata yang mudah dipahami dan ditiru, terutama bagi guru atau orang tua yang baru pertama kali menghadapi tantangan ini.
Nama: Maimun Lasena
Nim : 8563196 20
Dalam Video dengn judul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”, Menurut saya :
1. memberikan kontribusi positif dalam membantu guru dan orang tua mengatasi permasalahan anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar.
2. Salah satu kekuatan utama dari video ini adalah relevansi dan pendekatannya yang praktis.
3. Metode yang digunakan bersifat bertahap dan kontekstual, seperti aktivitas memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup kancing, serta kegiatan motorik halus lainnya yang sangat mendukung keterampilan jari anak sebelum mereka benar-benar dilatih memegang pensil. Tayangan ini juga menyajikan praktik nyata yang mudah dipahami dan ditiru, terutama bagi guru atau orang tua yang baru pertama kali menghadapi tantangan ini.