silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. menurut saya video ini sangat informatif dan memberikan solusi praktis bagi pendidik PAUD dalam membantu anak-anak yang belum bisa memgang pensil dengan benar. penjelasan yang di berikan sangat mudah di fahami dan demonstrasi praktiknya sangat membantu, namun kan lebih baik apabila di tambahkan tips untuk menghadapi anak yang mudah frustasi saat berlatih.

  2. Nama : Sumarsinah 858012324
    Jika ank belum bisa memegang pensil dengan benar dapat memberi latihan kelenturan jari dengan cara membuka dan memasang kancing baju, dengan memindahkan air menggunakan spon.

  3. Nama: IIS SUGIARTI
    NIM: 878204838
    Video dari Guru Pintar Online yang membahas cara melatih anak yang belum bisa memegang pensil memberikan pendekatan yang tepat dan sesuai dengan prinsip perkembangan anak usia dini. Berikut adalah tanggapan saya terhadap isi video tersebut:
    1. Pentingnya Tahapan Perkembangan Motorik
    2. Aktivitas yang Mendukung Keterampilan Motorik Halus seperti di tampilkan di video memindahkan air dengan spon dari mangkok satu ke mangkok yang lain, mengunci atau membuka gembok atau skrup, membuka dan mengancingkan baju.
    3. Pendekatan yang Menyenangkan dan Tidak Memaksa
    4. Peran Guru
    Dengan memahami tahapan perkembangan motorik, menyediakan aktivitas yang mendukung, serta menerapkan pendekatan yang menyenangkan dan tidak memaksa, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan memegang pensil dengan lebih efektif dan menyenangkan.

  4. NAMA: IIS SUGIARTI
    NIM:878204838
    Video dari Guru Pintar Online yang membahas cara melatih anak yang belum bisa memegang pensil memberikan pendekatan yang tepat dan sesuai dengan prinsip perkembangan anak usia dini. Berikut adalah tanggapan saya terhadap isi video tersebut:
    1. Pentingnya Tahapan Perkembangan Motorik
    2. Aktivitas yang Mendukung Keterampilan Motorik Halus,misalnya seperti terlihat di video untuk melatih kelenturan tangan dan kekuatan otot, anak dilatih dalam kegiatan memindahkan air menggunakan spon dari mangkok satu ke mangkok yang lain, lalu mengunci dan membuka gembok atau skru, berlatih membuka dan mengancingkan baju.
    3. Pendekatan yang Menyenangkan dan Tidak Memaksa
    4. Peran Guru dan Orang Tua
    Dengan memahami tahapan perkembangan motorik, menyediakan aktivitas yang mendukung, serta menerapkan pendekatan yang menyenangkan dan tidak memaksa, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan memegang pensil dengan lebih efektif dan menyenangkan.

  5. Nama : Dinda Ariza
    Nim : 860125962

    Video tersebut memberikan tips mengenai “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”. Tidak semua anak usia dini mampu memegang pensil dengan benar. Kemampuan memegang pensil dengan benar memerlukan keterampilan motorik halus karena berkaitan dengan kesiapan menulis dan aktivitas belajar anak lainnya. Ada beberapa strategi mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil yang benar, salah satunya dengan cara melatih keterampilan motorik halus pada anak secara bertahap.

    Ibu guru dapat melakukan beberapa kegiatan untuk melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu (pensil) dengan kegiatan:
    a. bermain memindahkan air menggunakan spons
    b. membuka dan menutup kunci gembok ( agar kemampuan anak dalam memegang objek terkoordinasi dengan baik )
    c. membuka dan memasang beragam kancing baju ( melatih kelenturan dan koordinasi otot jari tangan anak )

    Dengan menggunakan berbagai aktivitas motorik halus dan alat bantu lainnya membuat anak lebih mudah mengembangkan keterampilan dalam memegang pensil dengan benar. Video tersebut memberikan penjelasan yang sangat mudah dimengerti sehingga bisa diterapkan di rumah dan di sekolah.

  6. Nama : Dinda Ariza
    Nim : 860125962

    Video tersebut memberikan tips mengenai “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”. Tidak semua anak usia dini mampu memegang pensil dengan benar. Kemampuan memegang pensil dengan benar memerlukan keterampilan motorik halus karena berkaitan dengan kesiapan menulis dan aktivitas belajar anak lainnya. Ada beberapa strategi mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil yang benar, salah satunya dengan cara melatih keterampilan motorik halus pada anak secara bertahap.

    Ibu guru dapat melakukan beberapa kegiatan untuk melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu (pensil) dengan kegiatan:
    a. bermain memindahkan air menggunakan spons
    b. membuka dan menutup kunci gembok ( agar kemampuan anak dalam memegang objek terkoordinasi dengan baik )
    c. membuka dan memasang beragam kancing baju ( melatih kelenturan dan koordinasi otot jari tangan anak )

    Dengan menggunakan berbagai aktivitas motorik halus dan alat bantu lainnya membuat anak lebih mudah mengembangkan keterampilan dalam memegang pensil dengan benar. Video tersebut memberikan penjelasan yang sangat mudah dimengerti sehingga bisa diterapkan di rumah dan di sekolah

  7. Nama : kardem
    Nim : 859668049
    Tahapan awal untuk menulis ialah memegang pensil dengan baik dan benar.
    Jadi cara penanganan awal ialah melatih jari-jari tersebut.
    Dengan adanya edukasi vidio ini tentunya sangat bermanfaat bagi anak-anak.

  8. Nama : Emilda Santi
    NIM : 858331109

    Menurut saya video berjudul “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”
    Memberikan panduan dalam melatih keterampilan motorik halus anak, kita bisa melatih motorik halus anak seperti
    Menggunting, meremas spons, dan meronce. Ini juga bisa membantu melatih kelenturan jari tangan anak

    Terima Kasih🙏

  9. Nama : Emilda Santi
    Nim : 858331109

    Menurut saya, video berjudul ” mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”. Memberikan panduan dalam melatih keterampilan motorik halus anak, kita bisa melatih motorik halus seperti, menggunting, meremas spons, dan meronce. Ini juga bisa membantu melatih kelenturan jari tangan anak.

    Terima Kasih🙏

  10. Nama: Vivi Safitri
    Nim: 856876031
    Assalamualaikum wr.wb
    Video tersebut sangat lah membantu saya sebagai guru baru dimana saya bisa tau apa yang harus dilakukan dalam mengatasi anak yang kesulitan dalam memegang pensil, yang dimana pada video tersebut sudah menjelaskan apa saja yang harus dilakukan, bagaimana cara untuk menangani anak dengan kesulitan nya dan ada beberapa contoh kegiatan yang dapat saya tiru dalam pembelajaran, video tersebut sangat berguna bagi saya. Wassalamu’alaikum wr.wb

Leave a Reply