silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Menurut saya vidio tersebut memberikan informasi yang bermanfaat bagi guru dan orang tua dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan Fisik motorik terutama cara memegang pensil dengan benar. Pendekatan yang sabar, kreatif, dan menyenangkan sangat penting dalam proses ini.

  2. Nama : Imel Hidayatul Mafiroh
    NIM :858003855
    Menurut saya vidio tersebut memberikan informasi yang bermanfaat bagi guru dan orang tua dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan Fisik motorik terutama cara memegang pensil dengan benar. Pendekatan yang sabar, kreatif, dan menyenangkan sangat penting dalam proses ini.

  3. Nama : Nadiyah Nurus
    NIM : 858006875

    Menurut saya vidio tersebut memberikan informasi untuk membantu anak-anak belajar memegang pensil dengan benar. Ini bisa termasuk:
    Latihan Motorik Halus: Memberikan latihan untuk memperkuat otot-otot tangan dan jari, seperti bermain plastisin, meremas bola, atau memindahkan benda kecil.
    Penggunaan Alat Bantu: Memperkenalkan alat bantu seperti grip pensil atau pensil segitiga yang dirancang khusus untuk membantu anak memegang pensil dengan lebih mudah.
    Teknik Memegang Pensil yang Benar: Mengajarkan teknik memegang pensil yang benar, seperti memegang pensil dengan tiga jari (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah) dan memastikan posisi tangan yang rileks.
    Kesabaran dan Dukungan: Menekankan pentingnya kesabaran dan dukungan dari orang tua atau guru dalam proses pembelajaran.

  4. Secara keseluruhan, pendekatan yang diperlihatkan dalam program video tersebut sangat positif dan efektif dalam mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dengan fokus pada pengembangan motorik halus secara bertahap melalui aktivitas yang konkret dan menyenangkan, guru ini membantu anak membangun fondasi yang kuat untuk keterampilan menulis di masa depan. Namun, penting untuk selalu mempertimbangkan individualisasi, variasi aktivitas, dan keterlibatan orang tua untuk hasil yang optimal.

  5. Nama : Ni Kadek Dwi Anggreni Jnana Putri
    NIM : 859047533
    Prodi : PGPAUD

    2 Anak pada usia 3-6 tahun ada Sebagian kecil anak yang mengalami perkembangan yang belum sempurna pada menulis dan mengikuti pola melengkung dengan alih-alih kerta robek serta pensil patah.
    Solusi mengatasi kondisi tersebut yaitu dengan cara Latihan-latihan menulis awal yaitu:
    • Melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek seperti pensil,dengan kegiatan bermain memindahkan air dari mangkok 1 ke mangkok lainnya dengan menggunakan spons. Spons diremas maupun diperas oleh anak tiap kali air dipindahkan kemangkuk lain
    • Melatih anak dalam memegang suatu objek dalam membuka kunci gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan agar kemampuan memegang objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik
    • Latih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka dan memasangkan beragam kancing baju. Hal ini akan melatih kelenturan koordinasi otot dan jari tangan anak
    Menurut saya dalam vidio ini, jika anak mengalami kesulitan dalam memegang pensil, guru dapat Melatih otot dan koordinasi jari-jari tangan terlebih dahulu agar lebih kuat dan siap dalam memegang pensil dengan 3 cara diatas. Vidio sudah menunjukan solusi yang tepat dan mudah dalam membantu anak dan guru.

  6. 2 Anak pada usia 3-6 tahun ada Sebagian kecil anak yang mengalami perkembangan yang belum sempurna pada menulis dan mengikuti pola melengkung dengan alih-alih kerta robek serta pensil patah.
    Solusi mengatasi kondisi tersebut yaitu dengan cara Latihan-latihan menulis awal yaitu:
    • Melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek seperti pensil,dengan kegiatan bermain memindahkan air dari mangkok 1 ke mangkok lainnya dengan menggunakan spons. Spons diremas maupun diperas oleh anak tiap kali air dipindahkan kemangkuk lain
    • Melatih anak dalam memegang suatu objek dalam membuka kunci gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan agar kemampuan memegang objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik
    • Latih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka dan memasangkan beragam kancing baju. Hal ini akan melatih kelenturan koordinasi otot dan jari tangan anak
    Menurut saya dalam vidio ini, jika anak mengalami kesulitan dalam memegang pensil, guru dapat Melatih otot dan koordinasi jari-jari tangan terlebih dahulu agar lebih kuat dan siap dalam memegang pensil dengan 3 cara diatas. Vidio sudah menunjukan solusi yang tepat dan mudah dalam membantu anak dan guru.

  7. Nama : Sartika
    NIM : 857647745
    Mohon izin menanggaoi video diatas.
    Dari video yang berjudul” Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”, saya dapat belajar cara mengatasi anak yang masih kesulitan dalam memegang pensil. video yang disampaikan juga jelas dan disebutkan bagaimana cara melatih anak agar dapat melatih kelenturan otot jari anak. dikelas saya juga pernah menjumpai anak yang masih kesulitan dalam memegang pensil. dan saat menebalkan atau mearik garis masih belum bisa. ketika memegang gunting pun masih belum mampu. Dari video ini nantinya dapat saya aplikasikan kepada anak tersebut. contoh – contoh kegiatan yag disajikan divideo juga bisa saya jadikan kegiatan untuk melatih kemampuan motorik halusnya yaitu melatih otot – otot jari dan juga tangan. guru mendukung anak untuk terus berkembang dengan memberikan perhatiann kepada setiap anak dan menyesuaikan kegiatan dengan tingkat kemampuan anak. jika ada anak yang masih kesulitan maka tugas kita sebagai guru membimbing anak dan memfasilitasi anak untuk mengembangkan kemampuannya.

    demikian tanggapan dari saya. terimakasih.

  8. Video ini memberikan panduan yang mudah diterapkan untuk mengatasi kesulitan anak dalam memegang pensil dengan benar yang sangat penting untuk perkembangan kemampuan menulis dan koordinasi motorik halus anak. Pendekatan yang menggabungkan stimulasi motorik, penggunaan alat bantu, dan bimbingan yang sabar sangat dianjurkan agar anak dapat menguasai keterampilan dengan baik

  9. Nama : Novita Wijaya
    Nim : 857267018
    Prodi : Paud

    dalam seri pembelajaran kemampuan dasar AUD adalah memegang pinsil yang belum sempurna, namun banyak hal yang bisa dilakukan pendidik untuk meningkatkan kemampuan dasar AUD dalam hal memegang pinsil dengan benar yaitu : meremas remas sponge, membuka dan mengunci gembok, membuka dan memasangkan kembalu baut2 mainan. setelah diberikan pelatihan motorik seperti itu berulang-ulang, hendaknya pendidik juga memberika pelatihan untuk menebalkan garis putus-putus.

    terima kasih

  10. Nama : Fitriani
    Nim : 856495008
    UPBJJ : Pekanbaru
    Dari video yang saya tonton tantang anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik dan di ajari dengan guru nya dengan menggunakan stimulasi stimulasi yang baik .
    Dengan cara: membuka gembok dengan kunci, membuka dan memasang kancing baju dan lain nya itu sangat baik agar otot tangan dan jari anak bisa terlatih dan lentur.

Leave a Reply