silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Trifena Carolina Situmeang
    NIM : 877640478
    Izin memberikan tanggapan untuk video tersebut. Menurut saya penting bagi guru paud untuk melakukan observasi terlebih dahulu tidak semua anak bisa diperlakukan sama jika anak kesulitan memegang pensil guru dan kekurangan stimulasi motorik halus atau ada faktor lain seperti koordinasi barulah dirancang pendekatan individual dengan terapi bermain atau bimbingan personal.

  2. Assalamualaikum.
    Nama : Lisa Rahman
    Nim : 859643284
    dari video pembelajaran tersebut adalah pemberian stimulus bagi anak pramenulis. Alhamdulillah semua langkah-langkah yang terdapat pada video tersebut sudah saya gunakan selama disekolah, dan hal ini berhasil untuk membantu anak melatih menulis. dengan bantuan pemberian stimulus seperti ini dapat melatih kekuatan jari jemari anak, dan dapat mengembangkan motorik halus anak

  3. Assalamualaikum
    Nama : Lisa Rahman
    Nim : 859643284
    UPBJJ : UT Palu

    dari video pembelajaran tersebut,pendidik memberikan pembelajaran untuk menebalkan garis dan dari beberapa anak ada salah-satu anak yang belum tau menebalkan garis. dari kejadian ini pendidik memberikan stimulus untuk melatih menulis anak, pendidik melakukan kegiatan pramenulis bagi anak PAUD, yang dimana pemberian stimulus kepada anak yang belum tau menulis. stimulus yang diberikan pendidik yaitu :
    1. memindahkan air dari wadah satu ke wadah yang lain dengan menggunakan spons
    2. membuka dan menutup kunci gembok
    3. membuka dan memasang mur
    4. membuka dan memasangkan kancing baju
    dari video tersebut adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan pemberian beberapa stimulus.. dari beberapa stimulus yang ada di video tersebut, saya sudah menggunakannya untuk anak pramenulis dan Alhamdulillah berhasil meningkatkan latihan menulis bagi anak PAUD

  4. NAMA : PAULINA PIA BOA
    NIM : 8584664141
    MOHON IJIN MENJAWAB
    1. Bagi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar hal yang saya lakukan yakni dengan menggunting,merobek meremas kertas cara ini dapat
    menstimulasi anak untuk bisa pegang pensil dengan benar
    2. Menurut saya dalam vidio ini jika anak mengalamai pegang pensil bisa dilakukan dengan mencoba meremas remas tangan yakni dengan olahraga kecil

  5. video tersebut menunjukkan bahwa guru menggunakan pendekatan yang efektif untuk membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halus mereka, khususnya dalam memegang pensil dengan benar. adapun beberapa kelebihan dari pendekatan yang dilakukan oleh guru tersebut:

    1. Pendekatan Bertahap: Guru tersebut menggunakan pendekatan bertahap untuk melatih motorik halus anak, yang dapat membantu anak membangun kemampuan mereka secara bertahap dan tidak merasa kewalahan.
    2. Aktivitas yang Variatif: Aktivitas yang digunakan, seperti memindahkan air menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, dan membuka dan memasangkan kancing baju, dapat membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halus mereka dalam berbagai cara.
    3. Fokus pada Kemampuan Motorik Halus: Guru tersebut fokus pada pengembangan kemampuan motorik halus anak, yang sangat penting untuk kemampuan menulis dan menggambar.

    Kelebihan Lainnya
    Pendekatan yang digunakan guru tersebut juga dapat membantu anak mengembangkan kemampuan lainnya, seperti:

    1. Kemampuan Koordinasi: Aktivitas yang digunakan dapat membantu anak mengembangkan kemampuan koordinasi antara tangan dan mata.
    2. Kemampuan Konsentrasi: Anak dapat belajar untuk fokus dan konsentrasi pada tugas yang diberikan.
    3. Kemampuan Sabar dan Telaten: Anak dapat belajar untuk bersabar dan telaten dalam melakukan tugas yang diberikan.

    Kesimpulan
    Secara keseluruhan, pendekatan yang digunakan guru tersebut sangat efektif dalam membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halus mereka.

  6. Lulu Al Basyiroh
    NIM : 857879251
    Tanggapan saya dari video di atas sangat baik dan menarik untuk di lihat karena dapat menambah wawasan saya untuk mengajar kepada anak usia dini khususnya tentang fisik motorik halus ( memgang pensil ).. di video ini juga d perlihat bagaimana langkah-langkah agar anak mampu memegang pensil dengan melatih kelenturan tangan yaitu dengan cara :
    1. Memindahkan air dari 1 wadah ke wadah yang lain menggunakan spone
    2. Membuka dan mengunci gembok
    3. Membuka dan memasang mur
    4. Membuka dan memasangkan kancing baju

  7. nama : Andini Nurissoraya
    NIM : 858017617

    kegiatan yang dapat membantu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu
    1. guru dapat mengajak anak melatih kelenturan tangan dengan kegiatan memindahkan air dari mangkuk ke mangkuk lainnya dengan spons.
    2. guru dapat mengajak anak melakukan kegiatan dengan membuka dan menutup gembok.
    3. guru melatih kelenturan tangan anak dengan kegiatan memasang kancing.

    dari video diatas menginspirasi saya dan menambah informasi baru untuk menangani anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Semoga dapat di implementasikan ke anak anak di sekolah saya untuk kedepannya 😊 terimakasih atas ilmu nya 😊

  8. Nama : Lulu Al Basyiroh
    NIM : 857879251
    Menurut saya, video ini sangat baik dan menarik untuk di lihat karena memberikan wawasan ilmu kepada saya tentang menghadapi kendala yang di lalui oleh anak paud khususnya pada motorik halus yaitu anak tidak dapat memegang pensil.
    Di video ini memberikan langkah-langkah agar kita mampu memberikan solusi terbaik demi kelenturan tangan anak tersebut antara lain dengan cara :
    1. Memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang lain dengan menggunakan spone
    2. Membuka dan mengunci gembok
    3. Membuka dan memasukkan mur
    4. Membuka dan mengancing baju
    Itulah langkah-langkah yang bisa kita gunakan untuk menstimulasi tangan agar dapat terkoordinasi dengan mudah serta dapat melatih kelenturan tangan
    Terimakasih

  9. nama : Andini Nurissoraya
    NIM : 858017617
    beberapa kegiatan yang mampu melatih kelenturan tangan anak yaitu
    1. kegiatan memindahkan air dari mangkok ke mangkok yang lain
    2. kegiatan membuka dan menutup gembok
    3. kegiatan memasang kancing
    dari beberapa kegiatan di atas dapat membantu anak dalam melatih kelenturan tangan, dengan cara itu dapat menstimulus dalam memegang pensil dengan benar. terima kasih untuk ilmu baru yang dapat saya implementasikan untuk anak didik saya di sekolah.

  10. Video di atas sangat bermanfaat sekali karena hal seperti ini sering terjadi pada awal tahun ajaran baru,dimana anak baru masuk ke TK dan masih berada pada masa pra menulis.Anak belum bisa memegang pensil dengan baik karena belum terlatih motorik pada jari-jari tangannya.Maka dari itu sebagai guru kita di harapkan dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan ini melalui kegiatan yang menyenangkan.Diantara kegiatan yang bis Akita lakukan untuk mengembangkan otot jari-jari anak mengajak anak untuk bermain memindahkan air dengan spon dengan cara meremasnya.mengajak anak untuk melakukan kegiatan membuka Dan memasang baut pada balok.Dwngan demikian maka otot jari anak akan terlatih dan bisa berkembang dengan baik.

Leave a Reply