silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Tanggapan dari video di atas, menurut saya sangat bermanfaat membantu kita dalam proses pembelajaran di kelas. Dalam video dimana di ajarkan ketika anak belum bisa memegang pensil belum benar. ketika awal kita mengajar anak yang baru masuk sekolah tentu belum semua bisa memegang pensil dengan benar. Sebelumnya kita membantu anak mengasa motorik halus terlebih dahulu dengan cara seperti membuka memasangkan kain baju. Cara-cara sudah terdapat pada video tersebut dan ini membantu kita dalam mengatasi hal tersebut.
Menurut saya, sebelum mengajarkan anak cara memegang pensil yang benar kita harus melatih otot tangan dan koordinasi jari – jari anak supaya lebih kuat.
Cara melatihnya adalah dengan bermain plastisin, meremas kertas, dan atau memindahkah benda kecil.
Lalu setelahnya bisa dicoba untuk memegang pensil khusus terlebih dulu yang diameternya berukuran besar lalu beralih ke yang diameternya berukuran kecil.
Lewat pembelajaran ini kita sebagi guru juga dapat melakukan asesmen otentik, yaitu mendampingi anak selama proses pembelajaran, melihat proses yang dilakukan oleh anak, dan juga dapat memberikan informasi kepada orang tua bagaimana kemajuan anak.
NAMA : KHOZAINUN NIAM
NIM : 860139344
UPBJJ : SURABAYA
Hal ini sering terjadi pada anak yang baru masuk sekolah yang belum bisa menggerakkan motorik halusnya secara optimal belum terbiasa memegang pensil, video ini adalah salah satu cara agar anak dapat melenturkan jari jarinya dengan cara menulis / memegang pensil dengan benar, untuk meningkatkan kemampuan motorik halusnya dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya yakni merobek robek kertas lalu menempelkannya pada kertas yang sudah ada gambarnya.
Nama :Saudah
Nim:858325019
Video ini sangat berguna bagi guru PAUD untuk memahami bagaimana mengatasi kesulitan anak ketika menahan pensil. Penjelasannya dijelaskan jelas dan didukung dengan contoh kegiatan motorik halus yang mudah diterapkan.
Saya sangat menghargai gaya bermain yang diterapkan, yaitu meremas spons dan menjepit benda kecil, karena sesuai dengan prinsip pembelajaran PAUD yang menyenangkan dan interaktif. Keseluruhan, video ini memberikan inspirasi sekaligus memperkaya pengetahuan saya tentang perkembangan motorik halus pada anak usia dini.
Terima kasih atas video yang inspiratif ini. Saya akan memberikan tanggapan pada forum ini: solusi yang terdapat dalam vidio guru pintar online memberi latihan yang tepat untuk melatih motorik halus anak seperti, kelenturan jari untuk memindahkan air dengan spons dan menutup/membuka kunci gembok atau mengencangkan sekrup. Kegiatan ini dapat membantu anak dalam memperkuat otot jari dan koordinasi tangan, sehingga anak lebih siap untuk memegang pensil yang benar saat belajar menulis. Selain metode yang sudah disebutkan, latihan lain seperti memeras kertas, bermain lilin/playdough, dan memindahkan objek kecil menggunakan pinset juga sangat berguna untuk menambahkan variasi rangsangan motorik halus anak. Dengan berbagai latihan yang menyenangkan, tidak hanya lebih mudah bagi anak -anak untuk menguasai keterampilan mempertahankan pensil, tetapi mereka tidak bosan dan lebih bisa percaya diri. Solusi yang ditampilkan dalam video sangat bagus dan berlaku untuk digunakan di kelas PAUD. Saran saya adalah bahwa guru juga harus terus memberikan motivasi dan suasana belajar yang baik, supaya anak -anak lebih banyak berlatih tentang praktik keterampilan menulis dasar dengan semangat.
Nama : Novita Gustiyani
NIM : 857268604
Anak belum bisa memegang pensil dengan benar.
video ini sangat berguna dan bermanfaat, apabila ada murid yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
banyak stimulasi cara untuk melatih otot-otot jemari tangan agar anak yang nanti nya bisa memegang pensil dengan benar.
terima kasih
Video ini menyajikan topik yang sangat relevan dalam dunia pendidikan anak usia dini, yaitu tentang kemampuan anak dalam memegang pensil dengan benar. Secara keseluruhan, video ini mengangkat perhatian penting bagi orang tua, guru, dan pengasuh terhadap perkembangan motorik halus anak.
Isi dan Penyajian Konten
Video ini menjelaskan bahwa tidak semua anak mampu langsung memegang pensil dengan cara yang ideal, dan hal ini sering membuat orang tua merasa khawatir. Penyampaian dalam video cukup informatif dan memberikan gambaran nyata melalui contoh atau demonstrasi cara memegang pensil yang tidak tepat. Jika ada, visualisasi atau ilustrasi yang ditampilkan sangat membantu pemirsa memahami masalah ini secara konkret.
Salah satu kekuatan video ini adalah pendekatannya yang berbasis perkembangan. Video menggarisbawahi bahwa kemampuan memegang pensil adalah bagian dari proses yang bertahap, dan tidak bisa disamaratakan untuk semua anak. Hal ini sesuai dengan prinsip perkembangan anak yang menekankan bahwa setiap anak berkembang dalam kecepatannya masing-masing.
Namun, video ini juga dapat ditingkatkan dengan menyebutkan tahapan-tahapan perkembangan menggenggam alat tulis, seperti,
Palmar grasp (genggaman seluruh tangan),
Digital pronate grasp (genggaman dengan ibu jari di bawah),
Static tripod grasp (tiga jari memegang, tapi tangan kaku),
Dynamic tripod grasp (tiga jari memegang dengan gerakan luwes).
Penyebab Anak belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu, dalam video ini menyebutkan bahwa kurangnya kekuatan otot tangan, koordinasi motorik halus, dan kurangnya latihan bisa menjadi penyebab utama. Hal ini tepat dan sejalan dengan temuan para ahli tumbuh kembang anak.
Saran dan Solusi Praktis adalah, tanggapan positif lainnya adalah ketika video memberikan saran praktis, seperti, Memberikan permainan yang melatih jari (meronce, bermain plastisin, menggunakan penjepit).
Menggunakan alat bantu seperti grip pensil.
Video ini menyajikan topik yang sangat relevan dalam dunia pendidikan anak usia dini, yaitu tentang kemampuan anak dalam memegang pensil dengan benar. Secara keseluruhan, video ini mengangkat perhatian penting bagi orang tua, guru, dan pengasuh terhadap perkembangan motorik halus anak.
Isi dan Penyajian Konten
Video ini menjelaskan bahwa tidak semua anak mampu langsung memegang pensil dengan cara yang ideal, dan hal ini sering membuat orang tua merasa khawatir. Penyampaian dalam video cukup informatif dan memberikan gambaran nyata melalui contoh atau demonstrasi cara memegang pensil yang tidak tepat. Jika ada, visualisasi atau ilustrasi yang ditampilkan sangat membantu pemirsa memahami masalah ini secara konkret.
Salah satu kekuatan video ini adalah pendekatannya yang berbasis perkembangan. Video menggarisbawahi bahwa kemampuan memegang pensil adalah bagian dari proses yang bertahap, dan tidak bisa disamaratakan untuk semua anak. Hal ini sesuai dengan prinsip perkembangan anak yang menekankan bahwa setiap anak berkembang dalam kecepatannya masing-masing.
Namun, video ini juga dapat ditingkatkan dengan menyebutkan tahapan-tahapan perkembangan menggenggam alat tulis, seperti,
Palmar grasp (genggaman seluruh tangan),
Digital pronate grasp (genggaman dengan ibu jari di bawah),
Static tripod grasp (tiga jari memegang, tapi tangan kaku),
Dynamic tripod grasp (tiga jari memegang dengan gerakan luwes).
-Penyebab Anak belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu, dalam video ini menyebutkan bahwa kurangnya kekuatan otot tangan, koordinasi motorik halus, dan kurangnya latihan bisa menjadi penyebab utama. Hal ini tepat dan sejalan dengan temuan para ahli tumbuh kembang anak.
Saran dan Solusi Praktis adalah, tanggapan positif lainnya adalah ketika video memberikan saran praktis, seperti, Memberikan permainan yang melatih jari (meronce, bermain plastisin, menggunakan penjepit).
Menggunakan alat bantu seperti grip pensil.
Nama :Dewi Arsita
Nim:858014715
Prodi: pgpaud
Izin berkomentar:
Asalamualaikum dalam video tersebut dapat di simpulkan bahwa anak sedang dalam proses belajar memegang pensil dengan baik karena memang lagi masa pramenulis dengan latihan yang konsisten koordinasi tangan dan jemarinya akan semakin berkembang di harap pendampingan motorik halus agar kemampuan menulis nya semakin berkembang
Alhamdulillah, terimakasih vidionya. Dengan video tersebut sangat membantu para guru khusus nya saya dalam menghadapi anak yang belum bisa memegang pensil, video ini sangat bermanfaat untuk contoh dan referensi yang bisa kita terapkan saat mengajar.