silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Assalamu’alaikum wr. wb
    NAMA:ROISUN NISA SOFUL WAHDAH
    NIM:857657896
    Terimakasih atas tips pada video tersebut untuk mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dari video tersebut sangat membantu bagi saya secara pribadi sebagai begal dalam menghadapi anak yang baru mulai belajar untuk memegang pensil,
    Pada video tersebut diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan yaitu dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang diperlihatkan dalam video adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.Terimakasih

  2. Assalamu’alaikum wr. wb
    NAMA:ROISUN NISA SOFUL WAHDAH
    NIM:857657896
    Terimakasih atas tips pada video tersebut untuk mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dari video tersebut sangat membantu bagi saya secara pribadi sebagai begal dalam menghadapi anak yang baru mulai belajar untuk memegang pensil,
    Pada video tersebut diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan yaitu dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang diperlihatkan dalam video adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

  3. Nama. : Nurmawati
    NIM. : 858486462
    Salah satu kendala dalam pembelajaran awak masuk sekolah adalah kesiapan anak didik dalam memegang pensil ada yang sudah siap karena orang tuanya sudah memberikan rangsangan di rumah sehingga ketika masuk sekolah ia sudah siap memegang pensil tetapi ada juga anak yang belum siap memegang pensil karena orang tuanya tidak tahu cara memberikan latihan untuk memegang pensil, sehingga otot-otot jari anak masih kaku ketika digunakan belajar menulis, maka sebagai guru tugas kita lah yang melatih anak didik kita untuk siap belajar menulis, dari video ini menambah pengetahuan saya tentang latihan otot-otot jari dengan membuka dan menutup kancing, bermain membuka dan menutup gembok karena biasanya rangsangan yang saya berikan kepada anak didik saya adalah dengan bermain playdogh atau merobek-robek kertas, dan bermain pasir warna. Vidio yang sangat bermanfaat semoga kedepannya penyajian vidio bisa lebih baik .

  4. Nama wilandar Zalukhu
    Nim 860124068
    Menurut saya video tersebut memberikan ilmu baru dan dapat membantu para guru dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Mengapa demikian? Karena dengan anak mengetahui cara memegang pensil dengan benar itu anak berarti sudah siap untuk belajar menulis maupun menggambar. Dalam hal ini memegang pensil itu termasuk motorik halus anak yang juga harus dilatih supaya menjadi terbiasa. Dalam video tersebut telah dijelaskan cara yang dapat dilakukan dengan sangat baik dan memberikan contoh nyata, jadi tidak hanya wacana atau teoritis. Dengan adanya video tersebut saya merasa terbantu dalam mengatasi anak yang belum bisa menggunakan pensil dengan benar.

  5. Nama : Annafiddatul Hamidah
    Nim : 860122698
    Prodi : Pgpaud

    Video ini sangat bermanfaat karena memberikan pendekatan yang tepat dalam membantu anak usia dini yang belum mampu memegang pensil dengan benar. Dalam praktik di kelas PAUD, kemampuan motorik halus seperti memegang pensil memang tidak dapat dipaksakan secara instan, melainkan perlu stimulasi yang konsisten dan menyenangkan.

    Saya setuju dengan pendekatan yang ditampilkan dalam video, yaitu melalui kegiatan bermain seperti menjepit benda kecil, meremas plastisin, atau mencoret di atas pasir. Metode ini tidak hanya melatih kekuatan jari anak, tetapi juga membuat mereka merasa nyaman dan tidak tertekan. Ini sejalan dengan prinsip pembelajaran PAUD yang berbasis bermain dan pengalaman langsung.

    Dengan melihat kemampuan anak secara individual dan memberikan aktivitas yang sesuai tahap perkembangannya, guru bisa menerapkan asesmen otentik secara lebih maksimal. Guru tidak hanya menilai hasil akhir (anak bisa memegang pensil atau tidak), tapi juga proses dan upaya anak dalam mencapai keterampilan tersebut.

  6. Saya telah melihat video yang berjudul “Cara Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Baik,” yang menawarkan metode yang tepat dan bermanfaat dalam mendukung anak untuk meningkatkan keterampilan motorik halusnya. Dalam video itu, pengajar menjelaskan bahwa sebelum anak bisa memegang pensil dengan benar, mereka perlu dilatih melalui berbagai aktivitas sederhana yang meningkatkan koordinasi tangan dan jari. Aktivitas seperti memindahkan air dengan spons, membuka kunci, dan mengaitkan kancing baju adalah beberapa langkah efektif yang juga menyenangkan bagi anak-anak.

    Video ini sangat berguna bagi orang tua dan pendidik untuk memahami betapa pentingnya pengembangan motorik halus pada anak sebelum mereka mulai belajar menulis. Metode yang diterapkan oleh guru bersifat praktis dan mengasyikkan, sehingga anak-anak tidak merasa stres saat belajar.
    Manfaat:
    – Menyediakan solusi yang konkret dan mudah untuk melatih kemampuan memegang pensil.
    – Membantu orang tua dan guru menyadari bahwa keterampilan menulis dimulai dari pelatihan motorik halus.
    – Mendorong penggunaan aktivitas sehari-hari sebagai alat pembelajaran yang efektif.

  7. Nama : Three Febrianti Zebua
    Nim : 860110149

    Berikut adalah komentar atau tanggapan saya mengenai cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dalam pendidikan PAUD UT:

    Saya sangat menghargai pendekatan yang diberikan dalam video tersebut, karena menitikberatkan pada pengembangan motorik halus melalui kegiatan yang menyenangkan dan edukatif. Pendekatan dengan menggunakan permainan, alat bantu, serta model demonstrasi merupakan strategi yang efektif karena memungkinkan anak belajar secara alami dan tidak merasa terbebani. Pengenalan alat bantu seperti pensil berpegangan dan pemberian latihan motorik halus juga sangat penting, karena otot-otot tangan anak membutuhkan latihan agar mampu memegang pensil dengan stabil.

    Selain itu, saya setuju bahwa pentingnya guru memberikan contoh langsung dan membimbing posisi jari yang benar, karena anak-anak belajar dari meniru. Pendekatan yang penuh pengertian dan sabar sangat diperlukan agar proses belajar ini tidak menimbulkan rasa frustrasi pada anak.

    Sebagai tambahan, saya juga menyarankan agar proses ini dilakukan secara bertahap dan konsisten, serta menguatkan motivasi anak dengan apresiasi atas usaha mereka. Dengan cara ini, anak akan merasa dihargai dan lebih percaya diri dalam mengembangkan kemampuan motorik halusnya. Penguatan aspek psikologis juga sangat berpengaruh dalam memotivasi anak untuk belajar memegang pensil dengan benar.

    Dengan pendekatan yang tepat dan disiplin, saya yakin anak-anak akan mampu menguasai keterampilan ini secara optimal, yang tentunya akan mendukung proses belajar menulis mereka di kemudian hari.

  8. Nama : Rantinem
    NIM : 860060639

    Setelah menonton video yang berjudul “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar” saya melihat bagaimana teknik seorang guru dalam mengatasi anak didiknya yang belum bisa memegang pensil dengan benar, dengan memberikan latihan-latihan menulis awal dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini yaitu :
    Melatih kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu seperti dengan kegiatan :
    1. Bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya dengan menggunakan spon, spon diremas atau diperas oleh anak tiap kali air dipindahkan ke mangkok lain;
    2. Latih anak dalam memegang objek dengan membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan membuka atau mengencangkan skrub agar kemampuan memegang objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik;
    3. Latih kelenturan jari-jari anak dengan membuka dan memasangkan beragam kancing baju, cara ini akan melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak

    Video “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” sangat bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi saya sebagai guru PAUD. Dalam video tersebut ditunjukkan bahwa keterampilan memegang pensil tidak bisa dipaksakan secara langsung, melainkan perlu dilatih secara bertahap melalui aktivitas yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan anak.
    Saya setuju bahwa sebelum anak mampu memegang pensil dengan benar, perlu diberikan stimulasi motorik halus terlebih dahulu, seperti bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spon, latihan membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan membuka atau mengencangkan skrub, dan latihan membuka dan memasangkan beragam kancing baju. Selain teknik pada Video, bisa juga dilakukan kegiatan yang menyenangkan dengan menjepit kapas, memindahkan benda kecil dengan penjepit, atau bermain plastisin. Hal-hal sederhana seperti itu ternyata sangat efektif dalam melatih kekuatan dan koordinasi jari anak.
    Sebagai guru, saya jadi lebih paham dan peka bahwa setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda, dan penting untuk menciptakan suasana belajar yang tidak menekan tetapi mendukung kesiapan mereka. Pendekatan yang sabar dan kreatif seperti yang ditunjukkan dalam video ini sangat menginspirasi saya untuk terus mencoba berbagai strategi dalam mendampingi anak di kelas.

  9. Nama: Fitriani Mukti Sari
    NIM: 860187843

    Video diatas menampilkan pembelajaran di kelas PAUD yang bertujuan untuk membantu anak-anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik. Di awal, guru mengajak anak-anak menebalkan garis di kertas, lalu membimbing mereka secara lisan dan membagikan kertas kerja. Namun, ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sehingga kesulitan dan pensilnya patah.
    Dari video ini, saya belajar bahwa untuk membantu anak-anak memegang pensil dengan baik, kita perlu melatih motorik halus mereka terlebih dahulu. Contoh kegiatan yang bisa dilakukan adalah memindahkan air pakai spons, membuka dan menutup gembok, dan membuka serta memasang kancing baju. aktivitas ini bertujuan untuk melatih kelenturan dan koordinasi jari-jari tangan anak agar lebih siap memegang alat tulis seperti pensil. Selain itu, pentingnya guru memberikan instruksi yang jelas dan menggunakan benda-benda sederhana yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

  10. Izin memberikan komentar

    Video tersebut sangat berguna bagi guru atau calon guru Anak Usia Dini, karena dalam video tersebut saya jadi mengetahui cara-cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak agar dapat memegang pensil dengan benar.
    Setelah melihat video tersebut, saya akan memcoba mempraktekkan apa saja yang ada di dalam video tersebut kepada anak didik saya.

    Terimakasih.

Leave a Reply