silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Assalamu’alaikum
Saya Nia Deniyati
Nim : 877655682
Menurut saya video diatas menunjukkan semangat anak anak dalam belajar menulis dan memegang pensil, tapi ada beberapa siswa yg belum bisa memegang pensil karena cenderung belum sempurna…
Terimakasih
Assalamu’alaikum
Saya Nia Deniyati /877655682
Menurut saya video diatas menunjukan anak anak yg ceria untuk dapat belajar memegang pensil, akan tetapi tidak semua anak bisa memegang pensil dengan baik. Terima kasih
Nama : Siska Danuari
NIM : 857364817
video diatas sangatlah membantu kami para guru untuk lebih aware dan juga memberikan masukan betapa pentingnya melakukan stimulus dasar pemegangan pensil kepada anak sebelum menulis.
Dengan memberikan latihan2 menulis awal seperti melatih kelenturan jari anak dlm memegang objek tertentu, menstimulus dengan kegiatan2 sederhana yang berdampak bagus untuk anak, latihan membuka dan menutup (gembok, pintu, Seleting, mur) latih kelenturan jari anak dengan membuka dan memasang kancing baju
Menstimulus anak dengan kegiatan2 teraebut akan membantu menguatkan pemegangan pensil pada anak dan anak dapat menulis secara benar.
Nama Noreen
nim 858618328
menurut saya video ini sangat informatif dan relevan bagi pendidik PAUD. Pendekatan yang digunakan guru dalam melatih motorik halus anak tergolong sederhana namun efektif. Latihan-latihan seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup gembok, serta memasang kancing baju merupakan bentuk stimulasi motorik halus yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. Video ini juga menggambarkan bahwa permasalahan anak dalam memegang pensil tidak bisa langsung diatasi secara langsung, namun perlu melalui tahap-tahap latihan yang menyenangkan dan tidak membebani anak. Selain itu, akan sangat bermanfaat jika ditampilkan perkembangan anak dari sebelum hingga setelah diberikan stimulasi, sehingga hasil dari intervensi terlihat lebih jelas.
Nama: Gabriella Sekarkinanti
Nim: 859941065
Menurut saya, artikel ini sangat membantu dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya pelatihan motorik halus sebelum anak belajar memegang pensil dengan benar. Guru dituntut untuk mampu merancang kegiatan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak dan menyampaikannya dengan metode yang menarik. Dalam konteks kemampuan mengajar, artikel ini menekankan pentingnya pemilihan media pembelajaran yang tepat, pendekatan yang bertahap, serta pentingnya menciptakan suasana belajar yang aman dan menyenangkan. Namun, akan lebih baik jika evaluasi perkembangan anak lebih ditonjolkan agar pembelajaran dapat berjalan lebih terarah.
Nama: Habibah Indira Natasa Hasibuan
NIM:878365468
Video ini sangat membantu dan menarik, terutama bagi orang tua, guru, dan siswa keguruan yang ingin memahami seberapa penting keterampilan motorik halus anak, terutama cara memegang pensil dengan benar.Penjelasan yang diberikan sangat sederhana dan mudah dipahami, menjadikannya referensi yang baik untuk menemukan metode atau pendekatan pembelajaran yang tepat.Saya setuju bahwa kemampuan memegang pensil dengan benar adalah salah satu aspek penting dalam proses belajar menulis.Dengan video ini, kita menjadi lebih sadar bahwa setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda-beda, dan bahwa peran orang tua dan guru sangat penting dalam memberikan latihan dan stimulasi yang tepat.Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Guru Pintar Online atas materi pembelajarannya. Kami berharap semakin banyak video seperti ini akan membantu meningkatkan pendidikan di Indonesia.
Nama: Habibah Indira Natasa Hasibuan
NIM:878365468
Video ini sangat membantu dan menarik, terutama bagi orang tua, guru, dan siswa keguruan yang ingin memahami seberapa penting keterampilan motorik halus anak, terutama cara memegang pensil dengan benar. Penjelasan yang diberikan sangat sederhana dan mudah dipahami, menjadikannya referensi yang baik untuk menemukan metode atau pendekatan pembelajaran yang tepat. Saya setuju bahwa kemampuan memegang pensil dengan benar adalah salah satu aspek penting dalam proses belajar menulis . Dengan video ini, kita menjadi lebih sadar bahwa setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda-beda, dan bahwa peran orang tua dan guru sangat penting dalam memberikan latihan dan stimulasi yang tepat. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Guru Pintar Online atas materi pembelajarannya. Kami berharap semakin banyak video seperti ini akan membantu meningkatkan pendidikan di Indonesia.
NAMA: MERNIATI KIA
NIM. : 859423654
UPBJJUT: MAKASSAR
Dari video di atas sangat bermanfaat karena hal seperti ini sering terjadi pada awal tahun ajaran baru,dimana anak baru masuk ke TK dan masih berada pada masa pra menulis. Anak belum bisa memegang pensil dengan baik karena belum terlatih motorik pada jari-jari tangannya.Maka dari itu sebagai guru kita di harapkan dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan ini melalui kegiatan yang menyenangkan.
Diantara kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan otot jari-jari anak
-mengajak anak untuk bermain memindahkan air dengan spon dengan cara meremasnya.
-mengajak anak untuk melakukan kegiatan membuka Dan memasang baut pada balok.
sehingga dapat melatih otot jari anak akan berkembang dengan baik
Assalamualikum…..
Nama : Eni Sumarni
NIM : 877797202
Vidio tersebut sangat menginspirasi dan menambahwawasan pengetahuan tentang solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.Cara yang dilakukan ibu guru tersebut ialah dengan kegaitan bermain yang menyenangkan bagi anak untuk melatih kekuatan otot tangan dan kelenturan jari-jari anak.saya sangat menyuaki vidio tersebut terimakasih.
Vidio tersebut sangat menginspirasi dan menambahwawasan pengetahuan tentang solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.Cara yang dilakukan ibu guru tersebut ialah dengan kegaitan bermain yang menyenangkan bagi anak untuk melatih kekuatan otot tangan dan kelenturan jari-jari anak.saya sangat menyuaki vidio tersebut terimakasih.