silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Assalamualaikum ijin berkomentar
Nama : Desty Sagitatani
NIM : 877682181
Dalam Video tersebut kita tahu cara mengatasi anak yang susah
memegang pensil saat pembelajaran. Cara mengatasinya denganjari meremas spons yang berisi air, membuka gembok dengan gembok dan membuka kancing baju. Ketiga hal tersebut dilakukan untuk melatih otot jari tangan pada anak dan menguatkan kekuatan koordinasi otot anak. Dengan dilatih kegiatan seperti itu anak lama kelamaan akan dapat Memegang pensil dengan benar. Tetapi tidak hanya menggunakan spons, membuka gembok, dan mengancing bajunya saja, tetapi juga bisa menggunakan kertas koran. Dengan menyobek kertas koran memanjang dan meremasnya membentuk membulat seperti bola.
Nama : via cucuy suyata karim
NIM : 877678547
UPBJJ : Bandung
izin berkomentar
video yang sangat bermanfaat bagi saya sebagai calon guru untuk bisa melatih anak anak dengan cara yang kreatif dan tidak membosankan 🙏
Assalamualaikum wr, wb.
Izin menanggapi vidio.
Menurut saya vidio pembelajaran menggenai melatih dan mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sangat lah membantu anak dan juga sebagai pembelajaran guru dalam melatih anak didikya. Dengan latihan – latihan sperti yang di contohkan dalam vidio tersebut dapat melati otot jari tangan anak menjadi lemas dan terkoordinir.
Nama : Adah siti saadah
Nim : 857527375
Judul Vidio : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
vidio ini menjelaskan tentang bagaimana cara guru mengembangkan kemampuan dasar motorik halus pada anak usia dini dengan cara yang menyenangkan. agar anak mampu memegang pensil dengan baik guru memberikan kegiatan seperti meremas kertas,memasangkan kancing,memindahkan air dengan spons dan membuka tutup gembok. menurut pendapat saya vidio ini memberikan penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami. dan saya setuju bahwa kegiatan tersebut dapat melatih anak dalam memegang pensil yang mana kemampuan anak dalam memegan pensil adalah salah satu aspek penting dalam proses belajar menulis.
Nama : Herike Justri buana
Nim : 856961658
Judul video : mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Setelah saya melihat video ini , menurut saya seorang guru melakukan Pendekatan sabar dan bertahap dalam melatih motorik halus anak patut diapresiasi. Guru yang membimbing dengan alat peraga atau teknik sederhana (seperti menggenggam benda lain sebelum pensil) menunjukkan kreativitas dalam menyesuaikan metode belajar. Proses ini tidak memaksa, melainkan membangun kebiasaan lewat pengulangan dan bermain, sesuai dengan prinsip pembelajaran PAUD. Hal ini penting untuk mendukung perkembangan anak tanpa tekanan, sekaligus memberi orang tua contoh praktis stimulasi motorik di rumah.
nama : Dian Nopita
nim : 877760246
Video ini sangat bermanfaat karena memberikan pendekatan yang tepat dan sabar dalam melatih kemampuan motorik halus anak. Tidak semua anak usia dini langsung mampu memegang pensil dengan benar, dan itu wajar. Melalui latihan yang menyenangkan seperti bermain plastisin, menjepit dengan penjepit baju, atau menggambar bebas, anak-anak bisa menguatkan otot tangan mereka tanpa merasa tertekan. Sebagai guru, kita diingatkan untuk tidak terburu-buru menuntut anak menulis rapi, tetapi fokus dulu pada fondasi motoriknya
assalamualaikum
nama : jalfa kailul
ijin menanggapi video
1. pendapat saya
Video ini sangat bermanfaat dalam memberikan wawasan praktis kepada para pendidik PAUD mengenai cara mengatasi masalah umum di kelas, yaitu anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar. Dengan menampilkan berbagai aktivitas yang melatih motorik halus, video ini menekankan pentingnya pendekatan bertahap dan menyenangkan dalam mengembangkan keterampilan dasar menulis pada anak usia dini.
pdfcoffee.com
2. Tanggapan saya
Guru dalam video menunjukkan kreativitas tinggi dengan menggunakan berbagai kegiatan seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup gembok, serta memasang kancing baju untuk melatih motorik halus anak. Pendekatan yang digunakan sangat sesuai dengan prinsip perkembangan anak, yaitu melalui pengalaman konkret dan menyenangkan sebelum memperkenalkan penggunaan pensil. Anak-anak terlihat aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan, yang menunjukkan bahwa metode yang digunakan efektif dalam menarik perhatian dan minat mereka.
assalamualaikum
nama : jalfa kailul
ijin menanggapi video
1. pendapat saya
Video ini sangat bermanfaat dalam memberikan wawasan praktis kepada para pendidik PAUD mengenai cara mengatasi masalah umum di kelas, yaitu anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar. Dengan menampilkan berbagai aktivitas yang melatih motorik halus, video ini menekankan pentingnya pendekatan bertahap dan menyenangkan dalam mengembangkan keterampilan dasar menulis pada anak usia dini.
pdfcoffee.com
2. Tanggapan saya
Guru dalam video menunjukkan kreativitas tinggi dengan menggunakan berbagai kegiatan seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup gembok, serta memasang kancing baju untuk melatih motorik halus anak. Pendekatan yang digunakan sangat sesuai dengan prinsip perkembangan anak, yaitu melalui pengalaman konkret dan menyenangkan sebelum memperkenalkan penggunaan pensil. Anak-anak terlihat aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan, yang menunjukkan bahwa metode yang digunakan efektif dalam menarik perhatian dan minat mereka.
Anak belum bisa memegang pensil dengan benar
Dalam video tersebut guru menawarkan anak untuk menebalkan garis.dalam tawaran tersebut semua anak menanggapnya dengan senang.Masing-masing anak menebalkan garis melaui LKS.Namun ada seorang anak yang belum bisa menebalkan garis tersebut.Dan solusinya adalah melakukan latihan kelenturan jari anak dengan memindahkan air dari satu mangkok ke mangkok lainnya dengan menggunakan spons,latihan membuka dan mengunci gembok,membuka dan memasang skrup,membuka dan mengancing baju.Cara ini melatih kelenturan dan koordinasi otot jari tangan anak.
3.Judul video : mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Setelah saya melihat video ini , menurut saya seorang guru melakukan Pendekatan sabar dan bertahap dalam melatih motorik halus anak patut diapresiasi. Guru yang membimbing dengan alat peraga atau teknik sederhana (seperti menggenggam benda lain sebelum pensil) dan benda lainnya untuk melatih motorik halusnya. Proses ini tidak memaksa, melainkan membangun kebiasaan lewat pengulangan dan bermain, sesuai dengan prinsip pembelajaran PAUD.