silahkan klik iconΒ  Β  jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisaΒ  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, Β evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) sepertiΒ  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik Β yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,683 Comments

  1. Nama: Tuti Alawiyah
    NIM: 860027803
    Vidio ini sangat menginspirasi sekali bagi saya yang sering menemukan kasus yang sama yaitu anak kesulitan untuk memegang pensil dengan benar. vidio ini dapat menjadi sumber yang bermanfaat bagi orang tua dan pendidik. dalam Video ini memberikan penjelasan yang jelas dan praktis tentang cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Strategi yang disajikan dapat membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halus dan meningkatkan keterampilan menulis.

  2. Mubasiroh
    Nim : 877309808
    Mengatasi anak yang bisa memegang pensil dengan. Pada rentan anak umur 3 – 6 tahun cenderung mengalami perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang cukup cepat sebagian kecil mengalami perkembangan yang belum sempurna: solusi bagaimana kita mengatasinya agar kejadian tersebut tidak terulang seprti memegang pensil tapi malah putus dan sobek kertasnya saat dibuat untuk menulis.
    Adapun cara mengatasinya :
    Dengan memberikan latihan awal dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut: a. Latihan kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu seperti pensil dengan bermain memindahkan spon air dari mangkok satu ke mangkok yang lain dengan menggunakan spon, spon diremas/ diperas oleh anak tiap kali air di pindahkan ke mangkok air
    b. Latih pula kemampuan anak dalam memegang suatu objek dalam membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan membuka atau mengencangkan sekrup agar kemampuan anak dalam objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik

  3. Baiq Intifatimatuzzahra
    NIM 859177334
    izin menanggapi video, pada video tersebut terdapat beberapa anak yang tidak bisa memegang pensil dengan benar, jika hal ini tidak segera diatasi maka akan berdampak pada perkembangan motorik halus anak, pada video juga dijelaskan apa saja upaya yang bisa dilakukan guru untuk mengatasi hal tersebut yaitu pertama bisa dengan melatih kelenturan jari anak dalam memegang suatu benda dengan cara memindahkan air dengan spons dari wadah satu kewadah yang lain selain itu juga bisa dengan melatih kemampuan anak dalam memegang suatu benda dengan cara membuka tutu kunci gembok.

  4. Menurut saya video Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar ini sangat membantu kami para pendidik sebagai referensi di lapangan apabila berbagai cara telah kami lakukan namun masih ada solusi lain yg bisa kita tempuh.
    Melalui video tersebut pendidik semakin paham bahwa kemampuan anak tidak sama maka kita sebagai pendidik hendaknya lebih peka terhadap situasi dan kondisi anak didik. Bahkan sebelum anak terlibat langsung dengan kegiatan belajar mengajar, hal dasar seperti memegang pensil harus kita berikan stimulasi dasar terlebih dahulu.

    Kegiatan stimulasi untuk anak dapat dilakukan dengan guru memberikan informasi dan mengajak orangtua untuk berkolaborasi menciptakan kegiatan dasar tersebut, agar stimulasi di sekolah dan dirumah berkelanjutan.

  5. NAMA : RIA AJENG KARTIKA
    NIM : 856766074

    Dari video tersebut, saya belajar bahwa anak tidak boleh dipaksa untuk langsung bisa memegang pensil dengan benar.
    Memegang pensil adalah keterampilan yang membutuhkan waktu dan latihan, jadi kita harus sabar dan memahami kemampuan anak.
    Jika anak belum bisa, langkah yang bisa dilakukan adalah mengajarkan cara memegang pensil dengan benar, yaitu dengan ibu jari dan telunjuk, dibantu oleh jari tengah.
    Selain itu, anak juga bisa diajak untuk melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti menggambar, mewarnai, atau mencoret-coret bebas.

  6. Nama : Klaudia syintia bela
    NIM : 877640256
    vidio yang sangat menarik dan bermanfaat bagi para guru anak usia dini, karena masa masa umur 3-6 tahun terkadang banyak anak yang belum bisa cara memegang pensil dengan benar bahkan tidak bisa menggunakannya, dari vidio tersebut para guru melihat terkait bagaimana solusi agar anak didiknya bisa memegang dan menggunakan pensil, melalui berbagai cara salah satunya yaitu memindahkan air dari wadah satu ke wadah lainnya menggunakan busa.
    terimakasih atas vidio bermanfaat nyaπŸ™πŸ€—

  7. A. Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar (2010), adalah :
    Video mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar adalah :
    video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

    Bagaimana cara guru menghadapi dan cara mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik dan benar, adapun metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut adalah sudah benar dan tepat. Kegiatan yang diberikan guru kepada anak sebelum anak memegang pensil, dengan merangsang terlebih dahulu fisik motorik halusnya, agar otot – otot pada jari – jari tangan anak menjadi lebih kuat dan lentur pada saat memegang pensil dengan baik dan benar, anak – anak terkadang belum kuat dan belum dapat memegang pensil dengan baik dan benar. Oleh sebab itu saya biasanya melakukan kegiatan seperti kegiatan untuk meremas – remas jari – jari anak, meremas – remas kertas menjadi bentuk bola / bulat, meremas – remas spon basah / kering, dengan cara tersebut di harapkan otot – otot jari – jari anak menjadi kuat dan lentur, selain itu juga perkembangan fisik motorik halus anak dapat terbiasa dan terlatih serta dapat memegang pensil dengan baik dan benar. sehingga saat anak memegang pensil sudah baik dan benar.

  8. NIM : 858096558
    NAMA : YULINDA BATARA

    Mengatasai Masalah Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini
    JUDUL :
    A. Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar (2010), adalah :
    Video mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar adalah :
    video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

    Bagaimana cara guru menghadapi dan cara mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik dan benar, adapun metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut adalah sudah benar dan tepat. Kegiatan yang diberikan guru kepada anak sebelum anak memegang pensil, dengan merangsang terlebih dahulu fisik motorik halusnya, agar otot – otot pada jari – jari tangan anak menjadi lebih kuat dan lentur pada saat memegang pensil dengan baik dan benar, anak – anak terkadang belum kuat dan belum dapat memegang pensil dengan baik dan benar. Oleh sebab itu saya biasanya melakukan kegiatan seperti kegiatan untuk meremas – remas jari – jari anak, meremas – remas kertas menjadi bentuk bola / bulat, meremas – remas spon basah / kering, dengan cara tersebut di harapkan otot – otot jari – jari anak menjadi kuat dan lentur, selain itu juga perkembangan fisik motorik halus anak dapat terbiasa dan terlatih serta dapat memegang pensil dengan baik dan benar. sehingga saat anak memegang pensil sudah baik dan benar.

  9. nama : Rini indriyastuti
    Nim :857877233

    vidio yang sangat bermanfaat mengajarkan kepada kita semua bahwa kita itu tidak serta merta langsung mengajarkan anak untuk menulis tanpa melihat kemampuan fisik motorik halusnya. yang terpenting ajarkan anak untuk memperkuat otot tangan tangan supaya saat memegang pensil anak sudah kuat dan mampu.

  10. izin menanggapi video, pada video tersebut terdapat beberapa anak yang tidak bisa memegang pensil dengan benar, jika hal ini tidak segera diatasi maka akan berdampak pada perkembangan motorik halus anak, pada video juga dijelaskan apa saja upaya yang bisa dilakukan guru untuk mengatasi hal tersebut yaitu pertama bisa dengan melatih kelenturan jari anak seperti yang ada divideo dengan beberapa cara seperti, memindahkan air dengan spons dari wadah satu kewadah yang lain, membuka dan mengunci gembok, dan memasang kancing baju.stimulasi tersebut dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak jika dilakukan dengan konsisten.

Leave a Reply