silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,683 Comments

  1. Video yang sangat bagus dan bisa menjadi rujukan dalam mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Guru perlu melakukan latihan fisik motorik halus dulu sebelum menyuruh anak menulis menggunakan pensil, seperti memindahkan air dari wadah yang satu ke wadah lainnya menggunakan spons, latihan membuka kunci gembok, dan memasang dan membuka mor, serta memasang dan membuka kancing baju. Latihan seperti ini bisa membuat otot tangan anak menjadi lentur dan bisa menulis dengan baik. Guru perlu bersabar dalam mendampingi anak dalam melatih fisik motorik halus anak..

  2. Videonya sangat bagus dimana diperlihatkan anak kesulitan membuat garis dan solusi yang diberikan seperti contoh memegang satu objek dengan contoh membuka dan memasangkan mur . video yang sangat lengkap dimana ada permasalahn dan ujuga solusi yang diberikan. Cara guru didalam mengajakn murid juga sangan baik. Solusi yang diberikan bisa kita terapkan disekolah jika ada anak yang mengalami permasalah yang sama

  3. SYAKINAH
    NIM 856275202

    dalam video mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, guru tersebut sudah memberikan kegiatan yang tepat untuk mengatasi masalah yang dimiliki anak yaitu dengan memberikan kegiatan pramenulis agar perkembangan motorik halus pada anak, yang berpengaruh pada kemampuan menulis, dapat dilatih dengan baik. kegiatan pramenulis lainnya yang dapat dilakukan adalah:
    1. merobek kertas
    2. melepas selotip dari bola kecil
    3. memasang dan melepas tutup botol
    4. meremas kertas, kemudian membukanya kembali

    perkembangan motorik halus sangat berpengaruh pada kemampuan anak dalam menulis, untuk itu guru harus memastikan anak mendapatkan stimulasi yang tepat dan sesuai dengan kemampuannya sebelum masuk dalam kegiatan menulis utuh.

  4. NIM : 877958154
    NAMA : RIRIS WAHYUNI

    Vidio ini sangat bermanfaat untuk kita para pendidik anak usia dini dan untuk orang tua yang memiliki anak usia dini. Vidio ini memberikan pemahaman untuk kita bahwa ketuntasan anak dalam hal literasi khususnya menulis harus melihat dari segi aspek motorik halusnya. tidak seharusnya kita lansung memberikan pembelajaran menulis tanpa memberikan stimulasi pada motorik halus anak. karena keberhasilan anak ketika belaljar menulis , seperti memegang pensil dengan benar. anak harus melatih kekuatan otot jari tangan terlebih dahulu. Untuk mengatasi masalah anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar, guru tersebut sudah memberikan kegiatan yang tepat yaitu dengan memberikan kegiatan pramenulis agar perkembangan motorik halus pada anak, seperti :
    1. merobek kertas
    2. melepas selotip dari bola kecil
    3. memasang dan melepas tutup botol
    4. meremas kertas, kemudian membukanya kembali
    perkembangan motorik halus sangat berpengaruh pada kemampuan anak dalam menulis, untuk itu guru harus memastikan anak mendapatkan stimulasi yang tepat dan sesuai dengan kemampuannya sebelum masuk dalam kegiatan menulis utuh.

  5. Vidio ini sangat menginspirasi terkhususnya saat guru menangani anak yang mengalami kesulitan, beliau tidak langsung menanggapi negatif. Justru beliau mencari solusi atas masalah yang dihadapi oleh anak. Bahkan beliau mengajarkan dan mendampingi anak dengan penuh kasih, sehingga ketika anak mendapat tugas tersebut ia mengerjakan dengan tenang tanpa ada tekanan. Video ini sangat bermanfaat bagi para pendidik karena didalam video memberikan cara untuk menstimulasi motorik anak dengan baik, Strategi yang digunakan pun beragam sehingga bisa menambah wawasan kami dalam mengatasi berbagai kesulitan mengajar nantinya.

  6. SURYANTI-856467009

    Dalam video yang diberi judul “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” ini, guru sudah memberikan kegiatan yang tepat.
    Dimana guru tersebut mengajarkan anak-anak bagaimana cara melatih otot-otot tangan seperti, memegang pensil , memindahkan air menggunakan spon, membuka dan menutup botol, dan meremas kertas. Kegiatan di dalam video tersebut sangat menginspirasi khususnya saat guru melakukan praktek langsung sebelum anak mencobanya.

  7. Rusidah
    NIM 858136264
    Ijin menanggapi video yang berjudul “Anak Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”
    Dalam video tersebut ditampilkan di awal video seorang guru menanyakan kepada anak apakah sudah bisa menebalkan garis dan anak masih belum bisa. Kemudian guru mengajarkan kepada anak untuk latihan memegang pensil dan mencoba latihan menggambar. Namun sebagian anak masih ada yang mengalami perkembangan yang belum sempurna. Untuk mengatasi kondisi tersebut maka guru dapat melakukan beberapa hal ringan sebagai berikut yaitu :
    1. Anak dilatih kelenturan jari dalam memegang objek tertentu seperti pensil, memindahkan benda dari satu tempat ke tempat yang lain seperti yang ada di video tersebut yaitu spon yang direndam dan dipegang anak dari mangkok satu,kemudian pindahkan ke mangkok lainnya dengan memeras spon tersebut agar airnya pindah ke mangkok lainnya.
    2. Anak dilatih kemampuan memegang suatu objek dengan latihan membuka dan menutup kunci gembok, memasang dan membuka mur.
    3. Anak dilatih kelenturan jarinya dengan latihan membuka dan memasang kancing baju
    Video tersebut sangat bermanfaat buat seorang guru jadikan pedoman melatih anak karena dalam video tersebut juga disampikan bahwa anak didik usia 3-6 tahun cenderung mengalami perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang cukup cepat.

  8. Anak belum bisa Memegang pensil Dengan benar

    Dalam video tersebut , di tampilkan di awal video seorang yang menanyakan kepada anak apakah sudah bisa menebalkan garis , namun , anak tersebut Masi belum mampu melakukannya . Selanjutnya , guru mulai melatih anak untuk memegang pensil dengan benar dan mencoba latihan menggambar meskipun demikian , sebagai anak Masih mengalami perkembangan motorik halus yang belum optimal.

    Untuk mengatasi kondisi ini guru, dapat memberikan beberapa latihan sederhana yang bermanfaat dalam melatih kekuatan dan koordinasi tangan anak , seperti :
    1. Melatih kelenturan jari dengan cara memegang objek tertentu , seperti pensil, atau memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lain . Contohnya ,seperti dalam memindahkan spons basah dari satu mangkuk ke mangkuk lainnya sambil memeras spons agar airnya berpindah .
    2. Melatih kemampuan menggenggam Dengan aktivitas seperti membuka dan menutup kunci gembok , atau memasang dan melepas mur dan baut.
    3. Melatih kelenturan jari dan koordinasi tangan melalui kegiatan membuka dan memasang kancing baju.
    Video ini sangat bermanfaat bagi para guru sebagai pedoman dan melatih keterampilan motorik halus anak . Dalam video juga di sampaikan bahwa pada usia 3- 6 tahun , anak berada dalam fase perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang cukup pesat.oleh karena itu , stimulasi yang tepat sangat penting untuk mendukung kesiapan anak dalam menulis.

  9. Cara mengatasi anak yang tidak bisa memegang pensil dengan benar ,ini beberapa strategi yang bisa kitaterapkan kepada anak :

    Melatih Otot Halus Tangan (Fine Motor Skills): 1.bermain adonan atau playdoh: Meremas, menggulung, dan membentuk playdoh sangat bagus untuk kekuatan jari dan tangan.
    2.Meronce manik-manik: Memasukkan manik-manik ke benang melatih koordinasi mata dan tangan serta ketangkasan jari.
    3Menyobek atau menggunting kertas: Kegiatan ini membantu mengembangkan kekuatan cengkeraman.

  10. Pada tayangan video tersebut kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Leave a Reply