silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Dalam vidio tersebut sangat menginspirasi guru untuk mengajar karena di vidio telah diajarkan beberapa trik seperti : 1. Melatih kelenturan jari dengan cara memegang objek tertentu , seperti pensil, atau memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lain . Contohnya ,seperti dalam memindahkan spons basah dari satu mangkuk ke mangkuk lainnya sambil memeras spons agar airnya berpindah . 2. Melatih kemampuan menggenggam Dengan aktivitas seperti membuka dan menutup kunci gembok , atau memasang dan melepas mur dan baut. 3. Melatih kelenturan jari dan koordinasi tangan melalui kegiatan membuka dan memasang kancing baju.
Assalamualaikum
Nama : Ismaturrahmi
Nim : 855899756
Video tersebut sangat bermanfaat ,mengajarkan kepada kita bahwasanya tidak langsung mengajarkan anak untuk menulis tanpa melihat kemampuan fisik motorik anak tersebut terlebih dahulu,yang harus kita lakukan mengajarkan anak untuk memperkuat kan otot tangan supaya saat anak memegang pensil anak sudah kuat dalam menghadapi nya untuk menulis.
Selamat sore..
Video diatas sangat bermanfaat untuk kita semua. Krena secara tidak langsung mengajarkan anak untuk menulis tanpa melihat kemampuan fisik motorik yang anak tersebut. Yang harus diajarkan anak untuk memperkuat otot tangan anak supaya dapat memegang pensil dengan kuat dan bisa menekan untuk menulis beberapa kata.
Penjelasan guru pada video tersebut sudah baik dan solusi untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar juga sudah bagus dengan berbagai aktivitas yang beragam, menarik dan menyenangkan untuk memperkuat motorik halus dan kelenturan jari-jarinya sehingga anak dapat memegang pensil dengan benar. Sedikit saran dari saya yaitu dengan jumlah anak yang banyak dan ada posisi anak yang jauh dari papan tulis, ketika guru memberi contoh untuk menebalkan garis dan titik-titik sebaiknya menggunakan kertas yang agak besar atau bisa saja guru menggambar di papan tulis sebagai contoh agar semua anak dapat melihat dengan lebih jelas
video tersebut sangat bermanfaat, untuk memperkuat morik halus, melenturkan jari jari anak untuk menulis
Nama: Vina Oktafia Risnawati Solekha
NIM: 855790754
Izin menanggapi video ini. Video ini sangat bermanfaat karena menunjukkan cara guru mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Saya sangat setuju dengan cara guru mengatasi masalah ini, yaitu melatih kekuatan dan kelenturan jari anak melalui kegiatan bermain. Yaitu memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup kunci gembok, mengencangkan sekrup, atau memasang kancing. Kegiatan-kegiatan tersebut tampak sederhana, tetapi sangat membantu menguatkan otot jari dan melatih koordinasi tangan anak. Cara seperti ini juga menyenangkan bagi anak, karena mereka belajar sambil bermain. Ini sangat efektif daripada langsung memaksa anak menulis atau menggambar dengan pensil. Video ini memberikan contoh yang bagus bagi guru PAUD agar lebih sabar dan kreatif dalam membantu perkembangan anak sesuai tahapannya. Terima kasih
Saya sangat setuju dengan cara dan metode yang digunakan oleh ibu ini dalam mengajarkan anak memegang pensil. Dengan melatih anak sambil bermain, yaitu memegang gembok, memindahkan air, dan memasangkan kancing. Hal ini terlihat sederhana tetapi sangat menyenangkan hati anak anak.
nama : SITI MAMNU’AH
NIM : 877961414
izin berkomentar dari vidio diatas.
Video ini menunjukkan pendekatan yang sangat tepat dalam mengatasi masalah fundamental pada anak usia dini. Guru dalam video memahami bahwa kemampuan memegang pensil tidak bisa dipaksakan secara langsung, melainkan perlu dibangun melalui kekuatan dan koordinasi otot-otot kecil terlebih dahulu.
Aktivitas yang dipilih – memindahkan air dengan spon, membuka gembok, dan memasang kancing – sangat relevan karena melibatkan gerakan pincer grip (menggunakan ibu jari dan jari telunjuk) yang merupakan dasar kemampuan memegang pensil
Nama : Rosita
NIM : 856643562
UPBJJ : JAMBI
Dalam video ini menunjukkan pendekatan yang sangat tepat dalam mengatasi masalah fundamental pada anak usia dini. Saya sangat setuju dengan cara dan metode yang digunakan oleh ibu guru ini dalam mengajarkan anak memegang pensil. Dengan melatih anak sambil bermain, yaitu memegang gembok, memindahkan air, dan memasangkan kancing. Hal ini terlihat sederhana tetapi sangat menyenangkan hati anak anak. Guru dalam video memahami bahwa kemampuan memegang pensil tidak bisa dipaksakan secara langsung, melainkan perlu dibangun melalui kekuatan dan koordinasi otot-otot kecil terlebih dahulu.
Aktivitas yang dipilih – memindahkan air dengan spon, membuka gembok, dan memasang kancing – sangat relevan karena melibatkan gerakan pincer grip (menggunakan ibu jari dan jari telunjuk) yang merupakan dasar kemampuan memegang pensil. Video ini memberikan contoh yang bagus bagi guru PAUD agar lebih sabar dan kreatif dalam membantu perkembangan anak sesuai tahapannya. Terima kasih.