silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama: Siti Nurjanah
NIM: 858533547
Video tersebut sangat bermanfaat dan menginspirasi bagi saya dalam melaksanakan pembelajaran dikelas, serta video tersebut juga mampu melatih anak dalam motorik halus dan kemandirian anak dalam memegang pensil.
Nama : Prista Maya Dewi
NIM : 878252093
Dalam video tersebut seorang guru mengajarkan motorik halus pada anak dengan berbagai cara. Video tersebut sangat bermanfaat dan menginspirasi saya dalam melaksanakan kegiatan belajar didalam kelas. Melatih kelenturan tangan anak dan kandirian anak saat memegang pensil.
Nama : Prista Maya Dewi
NIM : 878252093
Dalam video tersebut seorang guru mengajarkan motorik halus pada anak dengan berbagai cara. Video tersebut sangat bermanfaat dan menginspirasi saya dalam melaksanakan kegiatan belajar didalam kelas. Melatih kelenturan tangan anak dan kemandirian anak saat memegang pensil.
Cahaya Indrayoni
859021057
Dalam video tersebut sudah menunjukkan cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap dan terstruktur
Terimakasih melalui video ini saya jadi tau bahwa kegiatan pengantar / penunjang untuk kesiapan menulis dapat kita gunakan benda – benda disekitar kita seperti membuka kunci gembok, hal ini akan saya terapkan dikelas saya.
Nama: Umi Mahtumah
NIM: 857638341
UPBJJ: Purwokerto
Menanggapi video “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”, menurut pendapat kami solusi yang dipilih oleh guru dalam mengatasi permasalahan di dalam kelas tersebut sudah cukup baik, dimana guru memberikan beberapa rangkaian kegiatan dalam melatih otot tangan peserta didiknya, seperti memindahkan air dengen meremas spon, membuka dan menutup gembok, serta membuka dan mengencangkan skrup/mur. Kegiatan tersebut tidak hanya dapat dilakukan di sekolah namun orang tua di rumah juga dapat mempraktikannya. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah melemaskan otot jari jemari peserta didik sehingga mudah digunakan untuk menulis ataupun membuat suatu garis. Kegiatan lain yang dapat kami usulkan dalam rangka melatih motorik halus peserta didik untuk mudah menulis, diantaranya adalah merobek – robek kertas menjadi bagian/potongan kecil – kecil, meremas – remas kertas menjadi bulat, dan memindahkan karet gelang dengan sumpit atau pensil.
Nama: Sri wantini
NIM: 858007308
Dalam vidio ” Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”, tayangan tersebut menjelaskan cara guru mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu dengan guru memberikan latihan awal dengan kegiatan melatih kelenturan jari anak dalam memegang pensil dengan cara meremas, memeras, membuka dan mengencangkan, membuka dan mengancingkan kancing baju.
Nama : Eta
Nim : 858188176
Judul Video : Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar.
Setelah menyaksikan video guru pintar online yang berjudul mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, tanggapan saya guru sudah melakukan kegiatan yang berpusat pada anak karena memberi dukungan dan bimbingan yang tepat agar anak merasa nyaman dan percaya diri yaitu melalui latihan-latihan menulis awal, melatih kelenturan jari anak dalam objek-objek tertentu dengan pensil, memindahkan air dengan spon, membuka dan memasang kancing baju dan banyak kegiatan yang lebih kreatif dan inovatif.
menurut saya meskipun videonya berdurasi pendek video tersebut sangat menarik, dari video tersebut kita dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi anak yang belum mampu memegang pensil dengan baik dan benar, diantaranya adalah dengan meminta anak untuk memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang lain dengan menggunakan sspons, selanjutnya anak diminta untuk membuka dan menguncci gembok serta berlatih memasangkan dan melepaskan mur baut dan yang terakhis anak diminta untuk membuka dan memasangkan kaning baju
Video itu memberi gambaran bagaimana kemampuan anak harus didahului melalui sebuah proses dan latihan pengembangan. Kemampuan anak untuk menulis dimulai dari keterampilan memegang alat tulis seperti pensil, dapat dilakukan melalui beberapa latihan untuk menguatkan otot jari tangan dan melatih motorik anak. Kegiatan-kegiatan pengembangan dengan bermain spons dan air, memasang kancing baju, membuka dan menutup kunci gembok dan sekrup, adalah contoh-contoh latihan pengembangan motorik halus anak sebelum anak mampu memegang pensil dan menulis. Kegiatan lain seperti senam jari dengan gerakan meremas dan membuka juga dapat kita lakukan selain contoh-contoh di atas .