silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
menurut saya meskipun videonya berdurasi pendek video tersebut sangat menarik, dari video tersebut kita dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi anak yang belum mampu memegang pensil dengan baik dan benar, diantaranya adalah dengan meminta anak untuk memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang lain dengan menggunakan sspons, selanjutnya anak diminta untuk membuka dan menguncci gembok serta berlatih memasangkan dan melepaskan mur baut dan yang terakhis anak diminta untuk membuka dan memasangkan kaning baju
Video itu memberi gambaran bagaimana kemampuan anak harus didahului melalui sebuah proses dan latihan pengembangan. Kemampuan anak untuk menulis dimulai dari keterampilan memegang alat tulis seperti pensil, dapat dilakukan melalui beberapa latihan untuk menguatkan otot jari tangan dan melatih motorik anak. Kegiatan-kegiatan pengembangan dengan bermain spons dan air, memasang kancing baju, membuka dan menutup kunci gembok dan sekrup, adalah contoh-contoh latihan pengembangan motorik halus anak sebelum anak mampu memegang pensil dan menulis. Kegiatan lain seperti senam jari dengan gerakan meremas dan membuka juga dapat kita lakukan selain contoh-contoh di atas .
Video diatas memberikan gambaran bagaimana kemampuan anak harus didahului melalui sebuah proses dan latihan pengembangan. Kemampuan anak untuk menulis dimulai dari keterampilan memegang alat tulis seperti pensil, dapat dilakukan melalui beberapa latihan untuk menguatkan otot jari tangan dan melatih motorik anak. Kegiatan-kegiatan pengembangan dengan bermain spons dan air, memasang kancing baju, membuka dan menutup kunci gembok dan sekrup, adalah contoh-contoh latihan pengembangan motorik halus anak sebelum anak mampu memegang pensil dan menulis. Kegiatan lain seperti senam jari dengan gerakan meremas dan membuka juga dapat kita lakukan selain contoh-contoh di atas .
Nama : Marieta Mila Santi
NIM : 858939027
Judul Video : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan benar.
Pada kenyataannya tidak sedikit anak didik yang belum bisa memegang pensil dengan benar seperti cara memegangnya dengan menggenggam. Hal itu akan membuat tangan anak kaku/tidak lentur, garis yang digambar tidak sesuai, dan kertas mudah robek.
Pada video diatas cara guru dalam menangani anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sangat baik untuk diterapkan pada anak didik.
Adapun kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak memegang pensil yang benar pada video diatas yaitu : melatih kelenturan jari anak melalui kegiatan memindahkan benda ke tempat wadah lain, melatih anak memegang suatu objek seperti buka pasang gembok, melatih kelenturan jari tangan anak melalui kegiatan seperti buka lepas kancing baju.
Selain itu pada video, guru tidak mengenalkan alat tulis kepada anak, sebaiknya guru mengenalkan juga kepada anak tentang alat tulis pensil, bagaimana cara memegangnya, bagaimana menggunakannya, dan kemungkinan bahaya saat menggunakan pensil sehingga anak harus hati-hati dalam menggunakannya.
Memegang pensil ini merupakan salah satu perkembangan motorik halus anak yang harus dikembangkan dengan benar, karena akan berpengaruh kepada perkembangan menulis anak. Disini guru harus sabar dalam membimbing anak didik belajar memegang pensil dengan benar. Guru harus kreatif dalam mengembangkan kegiatan yang dapat menunjang perkembangan anak.
Nama : Marieta Mila Santi
NIM : 858939027
Judul Video : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
Pada kenyataannya tidak sedikit anak didik yang belum bisa memegang pensil dengan benar seperti cara memegangnya dengan menggenggam. Hal itu akan membuat tangan anak kaku/tidak lentur, garis yang digambar tidak sesuai, dan kertas mudah robek.
Pada video diatas cara guru dalam menangani anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sangat baik untuk diterapkan pada anak didik.
Adapun kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak memegang pensil yang benar pada video diatas yaitu : melatih kelenturan jari anak melalui kegiatan memindahkan benda ke tempat wadah lain, melatih anak memegang suatu objek seperti buka pasang gembok, melatih kelenturan jari tangan anak melalui kegiatan seperti buka lepas kancing baju.
Selain itu pada video, guru tidak mengenalkan alat tulis kepada anak, sebaiknya guru mengenalkan juga kepada anak tentang alat tulis pensil, bagaimana cara memegangnya, bagaimana menggunakannya, dan kemungkinan bahaya saat menggunakan pensil sehingga anak harus hati-hati dalam menggunakannya.
Memegang pensil ini merupakan salah satu perkembangan motorik halus anak yang harus dikembangkan dengan benar, karena akan berpengaruh kepada perkembangan menulis anak. Disini guru harus sabar dalam membimbing anak didik belajar memegang pensil dengan benar. Guru harus kreatif dalam mengembangkan kegiatan yang dapat menunjang perkembangan anak.
Pada kenyataannya banyak anak usia 4 tahun yang baru masuk sekolah belum bisa memegang pensil dengan benar. Guru harus telaten dalam membimbing anak yang seperti ini. Kegiatan bisa diawali dengan meremas kertas dan mewarnai gambar. Supaya tangan anak tidak kaku saat memegang pensil. Seiring berjalannya waktu tangan mereka akan terbiasa memegang pensil. Guru harus telaten membimbing anak yang seperti ini. Guru harus sering memberi arahan tentang cara memegang pensil yang benar setiap hari sebelum kegiatan dimulai.
NAMA : ASWAR YANSYAH
NIM : 877600474
VIDEO : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
Kemampuan memegang pensil merupakan bagian dari perkembangan kemampuan motorik halus mulai dari usia 4 tahun. permasalahan ini terjadi pada anak yang baru masuk sekolah ataupun pada anak yang mengalami kegagalan perkembangan motorik, sebagai pendidik paud tentu saja kita harus mampu memberikan pendampingan, serta bantuan kepada anak untuk memegang pensil maupun melatih untuk menulis, dengan penuh kasihsayang dan kesabaran.
Nama : Risqi Khalalia
NIM : 857630544
Video : bagaimana mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda ada yang berkembang dengan cepat ada juga yang lambat sehingga guru perlu memberikan stimulasi bagi anak yang belum muncul perkembangannya. Seperti pada kasus anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Guru bisa memberikan stimulasi dengan ragam kegiatan bermain yang kreatif agar anak senang. Contoh pada video diatas dengan anak latihan memindahkan air menggunakan spon, Latih kemampuan dalam memegang suatu objek dengan membuka dan memasangkan kunci pada gembok, dan Membuka dan memasangkan kancing baju. Ragam kegiatan bermain tersebut dapat melatih motorik halus anak agar tidak kaku dan siap untuk belajar menulis. Selain itu, juga untuk melatih fokus antara koordinasi mata dan tangan agar anak bisa fokus.
NAMA : DWI RETNO PUTRI
NIM : 857989684
ijin mengomentari video di atas dengan 3 kelemahan dan 3 kelebihan
Berikut adalah analisis mengenai cara mengatasi anak yang belum memegang pensil dengan benar melalui kegiatan yang disebutkan:
Kelemahan
Keterbatasan Fokus pada Keterampilan Motorik Halus:
Kegiatan seperti memindahkan air dan mengancing baju lebih berfokus pada keterampilan motorik kasar dan koordinasi, yang mungkin tidak secara langsung meningkatkan kemampuan memegang pensil.
Resiko Kelelahan:
Kegiatan yang melibatkan banyak gerakan atau manipulasi dapat membuat anak merasa lelah atau frustrasi, terutama jika mereka tidak melihat kemajuan yang signifikan.
Variasi Keterampilan:
Setiap anak memiliki kecepatan dan cara belajar yang berbeda. Kegiatan ini mungkin tidak efektif untuk semua anak, terutama jika mereka memiliki masalah motorik yang lebih kompleks.
Kelebihan
Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan:
Kegiatan seperti memindahkan air dan memutar roda dapat membantu anak meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan, yang penting untuk keterampilan menulis.
Mengembangkan Kekuatan Otot Jari:
Aktivitas mengancing baju dapat memperkuat otot-otot jari dan tangan anak, yang esensial untuk memegang pensil dengan baik.
Mendorong Kemandirian dan Percaya Diri:
Kegiatan yang bersifat praktis memberikan anak kesempatan untuk menyelesaikan tugas secara mandiri, yang dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam belajar dan beraktivitas.
Kesimpulan
Meskipun kegiatan ini memiliki kelemahan, mereka juga menawarkan banyak manfaat yang dapat membantu perkembangan motorik halus anak secara keseluruhan. Penting untuk mengkombinasikan kegiatan ini dengan latihan khusus memegang pensil agar anak mendapatkan hasil yang optimal.
nama : wilda fahriyah
nim : 859939789
Menurut saya di dalam video tersebut :
* Kelemahan Guru dalam video tersebut adalah :
– waktu yang dibutuhkan lebih lama, karena pendekatannya bertahap, hasilnya mungkin lebih lama dibandingkan dengan metode langsung mengajarkan cara memegang pensil
– Tidak langsung berlatih menulis, jika fokus terlalu lama pada latihan motorik halus anak mungkin perlu tambahan waktu untuk berlatih menulis setelahnya
-tidak semua anak merespon sama, dengan metode ini efektif untuk banyak anak tetapi ada anak yang mungkin lebih cepat belajar dengan pendekatan yang langsung mengajarkan cara memegang pensil
* Kelebihan Guru dalam video tersebut adalah :
– Pendekatan bertahap, guru memahami bahwa anak perlu mengembangkan keterampilan motorik halus terlebih dahulu sebelum bisa memegang pensil dengan benar
-variasi aktivitas menarik, latihan seperti memindahkan air dengan spons, membuka gembok, dan memasang kancing baju bukanhanya bermanfaat tetapi juga menyenangkan bagi anak
-Mendorong kemandirian, dengan aktivitas sehari-hari seperti memasang kancing baju, anak juga belajar keterampilan penting yang bermanfaat di luar keperluan menulis
– Menghindari pemaksaan, guru tidak langsung memaksa anak untuk memegang pensil tetapi membangun keterampilan mereka secara alami dan menyenangkan