silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Dalam tayang video ini, saya sebagai guru PAUD mendapatkan pelajaran cara menstimulasi mengatasi anak yang kesulitan dalam memegang pensil. Namun dalam video tersebut tidak terdapat tema pembelajaran. Dimana saat kegiatan pembukaan tidak ada dalam tayangan video, yang mungkin untuk mengurangi durasi video agar jangan terlalu panjang, namun gambar dalam LKA juga tidak saling berhubungan sehingga saya sendiri tidak tau tema pembelajaran dalam video tersebut.
Nama : Megawati Br Sihotang
NIM : 829522593
UPBJJ : Jakarta
Dalam tayang video ini, saya sebagai guru PAUD mendapatkan pelajaran cara menstimulasi mengatasi anak yang kesulitan dalam memegang pensil. Namun dalam video tersebut tidak terdapat tema pembelajaran. Dimana saat kegiatan pembukaan tidak ada dalam tayangan video, yang mungkin untuk mengurangi durasi video agar jangan terlalu panjang, namun gambar dalam LKA juga tidak saling berhubungan sehingga saya sendiri tidak tau tema pembelajaran dalam video tersebut.
Pada pembelajara yang ditayangkan pada video tidak terdapat pembukaan, isi dan penutup. Guru menyampaikan hal yang ingin diajarkan dan memberi contoh proses pengerjaannya dipapan tulis dengan mengambil satu lembar kerja yang dikerjakan oleh Guru sebagai contoh. Beberapa strategi pengembangan kemampuan halus yang ingin dicapai dilakukan dengan berbagai pendekatan metode pengembangan dan media yang dipergunakan juga terlihat cukup bervariasi. Namun tidak ditayangkan pada video mengenai hasil dari pengembangan tersebut melalu evaluasi pencapaian. Pembelajaran yang ditayangkan sudah
sesuai dengan pengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini, yaitu cara-cara menguatkan otot halus pada tangan agar dapat memegang pensil dengan benar.
Nama : Wahyuni
Nim : 855897444
Menurut saya, tayangan vidio tersebut sangat bermanfaat bagi kami seorang guru, karena sering x kami menjumpai anak-anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik dan benar, tugas kita ada bagaimna cara kita menstimulasi anak tersebut agar bisa menggunakan pensil tersebut dengan benar, didalam cuplikan vidio tersebut, ada 3 cara untuk menstimulasi anak yang blm bisa memegang pensil dengan benar yaitu :
1. Memindahkan air menggunakan spons
2. Membuka gembok dan memasang baut
3. Memasang berbagai kancing baju.
Ada banyak cara kita untuk menstimulasi anak agar bisa memegang pensil dengan baik. Dapat dilakukan dengan :
Bermain plastisin, meremas ampas kelapa, meremas kertas, merobek kertas dan banyak lagi. Gunakan hal yang menyenangkan agar anak lebih bersemangat lagi untuk mencoba sesuatu. Dan jngan lupa beri dukungan positif….
Terimakasih….
Aktivitas lain yang dapat dilakukan dalam kegiatan pra menulis selain aktivitas yang sudah dilakukan dalam video ini adalah memberikan kegiatan merobek kertas lalu membuat bentuk menjadi bola kertas, bermain playdough, meronce, menjepit pom pom menggunakan pinset, melipat kertas, serta bermain balok dan puzzle. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat melatih motorik halus dan konsentrasi.
Nama : Ester Winda Sembung
NIM : 858461028
Video ini sangat menarik dan relevan dengan tantangan yang dihadapi guru PAUD. Melalui video ini, orang tua dan guru dapat memperoleh inspirasi serta pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Video tersebut menampilkan cara guru mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar melalui pelatihan motorik halus secara bertahap, seperti memindahkan air dengan spons, membuka gembok, dan memasang kancing baju.
Orang tua dan guru disarankan untuk membuat kegiatan pelatihan motorik halus yang menyenangkan agar dapat meningkatkan motivasi dan semangat anak dalam belajar serta mencoba hal baru. Dengan pendekatan yang menyenangkan, perkembangan keterampilan motorik halus anak dapat dibantu secara lebih efektif.
nama : Lusia Gelu Werang
nim : 859266645
menurut pendapat saya video ini sangat menarik, dengan mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan memerlukan pendekatan yang sabar dan kreatif. melalui video ini dapat memperoleh pengetahuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka tutup kunci,dan memasang kancing baju.dengan pendekatan yang positif dan penuh dukungan, anak akan lebih mudah belajar memegang pensil dengan benar
Nama : Inul
NIM : 859761439
Tanggapan saya terhadap video “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”:
Video ini memberikan wawasan yang sangat berharga tentang pentingnya melatih motorik halus pada anak, terutama bagi mereka yang belum dapat memegang pensil dengan benar. Pendekatan yang diambil oleh guru dalam video ini sangat efektif, karena melibatkan kegiatan yang menyenangkan dan interaktif, seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, serta memasangkan kancing baju. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya membantu anak dalam mengembangkan keterampilan motorik halus, tetapi juga meningkatkan konsentrasi dan koordinasi tangan-mata.
Saya sangat menghargai cara guru tersebut yang sabar dan bertahap dalam melatih anak. Ini menunjukkan bahwa setiap anak memiliki kecepatan belajar yang berbeda, dan penting untuk memberikan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, video ini juga mengingatkan kita bahwa pembelajaran tidak selalu harus dilakukan dengan cara yang formal; kegiatan sehari-hari dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengembangkan keterampilan dasar.
Secara keseluruhan, video ini sangat inspiratif dan memberikan ide-ide praktis yang dapat diterapkan oleh orang tua dan pendidik dalam mendukung perkembangan anak. Saya berharap lebih banyak konten seperti ini dapat diproduksi untuk membantu guru dan orang tua dalam menghadapi tantangan serupa.
Nama : Inul
Nim : 859761439
Tanggapan sayaterhadap video “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar”:
Video ini memberikan wawasan yang sangat berharga tentang pentingnya melatih motorik halus pada anak, terutama bagi mereka yang belum dapat memegang pensil dengan benar. Pendekatan yang diambil oleh guru dalam video ini sangat efektif, karena melibatkan kegiatan yang menyenangkan dan interaktif, seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, serta memasangkan kancing baju. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya membantu anak dalam mengembangkan keterampilan motorik halus, tetapi juga meningkatkan konsentrasi dan koordinasi tangan-mata.
Saya sangat menghargai cara guru tersebut yang sabar dan bertahap dalam melatih anak. Ini menunjukkan bahwa setiap anak memiliki kecepatan belajar yang berbeda, dan penting untuk memberikan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, video ini juga mengingatkan kita bahwa pembelajaran tidak selalu harus dilakukan dengan cara yang formal; kegiatan sehari-hari dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengembangkan keterampilan dasar.
Secara keseluruhan, video ini sangat inspiratif dan memberikan ide-ide praktis yang dapat diterapkan oleh orang tua dan pendidik dalam mendukung perkembangan anak. Saya berharap lebih banyak konten seperti ini dapat diproduksi untuk membantu guru dan orang tua dalam menghadapi tantangan serupa.
nama : Adi Wahidin
sebelum menulis dan memegang pensil banyak kegiatan yang dapat dilakukan dirumah untuk melatih motorik anak diantaranya:
– memindahkan air dengan spons dari satu wadah ke wadah yang lain
– membuka/ menutup gembok kunci
– memasang/ melepas skrup
– membuka dan memasang kancing baju
dengan banyak berlatih kegiatan kegiatan tersebut tangan anak akan menjadi lebih lentur dan akan memudahkan anak untuk memegang pensil dengan benar sebelum belajar menulis. kegiatan yang diberikan oleh guru dalam video dapat kita terapkan jika menemukan siswa yang mengalami kesulitan serupa saat kita mengajar dikelas. Terimakasih