silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

192 Comments

  1. Nama : Wahda Nashira
    NIM : 858280779
    Program Studi : S1-PGSD
    Setelah saya menyaksikan dan mengamati video tersebut saya akan memberikan tanggapan sebagai berikut,
    saya menyimpulkan bahwa:
    1. Sebelum melaksanakan praktikum guru harus mempersiapkan perencanaan pembelajaran.
    2. Guru harus mampu mengestimasi alokasi waktu yang tepat, baik dari pembuka, inti, maupun penutup.
    3. Memberi pengarahan Meminta siswa membuka lks, dan memberi perincian tugas dalam pelaksanaan praktikum.
    4. Berperan dalam membimbing siswa menulis, menganalis, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari proses eksperimen.

  2. assalamualaikum.wr.wb izin menanggapi vidio pembelajaran tersebut.
    nama : refi aryani
    nim: 856810028
    saya menyimpulkan bahwa guru belum matang dalam menyajikan pembelajaran tampak beberapa kekurangan di antaranya:
    1. guru tidak melaksanakan apresepsi, sebagai bekal siswa dalam memahami tujuan pembelajaran
    2. guru tidak menguasai materi yang diberikan sehingga siswa tanpak asik sendiri dengan kegiatan lainnya.
    3. terlalu banyak memakai media yang membuat guru bingung media apa yang sebaiknya diigunakan terlebih dahulu.
    4. kurang memperhatikan waktu tahap prakondisi pembelajaran, pra pembelajaran, tahap pembelajaran dan tapa pasca pembelajaran atau penutup
    sehingga siswa belum dapat membayangkan konsep pembelajaran “ciri-ciri benda dan kegunaannya” saran yang dapat saya berikan adalah guru dapat melakukan rancangan pembelajaran(RPP) terlebih dahulu .
    1. melakukan apersepsi ” memberikan pertanyaan seputar pengetahuan siswa mengenai tema pembelajaran guna mengetahui pengalaman belajar siswa”
    2. mengajak siswa literasi seputar tema ” guru mempersiapkan media yang digunakan” pilih media yang mampu siswa jumpai di lingkungannya , jika memungkinkan persiapkan juga untuk masing- masing siswa.
    3. mempertahankan fokus siswa dengan metode-metode yang sesuai kenali situasi kelas kita sehingga saat materi diberikan siswa akan tetap perpantau kondusif.
    4. libatkan siswa dalam proses pemahaman, buat tim pemecahan masalah, forum diskusi dan lainnya yang mampu membuat siswa tertantang mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
    5. berikan apresiasi atas kinerja siswa lalu ajak siswa bersama- sama merangkum dan mereview inti pembelajaran .
    6. tutup kelas dengan motivasi siswa ,menanyakan perasaan siswa dan doa penutup pembelajaran.
    berikut saran yang dapat saya berikan semoga kita selalu mencari guru penggerak bagi siswa-siswanya aamiin.

  3. Nama : Elvia Khairani
    NIM : 856482491
    Program Studi : 119/PGSD S1
    UPBJJ : 119 / PEKANBARU

    Setelah saya mengamati video tersebut, sebaiknya sebelum melakukan kegiatan praktikum, guru dapat terlebih dahulu mempersiapkan perencanaan pembelajaran, dimana mempersiapkan perencanaan pembelajaran suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran sehingga dengan perencanaan yang matang guru mampu memperkirakan alokasi waktu yang tepat, baik dari pembuka, inti, maupun penutup sesuai dengan RPP. Guru juga harus memberi perincian tugas dalam pelaksanaan praktikum, berperan dalam membimbing siswa menulis, menganalis, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari proses eksperimen.

  4. NAMA: ANNISA KHALIPATUNNISA
    NIM: 857509202
    Program Studi: PGSD S1 (Masukan Sarjana) Kurikulum Baru

    Berdasarkan video yang telah saya simak, saya dapat menarik kesimpulan bahwa beberapa hal yang harus disiapkan oleh guru agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu pada saat menggunakan alat peraga adalah sebagai berikut.
    1. membuat perencanaan pembelajaran dengan memperhatikan alokasi waktu pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
    2. memberikan pengarahan kepada siswa mengenai pelaksanaan kegiatan serta tugas yang akan dilakukan.
    3. membimbing siswa dalam melakukan eksperimen.

  5. NAMA: ANNISA KHALIPATUNNISA

    NIM: 857509202

    Program Studi: PGSD S1 (Masukan Sarjana) Kurikulum Baru

    Berdasarkan video yang telah saya simak, saya dapat menarik kesimpulan bahwa beberapa hal yang harus disiapkan oleh guru agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu pada saat menggunakan alat peraga adalah sebagai berikut.

    1. membuat perencanaan pembelajaran dengan memperhatikan alokasi waktu pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

    2. memberikan pengarahan kepada siswa mengenai pelaksanaan kegiatan serta tugas yang akan dilakukan.

    3. membimbing siswa dalam melakukan eksperimen.

  6. Nama : ARDHA NARIEFUDDIN
    NIM : 825175083
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ-UT SURAKARTA

    Dalam video yang saya simak, saya melihat dalam kegiatan awal tidak adanya absensi serta motivasi belajar untuk siswa karena penting sebenarnya hal tersebut untuk mengetahui sesiap apa para siswa untuk memulai pembelajaran. Selanjutnya, seharusnya sebelum pembelajaran dimulai, guru harus sudah menyiapkan alat peraga yang benar-benar sudah siap bagi guru dan siswa untuk bisa langsung dioperasikan dan dibahas bersama. Dengan kasus tersebut maka harus ada yang namanya perencanaan pembelajaran, yang mana guru harus bisa mengestimasi alokasi waktu dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

  7. Nama : LALE DINI SUKRIANI
    nim : 859145495
    Prodi : S1 PGSD
    Dari vidio mengefektifkan waktu pada saat penggunaan alat peraga pelajaran IPA SD
    Agar waktu tidak terlalu banyak terbuang, maka sebelum pembelajaran guru harus mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan, sehingga tidak membetuhkan banyak waktu dalam mempersiapkan media pemvbelajaran, dan juga bisa mengurangi konsentrasi anak ketika menunggu media pembelajaran di persiapkan.

  8. assalamualaikum.wr.wb
    nama : Nanik Tria Yulianti
    nim: 857505119
    saya menyimpulkan bahwa guru belum matang dalam menyajikan pembelajaran tampak beberapa kekurangan di antaranya:
    1.Mengajar dengan memakai alat peraga lebih banyak tuntutan bagi guru.
    2.Memerlukan banyak waktu untuk persiapan.
    3. Perlu kesediaan berkorban secara materiil.
    Kelebihan penggunaan alat peraga yaitu:
    1. Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran lebih menarik
    2. Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa tidak akan mudah bosan
    3. Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti: mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan sebagainya
    4. Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik.

  9. assalamualaikum.wr.wb
    nama : Nanik Tria Yulianti
    nim: 857505119
    dari video tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa guru belum matang dalam menyajikan pembelajaran tampak beberapa kekurangan di antaranya:
    1.Mengajar dengan memakai alat peraga lebih banyak tuntutan bagi guru.
    2.Memerlukan banyak waktu untuk persiapan
    3.Memerlukan biaya yang tidak sedikit
    Kelebihan penggunaan alat peraga yaitu:
    1. Siswa menjadi lebih tertarik pada pembelajaran
    2. Siswa mengetahui makna bahan pembelajaran
    3. Siswa dapat terlibat langsung aktif dalam kegiatan praktik seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan sebagainya

  10. Nama : Widya Ayu Prastika
    NIM : 858773803
    Program Studi : S1 PGSD

    Dari video yang telah saya simak, bahwa guru kurang persiapan dalam melaksanakn pembelajaran. Dari awal kegiatan guru tidak melakukan apersepsi menyampaikan tujuan pembelajaran namun guru langsung menyampaikan materi dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari itu. Setelah siswa siap untuk menerima pelajaran guru tampak masih bingung dan terlalu lama dalam menyiapkan media pendukung pada materi “Ciri – ciri benda dan kegunaannya” . Tak terasa waktu terus berjalan hingga menjelang bel istirahat padahal pembelajaran belum selesai dan belum ada penyampaian materi apa-apa.
    Evaluasi yang perlu dilakukan
    guru adalah :
    1. Mempersiapkan diri dan rancangan RPP yang matang sesuai alokasi waktu yang tepat.
    2. Menyiapkan kegiatan awal, inti dan penutup sesuai RPP dan media yang pendukung untuk proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran berhasil tercapai
    3. Memberikan pengarahan praktikum sesuai yang ada di buku LKS
    4. Membimbing siswa dalam belajar memahami materi dan melakukan kegiatan praktikum dengan maximal
    5. Menarik kesimpulan pembelajaran pada hari itu

Leave a Reply